Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

contoh-laporan-keuangan-perusahaan-dagang-photo

Kewajiban pengusaha yang bergerak di dunia perdagangan telah diatur dalam Pasal 6 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Nomor 8 Tahun 1997 tentang dokumen perusahaan serta di dalam pasal 2 Undang-Undang nomor 8 tahun 1997 bahwa yang dikatakan dokumen perusahaan itu terdiri dari dokumen keuangan dan dokumen lainnya.

a. dokumen keuangan terdiri dari catatan (neraca tahunan, perhitungan laba, rekening, jurnal transaksi harian) dan b. dokumen lainnya terdiri dari data setiap tulisan yang berisi keterangan yang mempunyai nilai guna bagi perusahaan, meskipun tidak terkait langsung dengan dokumen keuangan. Untuk memenuhi kewajiban tersebut, maka pengusaha perlu mengetahui lebih dalam tentang pengetian dari perusahaan dagang.

Perusahaan dagang menurut berbagai sumber merupakan perusahaan dengan aktivitas utamanya yaitu melakukan pembelian, penyimpanan barang serta penjualan kembali barang – barang tersebut tanpa memberikan nilai tambah terhadap barang dagangan tersebut.

Maksud dari pemberian nilai tambah yaitu mengolah, mengubah sifat atau bentuk barang dagangan tersebut sehingga berubah dari bentuk aslinya, dan ketika di jual kembali akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Contoh sederhana yang termasuk perusahaan dagang yaitu : pengusaha yang menjual kayu bukan menjual dalam bentuk kursi, meja, lemari, dll, pengusaha kain yang menjual kain dan bukan menjualnya dalam bentuk baju, kelambu, dll. Sedangkan bentuk nyata dari perusahaan dagang bisa berupa : toko kelontong, showroom, swalayan, dll.

Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa perusahaan dagang memiliki sistem yang mudah untuk dijalankan karena itu untuk laporan keuangannya pun dapat di susun secara sederhana.

Seperti halnya perusahaan lain, untuk laporan keuangan perusahaan dagang meliputi : laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas, laporan piutang, laporan utang, laporan persediaan atau stok barang. Namun untuk saat ini penulis hanya memberikan contoh laporan keuangan berupa : laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca.

Menurut wikipedia, Laporan laba – rugi (Income Statement atau Profit and Loss Statement) merupakan bagian dari laporan keuangan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi dengan menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan laba atau rugi bersih.

Adapun unsur–unsur laporan laba–rugi biasanya terdiri atas : pendapatan (setelah dikurangi beban pokok penjualan), laba atau rugi kotor (setelah diurangi beban usaha), laba/rugi usaha (setelah ditambah/dikurangi penghasilan/beban lain), laba/rugi sebelum pajak (dikurangi beban pajak) serta laba/rugi bersih.

Berikut contoh laporan laba – rugi dari PT. X

mengenal-software-akuntansi-laporan-laba-rugi

Selanjutnya, neraca (balance sheet) yaitu laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode menyangkut besarnya jumlah harta, utang dan modal perusahaan. Untuk menyusun laporan neraca memerlukan data-data yang diambil dari kolom neraca pada kertas kerja serta modal akhir dalam laporan perubahan modal. Perhatikan contoh berikut.

Perubahan Model
Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :