Cara Praktis Menghemat Biaya Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan kebijakan program penghematan sering diambil oleh perusahaan karena resiko bisnis yang bisa terjadi pada semua jenis usaha kecil maupun besar. Tujuan dari pengendalian biaya perusahaan adalah sebagai langkah strategis untuk menyelamatkan perusahaan dari ancaman kebangkrutan. Oleh karena itu perusahaan tidak akan menunggu kondisi perusahaan berada dalam posisi kolaps untuk melakukan efisiensi biaya.

Pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien harus diterapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Sebelum terlambat, alangkah baiknya jika seorang pimpinan perusahaan sedini mungkin memberitahukan pada seluruh staff karyawan untuk berperan aktif dalam program penghematan biaya perusahaan, berikut tips untuk membantu menghemat biaya perusahaan

Cara Praktis Menghemat Biaya Perusahaan

  • Menghitung dan mengontrol pemakaian barang

Menghitung dan mengawasi total biaya pemakaian barang adalah cara yang sangat penting dalam menekan biaya perusahaan atau cara pengendalian keuangan perusahaan, untuk cara ini diperlukan sistem pengawasan yang sistematis maka dalam hal ini seorang pengatur pembiayaan mempunyai cara khusus yaitu menggunakan sistem pengawasan seperti Inventory, Rekonsiliasi dan pengecekan langsung (Internal audit)terhadap sumber yang diperkirakan akan membuat  biaya) tinggi.

  • Efisiensi Sumber Daya Manusia

Mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada menjadi efektif dan efisien. Artinya  yaitu menempatkan orang – orang yang mempunyai kualitas kemampuan terbaik yang harus memegang posisi atau jabatan, untuk menunjang hal ini tentunya setiap karyawan harus dibekali dengan kemampuan yang bagus agar menjadi kompeten di bidangnya.

  • Efisiensi penggunaan kertas

Penggunaan kertas untuk mencetak berbagai dokumen perusahaan atau surat-surat lainnya. Sering kali, kebanyakan kertas terbuang karena yang dicetak bukanlah hasil keputusan yang harus diedarkan atau masih dalam bentuk draf. Terapkan kebijakan tanpa kertas untuk mengatasi hal ini. secara umum Anda bisa menghemat pemakaian kertas dengan tidak mencetak dokumen yang belum bersifat final dan tidak benar-benar dibutuhkan dalam bentuk kertas secara fisik.

  • Efisiensi Lembur

Baik berbayar atau tidak, lembur akan mengakibatkan bertambahnya biaya (misalnya, pemakaian utilitas kantor semacam listrik dan air). Cobalah menganalisis hal ini lebih jauh, karena sering kali lembur terjadi karena pengelolaan waktu yang tidak efisien, kepemimpinan tim kerja yang tidak efektif, prosedur kerja yang tidak tepat guna, koordinasi kerja yang buruk, atau kesalahan-kesalahan lainnya. Akibatnya, timbul kebutuhan lembur yang berkepanjangan. Pangkas kerugian karena lembur dengan membereskan sumber masalahnya, karena efisiensi proses kerja sesungguhnya tampak dari jumlah pekerja atau jumlah jam kerja yang lembur setiap hari/bulannya.

  • Selalu Meninjau Biaya Operasional

Apabila Anda membeli peralatan untuk kebutuhan kantor, pastikan melalui toko yang bisa memberikan diskon cukup kompetitif untuk pembelian barang dalam jumlah yang banyak. Mulai dari keperluan dapur seperti teh atau kopi sampai furniture perlu diperhitungkan biayanya. Luangkan sedikit waktu untuk menemukan sebuah toko yang dapat memberikan layanan tersebut. Hal ini sangatlah berguna untuk menghemat biaya operasional dalam jangka waktu yang panjang.

  • Mengevaluasi Penggunaan Kendaraan

Semakin sering kendaraan perusahaan dipakai keluar, maka biaya yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar juga semakin besar, bukan? Tanyakan pada supir yang mengantarkan karyawan dinas keluar dengan mobil perusahaan, ke mana dan kapan mereka pergi. Pastikan karyawan pergi ke tempat yang memang ditunjuk oleh perusahaan, tidak mampir ke sana kemari di luar jam kerja. Selain boros jam kerja, bahan bakar yang digunakan juga tentu akan semakin banyak. Hal ini berpotensi menyebabkan biaya perusahaan membengkak, oleh sebab itu awasi betul penggunaannya.

Menghemat biaya operasional perusahaan dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. Jika hanya Anda sendiri yang menggiatkan hal tersebut, tetapi kesadaran karyawan masih kurang, maka akan sulit untuk direalisasikan. Oleh karena itu perlu koordinasi yang baik dalam merealisasikan hal tersebut

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :