Cara Sederhana Mengelola Laporan Arus Kas

Setiap perusahaan manapun pasti memiliki sistem akuntansi sebagai laporan atas semua kegiatan di perusahaan. Laporan yang paling urgent yaitu laporan keuangan dikarenakan laporan keuangan digunakan untuk monitoring berbagai kegiatan operasional perusahaan.

Laporan keuangan dalam penyusunanya harus detail dan urut mulai dari tanggal transaksi sehingga informasinya akurat. Laporan keuangan sendiri terdiri dari laporan perubahan modal, laporan arus kas, catattan atas laporan keuangan, laporan laba rugi dan neraca. Kita disini akan membahas salah satu bagian dari laporan keuangan yaitu laporan arus kas, kita akan membahas cara sederhana mengelola laporan arus kas.

Bagian penting dalam laporan keuangan perusahaan adalah laporan arus kas. Laporan arus kas adalah sesuatu laporan yang menyajikan detail arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar di perusahaan dalam periode tertentu. Gambaran laporan arus kas terdiri dari jumlah kas yang diterima yaitu pendapatan dan investasi tunai dari pemilik dan jumlah kas yang di gelontorkan perusahaan untuk pengeluaran seperti beban-beban pengeluaran, pembayaran tenggat hutang dan pengambilan pribadi pemilik perusahaan.

Dalam menyusun laporan arus kas oleh akuntan perusahan memiliki berbagai tujuan yang ingin dicapai seperti :

  1. Untuk memperkirakan arus kas di mas mendatang
  2. Untuk memperkirakan kemampuan perusahaan dalam membayar berbagai kewajiban perusahaan
  3. Sebagai patokan dalam pengambilan keputusan supaya bisa meningkatkan kinerja perusahaan
  4. Berguna untuk laporan bersinggungan dengan hubungan laba bersih terhadap perubahan arus kas perusahaan

Secara garis besar laporan arus kas berfungsi bagi seorang manager perusahaan dalam mengambil keputusan besar untuk merencanakan sarana investasi perusahaan dan mengatur berbagai pembiayaan perusahaan di masa mendatang. Perusahaan-perusahaan yang besar dengan ribuan karyawan tidak mesti memiliki arus kas yang cukup bahkan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan tersebut sehingga harus hutang ke instansi permodalan. Perusahaan yang baik akan terus meningkatkan kualitas terbaik arus kasnya supaya saat di hadapkan kepada investor, investor tersebut akan bangga dikarenakan laporan arus kas perusahaan baik.

Baca Juga: Strategi Pajak yang Wajib Anda Lakukan untuk Perkembangan Bisnis

Bagaimana cara sederhana mengelola arus kas sehingga bisa menjadi sarana evaluasi pembiayaan perusahaan di masa datang ?

Dalam membuat arus kas sebelumnya para akuntan akan membuat neraca terlebih dahulu. Ada 2 sumber data yang di susun dalam laporan arus kas yaitu data laporan laba rugi berjalan dan perbandingan neraca periode berjalan dengan neraca periode terdahulu. Ada dua metode paling sederhana dalam menyusun laporan arus kas yaitu metode langsung dan metode tidak langsung.

1. Metode langsung

Arus kas dari kegiatan pembiayan operasional sehari-hari perusahaan ditampilkan menjadi arus kas masuk dan arus kas keluar. Lalu arus kas ini di detailkan lagi menjadi beberapa jenis pendapatan dan pengeluaran.

2. Metode tidak langsung

Arus kas dari kegiatan operasional sehari-hari dilaksanakan dengan menghitung laba bersih yang dihasilkan perusahaan yang termuat di laporan laba rugi perusahaan. Penghitungan dilakukan bersinggungan dengan biaya penyusutan, kenaikan harta lancar, utang lancar dan laba rugi perusahaan.

Dari dua metode dalam menyusun laporan keuangan baik metode langsung maupun metode tidak langsung, lalu ada 5 langkah selanjutnya dalam meyusun laporan arus kas berikutnya seperti :

  • Menghitung kenaikan dan penurunan arus kas
  • Menghitung kas bersih dala kegiata operasional
  • Menghitung dan melaporkan kas bersih dalam investasi
  • Menghitung dan melaporkan kas bersih dalam hal pendanaan
  • Menghitung arus dan menjumlahkan hasil kas bersih dari ketiga aktivitas diatas menjadi saldo akhir kas.

Jadi dalam mengelola laporan arus kas harus detail, urut dan sederhana supaya jelas laporan yang disajikan. Dengan pengelolaan arus kas yang baik dan sederhana akan memudahkan perusahaan dalam pendanaan baik melalui kreditur ataupun investor.

Supaya lebih cepat dan mudah, gunakan software akuntansi online Beecloud. Banyak fitur yang pasti Anda butuhkan dan pastinya akan mempermudah operasional perusahaan Anda

Sebarkan manfaatnya :