Cara Mewujudkan Impian Anda Melalui Perencanaan Keuangan

Setiap orang memiliki impian dalam hidupnya apalagi yang terkait dengan pencapaian dan kesuksesan di masa depan. Semua bisa dimulai dengan membuat perencanaan keuangan agar mimpi-mimpi tersebut terealisasi dengan perencanaan yang realistis dari sekarang. Memang bagi anda yang punya pencapaian di masa depan, perlu membuat perencanaan keuangan dari sekarang. Ini bisa membuat anda lebih memahami dinamika yang terjadi dan memotivasi anda untuk bertahan dengan mimpi ini. Tapi bagaimana sebenarnya melakukan perencanaan keuangan demi tercapainya mimpi yang ingin diwujudkan di masa depan. Ada 5 hal yang perlu anda lakukan agar impian anda bisa terwujud melalui perencanaan keuangan yang matang dari sekarang.

1. Papan impian

Langkah pertama yang mungkin terkesan konyol adalah menuliskan mimpi-mimpi anda di sebuah papan dan pampang di kamar atau dinding yang setiap hari anda lihat. Dengan menuliskannya dan melihatnya setiap hari, maka impian itu bisa dilihat dan bukan sekedar ada dalam pikiran anda. Dengan melihatnya setiap hari anda akan terus mengingatnya dan termotivasi untuk merealisasikannya. Setiap kali keinginan untuk mewujudkan mimpi ini redup, anda bisa menyalakan kembali semangat itu saat melihat tulisan-tulisan tentang mimpi indah anda di masa depan. Ketika niat terus membara, tak ada alasan untuk mengabaikan rencana keuangan yang akan anda buat.

2. Tak harus kaku

Meski anda sudah bertekad untuk mewujudkan mimpi anda dengan keras, tapi anda tak perlu kaku dengan sebuah perencanaan keuangan. Membuatnya semakin kaku dan tak bisa terbantahkan malah akan membuatnya semakin berat dan dipaksakan. Misalnya anda sudah merencanakan untuk menyisakan 10% dari gaji anda setiap bulan untuk menyiapkan membeli seesuatu di masa depan. Tapi saat ada hal mendesak atau anggaran tersebut harus dialokasikan untuk hal lain, tak perlu panik dan merasa bersalah. Anda bisa menebusnya di bulan berikutnya. Jangan buat mimpi ini menyakiti kehidupan anda saat ini.

3. Evaluasi pencapaian

Dengan konsisten menerapkan perencanaan keuangan yang telah dibuat, berarti anda sudah memiliki pencapaian selama ini. Coba evaluasi pencapaian anda dan bandingkan dengan perencanaan keuangan yang semestinya. Jika hasilnya terlihat optimal, berarti anda sudah berada di langkah yang tepat. Evaluasi bisa dilakukan secara berkala setiap bulan. Jika ada target yang tidak sesuai, anda bisa cepat-cepat melakukan koreksi agar perencanaan keuangan tetap berjalan di jalurnya.

4. Perencanaan keuangan ini bukanlah omong kosong

Ketika anda mulai menjalankan perencanaan keuangan ini, ada kalanya anda merasa tak perlu melakukannya karena semua bisa berjalan dengan baik tanpa adanya perencanaan keuangan ini. Mimpi anda bisa saja terwujud dengan mudah dengan cara lain tanpa harus menerapkan rencana keuangan ini. Tapi ingatlah perencanaan keuangan ini bukanlah sesuatu yang buruk, meskipun ada cara lain untuk mewujudkan mimpi anda, tapi tentu ada mimpi-mimpi lain yang pastinya bisa terealisasi dengan terus mengupayakan perencanaan keuangan ini menjadi prinsip hidup.

5. Atur ulang di tengah jalan

Jika anda sudah melaksanakan perencanaan keuangan ini dalam kurun waktu tertentu dan dirasa perlu ada penyesuaian lagi, tentu taka da salahnya mengatur ulang strategi perencanaan keuangan yang telah anda buat sebelumnya. Misalnya selama ini anda menyisihkan 10% dari gaji anda setiap bulan untuk liburan ke luar negeri tahun depan. Tapi karena anda mendapatkan kenaikan jabatan dan penghasilan anda bertambah, tentu tak ada salahnya jika anda menaikkan besaran gaji yang disisihkan setiap bulan. Atau misalnya ada anggota baru dalam keluarga anda, tentu anda bisa mengubah persentasi uang yang disisihkan.

 

Perencanaan keuangan yang matang memang diperlukan di awal namun bukan berarti tidak bisa diubah seiring perjalanannya. Apalagi jika anda merencanakan keuangan yang melibatkan pasangan dan ini tent uterus berubah sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

Sebarkan manfaatnya :