Cara Membangun Customer Loyalty di Restoran Anda

Cara Membangun Customer Loyalty di Restoran Anda

Customer loyalty merupakan unsur yang sangat penting bagi bisnis apa pun. Khususnya bagi restoran, konsumen yang setia bisa mendatangkan pendapatan sampai dengan 67 persen lebih banyak daripada konsumen baru. Membangun customer loyalty mungkin terasa sulit pada awalnya, namun jika dilakukan dengan cara yang tepat, hal ini bisa meningkatkan profit secara drastis. Bahkan peningkatan jumlah konsumen setia sebanyak 5 persen saja sudah cukup signifikan untuk mendatangkan profit yang berlipat ganda. Tak heran, customer loyalty sebaiknya menjadi fokus utama dalam bisnis.

Salah satu cara terbaik untuk membangun customer loyalty adalah dengan membuat konsumen lebih tertarik kepada restoran Anda dibandingkan restoran lainnya, atau memiliki sebuah menu yang tidak bisa ditemukan di restoran lain. Jika restoran Anda bisa menjadi yang pertama kali muncul di pikiran orang saat mendengar nama makanan tertentu, tentu saja customer loyalty akan meningkat. Di bawah ini, Anda bisa menemukan berbagai cara membangun customer loyalty di restoran Anda.

1. Ingatkan konsumen pada restoran Anda secara berkala.

Saat Anda melihat sesuatu setiap hari, lama kelamaan hal itu akan teringat. Contohnya, kita selalu teringat akan Google dan Facebook karena kedua layanan ini kita gunakan hampir setiap hari. Hal yang sama bisa Anda terapkan dalam menjalankan restoran. Beberapa cara yang bisa Anda tempuh adalah membuat akun atau halaman media sosial untuk restoran Anda dan membuat konten yang menarik setiap harinya. Cara lain adalah dengan membuat aplikasi untuk gadget yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan lebih saat menikmati hidangan di restoran Anda. Dengan cara ini, konsumen akan semakin familiar dan percaya.

2. Jalankan program customer loyalty.

Ini mungkin terlihat seperti langkah yang jelas, namun masih banyak restoran yang belum memiliki program customer loyalty. Padahal, sudah terbukti bahwa konsumen akan lebih sering mengunjungi suatu tempat jika ada bonus yang mereka dapatkan, misalnya hidangan gratis. Menerapkan program customer loyalty di restoran Anda berpotensi meningkatkan customer loyalty hingga 35 persen.

3. Beri dukungan kepada komunitas di sekitar Anda.

3. Beri dukungan kepada komunitas di sekitar Anda.

Orang tentunya memiliki kecintaan tertentu pada tempat mereka berasal. Inilah alasan mengapa orang mengunjungi pertunjukan seni lokal, konser musisi lokal, dan ikut serta dalam aktivitas di lingkungan mereka. Anda bisa turut serta dalam hal ini dengan cara menyediakan makanan khas restoran Anda pada acara lokal tertentu, atau membuat menu baru yang mencerminkan ciri khas dari daerah tempat restoran berada. 

Baca Juga: Teknik Pemasaran Melalui Sosial Media Yang Wajib Anda Coba

4. Berikan kesan yang baik pada konsumen.

Dengan adanya kesan pertama yang baik, pastinya kabar baik tentang restoran Anda akan segera tersebar. Anda bisa menciptakan suasana yang membuat konsumen kagum begitu menginjakkan kaki di dalam restoran: gunakan dekorasi dan musik yang senada, sajikan makanan lezat, layani konsumen dengan sepenuh hati, serta perbaiki kesalahan yang ada secepat mungkin.

Semua hal ini mungkin terasa sederhana, namun kesan baik ini akan sangat berpengaruh pada tingkat customer loyalty. Jika ada sekelompok orang yang datang ke restoran Anda, tentu saja Anda ingin mereka pergi dengan perasaan senang.

5. Lakukan usaha pemasaran sepenuh hati.

Hal ini masih berhubungan dengan poin pertama – semakin sering restoran Anda terekspos kepada konsumen atau calon konsumen, mereka akan semakin tertarik dan familiar dengannya. Gunakan semua media yang ada untuk melakukan usaha pemasaran sehingga semakin banyak konsumen yang datang dan menikmati pengalaman mereka di dalam restoran Anda.

 

Sebarkan manfaatnya :