Cara Mendapatkan Lebih Banyak Ulasan di Bisnis Online Anda

Apakah bisnis online Anda sulit mendapatkan ulasan? Tentunya tanpa adanya hal ini, sulit untuk berkompetisi dengan bisnis besar yang bisa mendapatkan ribuan, bahkan jutaan ulasan tentang produk dan jasa yang mereka tawarkan. Terlebih, konsumen saat ini biasanya hanya mau membeli dari bisnis yang sudah terpercaya.

Jika bisnis online Anda masih minim ulasan, penting untuk segera meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk atau layanan Anda sehingga semakin banyak orang yang percaya. Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa cara efektif untuk meningkatkan keinginan orang memberikan ulasan terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan dan kembangkan.

1. Promosikan bisnis lewat email.

Salah satu cara paling dasar untuk menarik lebih banyak orang memberikan ulasan terhadap produk atau layanan Anda adalah mengundang mereka lewat email. Jika Anda sudah memiliki daftar email aktif yang bisa dijadikan target promosi, berarti tinggal mengambil langkah selanjutnya yaitu mengirimkan email yang menarik perhatian dan menggugah hati mereka untuk memberikan ulasan yang baik.

Jika Anda belum memiliki database email yang aktif, undanglah beberapa konsumen yang sudah pernah menggunakan produk atau layanan Anda. Dengan cara ini, lama kelamaan orang akan semakin tertarik pada bisnis Anda karena terlihat semakin berkembang. Sebagai contoh, Anda bisa meminta pendapat orang tentang pembelian mereka tepat setelah mereka menggunakannya. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan ulasan yang rinci dan terpercaya.

2. Mintalah secara pribadi.

Maksud dari meminta konsumen membuat ulasan secara pribadi bukan berarti berbicara langsung kepada siapa saja yang Anda temui – hal itu tentunya membosankan, melelahkan, bahkan mengganggu. Cara lebih baik untuk melakukannya adalah dengan memberikan “petunjuk” di lokasi atau toko fisik Anda berada seperti stiker di jendela yang bertuliskan ajakan untuk membuat ulasan online, papan nama di meja, sebuah pesan di bawah nota, atau pada kartu nama.

Konsumen Anda yang sudah biasa melakukan pembelian offline mungkin belum pernah meninggalkan ulasan online, namun dengan cara ini, Anda berpeluang mendapatkan ulasan online dari pelanggan baru maupun lama.

3. Balas setiap ulasan online yang Anda dapatkan.

Saat meminta orang untuk membuat ulasan online, hal itu berarti Anda juga terbuka terhadap kritik. Ingat untuk selalu membalas setiap masukan atau kritik yang ada dengan tenang serta profesional. Tawarkan solusi atau bantuan jika ada komplain dari pelanggan. Lebih penting lagi, jangan hanya menanggapi ulasan negatif. Anda juga perlu memberikan tanggapan terhadap ulasan positif sehingga konsumen baru akan mengetahui bahwa Anda aktif berkomunikasi dengan pelanggan.

4. Publikasikan ulasan yang positif.

Salah satu cara untuk memancing pelanggan lain memberikan ulasan mereka adalah dengan cara mempublikasikan berbagai ulasan positif yang telah Anda terima. Saat calon konsumen mengetahui bahwa Anda telah mendapatkan berbagai ulasan positif, mereka akan lebih tertarik untuk mencoba dan membuktikannya. Tak hanya mendapatkan lebih banyak ulasan, ini merupakan cara yang tepat untuk mengiklankan bisnis Anda dan menarik minat calon konsumen lainnya.

5. Berikan layanan konsumen yang baik.

Anda bisa melakukan semua usaha untuk mendapatkan ulasan, namun tanpa adanya layanan konsumen yang baik, usaha itu akan sia-sia. Bahkan, bisa saja orang malah memberikan ulasan yang buruk. Selalu ingat prinsip bahwa pelanggan adalah raja. Tidak melupakan etika seperti selalu mengucapkan “tolong” dan “terima kasih” saat dibutuhkan akan meninggalkan kesan yang baik di mata konsumen. Dengan cara ini, konsumen akan mengingat kebaikan Anda dan membalas budi dengan cara meninggalkan ulasan yang baik.

Sebarkan manfaatnya :