Cara Paling Sederhana Menghitung Keuntungan Bisnis

Cara Paling Sederhana Menghitung Keuntungan Bisnis-01

Dalam menjalankan bisnis, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan dalam menghitung jumlah atau kehilangan yang dialaminya. Belum ada yang membahas dalam hitungan laba. Agar perhitungan keuangan yang Anda buat dengan sesuai, maka Anda juga harus cermat menghitung laba bersih. Berikut akan kita bahas dalam artikel kali ini tentang,

Cara Paling Sederhana Menghitung Keuntungan Bisnis

Menentukan Perkiraan Modal dan Harga Jual

Langkah awal dalam berbisnis. Nah, dua duanya sepaket. Perkiraan harga yang sangat tinggi sementara modal sedikit, mungkin itu tidak pas, ya. Atau, jumlah modal yang banyak dan harga sedikit, kira-kira mungkin rugi dan balik modalnya bisa lama. Makanya, antara Uang modal dan harga jual di awal agar bisnis mulai terkendali sampai akhir.

Perkiraan Pengeluaran

Gagal dengan rumus:

  • HPP atau harga pokok produksi = (Jumlah x Modal) / (Jumlah x Produksi)
  • Laba berapa% yang diinginkan = berapa% x HPP
  • Harga jual = Laba + HPP

Pengaruh Laba dan Rugi

  • Laba yang diinginkan = berapa% x HPP
    Sukses banyak sekali yang diinginkan, semakin banyak Keuntungan dan balik modal bisa mencapai dalam waktu yang lebih cepat.
  • Laba per @ = laba yang diinginkan
  • Keuntungan per hari = Laba per buah x jumlah produksi barang

Perhitungan BEP (Break Event Point)

BEP ialah total modal yang harus dibagi harga jual dan total per hari yang dimaksud ialah jumlah minimal yang harus dijual per harinya. Rumus:

BEP = Total modal : harga jual

Total per hari = BEP : jumlah produksi barang

Sesederhana itu langkah menghitung dan keuntungan balik modal. Keempat langkah harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Bagi yang masih pemula, menghitungnya mungkin terasa agak menyulitkan. Namun, jika sudah terbiasa dijamin akan sangat mudah menghafalnya. Semoga menambah manfaat dan pengalaman.

Buat Pembukuan

Pengeluaran oprasional usaha harus tertulis jelas dan lengkap setiap harinya, begitu pula dengan pendapatan usaha. Data-data tersebut nantinya akan menjadi patokan apakah usaha yang dijalankan mengasilkan keuntungan atau sebaliknya. Perlu di perhatikan dalam hal mencatat pengeluaran, sebaiknya nilai sekecil apapun harus tertulis dengan lengkap, agar hasil perhitungan nantinya tepat.

Selanjutnya yang harus kita buat pembukuannya juga adalah penggunaan modal, maka sebaiknya keuangan perusahaan di buat terpisah dari sumber modal agar memudahkan. Catat setiap kali kita menggunakan modal baru yang dipakai untuk menjalankan usaha.

Perhitungan Sederhana

Untuk menghitung keuntungan dari usaha, cara yang paling sederhana dan mudah yang dapat kita jalankan, adalah sebagai berikut :

Jumlahkan semua keuangan yang di miliki saat itu, baik yang sudah menjadi uang dan juga yang masih berupa nota tagihan jika ada, Lalu tambahkan dengan nilai stok barang yang belum terjual.

Jika totalnya melebihi dari nilai modal awal yang di keluarkan, berarti lebihnya adalah keuntungan atau laba. Syaratnya kita tidak memiliki kewajiban pembayaran atau hutang perusahaan. Jika ada, berarti lebihnya tadi harus kita kurangi dahulu dengan biaya kewajiban tersebut, jika masih tersisa barulah itu dinamakan laba bersih usaha kita.

Namun jika hasilnya adalah di bawah dari nilai modal yang kita keluarkan, itu artinya usaha yang kita jalankan merugi. Disini kita harus bisa mengevaluasi berbagai penyebabnya, bisa karena tidak seimbangnya keuntungan dan pengeluaran sebab profit terlalu kecil, atau pun kurang bisa mengontrol pengeluarannya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa berbagi disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena Baik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree