Cara Tepat Memilih Produk Terlaris untuk Bisnis Online

Setiap wirausahawan pasti memiliki target pasar yang menjadi tujuan. Untuk mencapai tujuan tertentu dalam menjalankan bisnis, tentunya Anda harus memilih produk terlaris yang bisa dijual online. Namun, Anda pastinya tidak bisa memenuhi setiap kriteria yang dituntut oleh konsumen. Artikel ini akan membantu Anda menentukan produk yang tepat untuk dipasarkan secara online. Semakin banyak kriteria yang dipenuhi, semakin besar juga kemungkinan Anda untuk sukses.

1. Adanya target pasar dan permintaan.

Adanya konsumen yang menjadi target adalah pembeda antara bisnis yang akan sukses Dengan yang tidak memiliki potensi. Pastikan produk atau jasa yang Anda jual bisa menarik minat konsumen serta bisa mereka dapatkan dengan harga yang masuk akal. Bisa saja Anda menawarkan produk premium dan jasa atau layanan berkualitas, namun hal itu percuma jika tidak ada konsumen yang menginginkannya.

2. Segmen pasar yang cukup besar.

Ada beberapa jenis produk dan layanan yang hanya memiliki segmen pasar kecil. Hal ini bukan berarti Anda memiliki lebih banyak peluang untuk sukses, karena kemungkinan besar segmen pasar tersebut hanya membutuhkan sedikit penyedia jasa atau barang. Maka dari itu, pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa mendatangkan keuntungan dari awal, bukan menjanjikan sesuatu yang tidak pasti.

3. Potensi untuk berkembang.

Pastikan bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa berkembang di masa depan. Jangan sampai salah memilih produk yang tidak bisa berkembang lagi karena sudah terlalu banyak pemain di pasar tersebut. Jika suatu produk bisa berkembang, hal yang sama juga akan berlaku pada bisnis Anda.

4. Pendapatan rata-rata

Hal yang dimaksud di sini adalah berapa pendapatan yang dihasilkan oleh setiap barang atau jasa. Lebih baik memilih barang atau jasa yang bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan tanpa perlu menjual terlalu banyak.

5. Siklus transaksi yang pendek.

Siklus transaksi yang ideal adalah di mana rentang waktu antara tanggal memproses pesanan sampai menerima pembayaran tidak lebih dari dua minggu. Walaupun bisnis Anda mempunyai keuntungan besar, menunggu uang masuk terlalu lama akan membuat bisnis Anda merugi sebelum mendapatkan keuntungan. 

Baca Juga: Cara yang Benar Memahami Logika Jurnal Akuntansi

 

6. Kesempatan datangnya penjualan berulang.

Pada saat memulai sebuah bisnis, Anda harus mempertimbangkan apakah produk yang dijual bisa menarik dan mempertahankan konsumen. Mendapatkan keuntungan dari penjualan berulang lebih menguntungkan daripada harus selalu berusaha menarik konsumen baru.

7. Ketertarikan pribadi.

Terkadang, barang terbaik untuk dijual secara online adalah yang juga menarik minat Anda. Mungkin Anda memiliki hobi atau ketertarikan yang bahkan mau Anda lakukan secara gratis, karena Anda menyukainya. Hal itu bisa saja memiliki potensi untuk bisnis selanjutnya. Melakukan hal yang benar-benar Anda sukai akan memberi motivasi untuk terus mengembangkan sebuah bisnis.

8. Bukan produk musiman

Jika Anda memulai bisnis online yang berfokus pada produk musiman, misalnya kado Lebaran atau Natal, maka Anda tidak bisa berharap akan ada pendapatan setiap waktu. Bisnis yang hanya berfokus pada produk musiman hanya akan mendatangkan keuntungan satu hingga dua bulan dalam satu tahun, dan tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi. Pilihlah produk yang bisa mendatangkan keuntungan setiap waktu.

Sebenarnya, tidak ada banyak perbedaan antara bisnis online dengan offline kecuali tempat berlangsungnya setiap transaksi. Bisnis online memiliki kelebihan tersendiri seperti tidak terbatas pada ruang dan waktu, namun juga ada kekurangannya, yaitu dibutuhkan usaha lebih untuk menarik pelanggan dari awal. Apa pun jenis produk yang Anda pasarkan, akan tercapai kesuksesan dengan adanya usaha.

Sebarkan manfaatnya :