Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Setiap perusahaan membutuhkan laporan keuangan untuk menunjang usahanya. Dengan adanya laporan keuangan, pihak manajemen perusahaan dapat melihat kondisi keuangannya dalam satu periode serta mengevaluasinya untuk kebutuhan ke depan. Laporan keuangan mampu menunjukkan secara real posisi keuangan yang nantinya memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan.

Pengertian laporan keuangan

Definisi laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No. 1 (2015:1) adalah penyajian yang terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Sedangkan menurut Harahap (2008:105), laporan keuangan merupakan laporan yang menggambarkan kondisi keuangan serta hasil usaha dari suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu.

Dari kedua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukkan posisi dan kondisi keuangan dari perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, laporan keuangan perusahaan terdiri dari laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.

Laporan keuangan perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang aktivitas usahanya mengubah barang metah menjadi barang jadi. Dalam hal ini perushaan manufaktur memproduksi sendiri sebuah produk lalu menjualnya ke supplier atau pembeli langsung. Karena bersinggungan dengan kegiatan produksi, maka dalam laporan keuangan perusahaan manufaktur terdapat istilah harga pokok produksi. Harga pokok produksi ini dijadikan sebuah laporan keuangan utama bagi perusahaan manufaktur.

Sebenarnya laporan keuangan pada perusahaan manufaktur tak jauh berbeda dari laporan keuangan perusahaan lainnya, namun adanya laporan harga pokok produksi inilah yang menjadi pembeda. Pada perusahaan lain seperti perusahaan jasa atau dagang tidak terdapat laporan harga pokok produksi, sedangkan pada perusahaan manufaktur ada.

Jenis dan contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur

Berikut ini ada dijabarkan mengenai jenis laporan keuangan pada perusahaan manufaktur beserta dengan contohnya.

1. Laporan harga pokok produksi

Karena kegiatan utama dari perusahaan manufaktur adalah produksi, maka ada biaya produski yang muncul sehingga diketahui harga pokok produksi. Laporan harga pokok produksi perlu dibuat untuk melihat jumlah nilai persediaan yang dipakai untuk proses produksi, jumlah nilai biaya untuk proses produksi, serta nilai biaya overhead perusahaan yang dikeluarkan selama masa produksi.

Dengan adanya nilai dan biaya tersebut, maka akan terlihat berapa harga pokok produksi pada barang jadi yang telah dibuat yang nnatinya akan berpengaruh terhadap nilai jual dari barang produksi tersebut.

Contoh laporan harga pokok produksi pada perusahaan manufaktur adalah sebagai berikut.

Laporan Hpp produksi

 

2. Laporan laba rugi

Isi dari laporan laba rugi dari perusahaan manufaktur kurang lebih sama dengan perusahan lainnya, yaitu terdapat nilai pendapatan serta beban yang selisihnya akan menunjukkan nilai laba atau rugi dari perusahaan tersebut dalam satu periode.

Contoh laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur adalah sebagai berikut.

Laba rugi

3. Laporan neraca

Laporan neraca dari perusahaan manufaktur berisi aktiva dan pasiva. Aktiva merupakan sumber keuangan utama dari perusahaan dimana semua aset perusahaan terdapat pada aktiva ini, seperti kas, piutang, persediaan, dan lain sebagainya. Sedangkan pasiva adalah hutang serta modal yang dimiliki oleh perusahaan. Laporan neraca pada perusahaan manufaktur kurang lebih juga sama dengan perusahaan lainnya.

Berikut ini adalah contoh laporan neraca pada perusahaan manufaktur.

Laporan Neraca

4. Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan yang berisi nilai dari modal awal, adanya perubahan modal, deviden yang dibagikan pada pemegang saham, serta hal lain yang tidak berhubungan dengan aktivitas atau kegiatan perusahaan. Untuk laporan perubahan modal pada perusahaan manufaktur juga isinya sama dengan perusahaan lainnya.

Berikut ini adalah contoh laporan perubahan modal pada perusahaan manufaktur.

Laporan Perubahan Modal

 

Itulah pengertian, jenis, dan contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih kesulitan untuk membuat atau membacanya, maka Anda bisa mendownload aplikasi BeeAccounting atau Beecloud untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Sebarkan manfaatnya :