Contoh Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar

Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan akun-akun atau saldo yang ada di neraca supaya menunjukkan kondisi yang sebenarnya sebelum dibuat laporan keuangan. Fungsi dari jurnal penyesuaian ini adalah agar akun-akun nominal yang terdiri dari pendapatan dan beban dapat diakui dalam satu periode dan menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

Jurnal penyesuaian disusun berdasarkan data yang ada di neraca saldo dan data penyesuaian akhir periode. Sedangkan ayat jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat dalam dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam beberapa akun, hasilnya akan mencerminkan keadaan saldo yang sebenarnya.

Ada beberapa jenis jurnal penyesuaian yang masing-masing jenisnya dibuat untuk transaksi-transaksi berikut ini:

  1. Beban dibayar di muka
  2. Pendapatan diterima di muka
  3. Pemakaian perlengkapan
  4. Pendapatan yang masih harus diterima
  5. Beban yang masih harus dibayar
  6. Penyusutan aktiva tetap

Jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar

Beban yang masih harus dibayar merupakan kewajiban yang telah terhitung sebagai beban jika dilihat dari segi waktu, namun belum dibayarkan dan belum dicatat dalam sebuah periode akuntansi yang bersangkutan.

Beban tersebut harus atau wajib disesuaikan di setiap akhir periode akuntansi yang kemudian hasil dari penyesuaian tersebut akan menambah beban pada periode akuntansi yang bersangkutan.

Jadi ketika menemukan beban yang seharusnya dibayarakan pada periode akuntansi mendatang, harus ditentukan juga beban mana yang akan disesuaikan pada periode akuntansi yang sekarang.

Tujuan dari pencatatan jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar adalah untuk mencatat besarnya beban yang harus diakui pada periode yang bersangkutan, namun pembayarannya masih dilakukan pada periode selanjutnya.

Untuk lebih jelas dan konkritnya, mari lihat ilustrasi yang digambarkan pada contoh-contoh berikut ini.

Ilustrasi 1

Pada tanggal 31 Desember 2017, PT Digicom, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital memiliki tanggungan berupa hutang gaji yang harus dibayarkan kepada karyawannya sebesar Rp 5.000.000.

Maka berdasarkan data penyesuaian diatas, perusahaan tersebut perlu membuat jurnal penyesuaian untuk hutang gaji pada periode akhir akuntansi. Jurnal penyesuaian yang perlu disusun oleh PT Digicom adalah sebagai berikut:

(D) Beban gaji ………… Rp 5.000.000

(K) Hutang gaji………….. Rp 5.000.000

Ilustrasi 2

Pada Desember tahun 2017, PT Analisa yang bergerak di bidang jasa memiliki tagihan rekening listrik dan air sebesar Rp 1.000.000.

Karena tagihan diatas belum dibayar oleh perusahaan, maka perusahaan wajib membuat jurnal penyesuaian pada 31 Desember 2017 sebagai berikut:

(D) Beban listrik dan air ………… Rp 1.000.000

(K) Hutang listrik dan air ………….. Rp 1.000.000

Iluatrasi 3

Sebuah perusahaan kue ‘Alila Tart’ memiliki 5 orang pegawai yang besaran upah perharinya Rp 20.000. Para pegawai tersebut bekerja selama 5 hari kerja, yaitu Senin sampai dengan Jumat. Untuk pembayaran upahnya, diberikan pada hari Jumat pada setiap minggunya.

Namun ternyata pada akhir 2016, hari Jumat jatuh pada tanggal 27 desember. Maka perusahan memiliki tanggungan upah yang harus dibayarkan pada 31 Desemeber yaitu 2 hari, yaitu Senin tanggal 30 dan Selasa tanggal 31.

Berdasarkan ilustrasi diatas, perusahan wajib membuat perhitungan upah sebagai berikut:

Hari Senin  5 orang x Rp 10.000 = Rp 50.000

Hari Selasa 5 orang x Rp 10.000 = Rp 50.000

Total upah yang harsu dibayarkan oleh perusahaan adalah Rp 100.000 yang jurnal  penyesuaiannya akan seperti ini:

(D) Beban upah………… Rp 100.000

(K) Hutang upah ………….. Rp 100.000

Jadi dapat disimpulkan bahwa beban yang masih harus dibayar atau hutang beban merupakan beban atau kewajiban yang belum dibayarkan hingga akhir periode akuntansi namun manfaat atau nilai ekonomisnya sudah dirasakan pada periode tersebut.

Penyesuaian pada akun ini perlu untuk mengakui adanya beban yang belum dibayarkan oleh perusahaan yang mana beban tersebut masuk dalam kewajiban perusahaan periode tersebut. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman dan saudara Anda agar mereka juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :