Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Pengusaha Pemula

Kendala yang sering ditemui sebelum membangun sebuah bisnis adalah modal yang terlalu besar. Selain itu, tempat penyimpanan barang juga sering menjadi halangan. Namun, sebenarnya ada banyak bisnis yang bisa Anda mulai tanpa memerlukan banyak modal. Bahkan, beberapa di antaranya tidak membutuhkan tempat penyimpanan stok barang. Di bawah ini, Anda akan menemukan bisnis bemodal kecil yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Buat sebuah toko dropship

Dropship adalah sebuah model usaha di mana supplier memasarkan barang mereka lewat pihak Anda. Jadi, Anda tidak perlu menyimpan semua barang yang dipasarkan itu sendiri. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasarkannya. Sebenarnya, konsep dropshipping tidak beda dengan yang lain: beli barang dengan harga terendah, lalu jual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Bedanya, dalam hal ini supplier lah yang bertanggung jawab mengirimkan barang kepada konsumen secara langsung.

Anda bisa memilih jenis barang yang disalurkan sesuai dengan ketertarikan dan memasarkannya kepada konsumen yang potensial. Sangat banyak supplier lokal maupun internasional yang bersedia melakukan kerja sama, sehingga tak perlu khawatir tentang ketersediaan barang. Namun tentu saja, Anda tetap bertanggung jawab terhadap pelayanan.

Dropshipping bisa dibilang merupakan cara bermodal kecil untuk menguji kecocokan suatu produk terhadap konsumen sebelum memutuskan untuk membuat produk Anda sendiri. Pastikan saja Anda sudah menguji produk itu sendiri sebelum memasarkannya kepada konsumen untuk memastikan kualitasnya.

2. T-shirt dan tote bag custom

Dewasa ini, orang semakin tertarik dengan produk yang bisa didesain sesuai dengan keinginan mereka sendiri. T-shirt, casing HP, hoodie, dan tote bag merupakan beberapa contoh barang yang bisa dikustomisasi. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini menjadi peluang usaha.

3. Tulis sebuah buku.

Jika dipikirkan kembali, buku tidak berbeda dari produk yang lain. Maka dari itu, Anda bisa menulis buku Anda sendiri untuk menarik perhatian pasar. Buku yang ditulis bisa berupa apa saja – mulai dari buku resep, buku bergambar, komik, maupun novel. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kreativitas, ada banyak sekali kesempatan untuk menciptakan buku yang menarik bagi pembaca.

4. Ciptakan produk atau kursus digital.

Produk digital seperti musik, kursus, dan template merupakan yang paling unik dari semua yang tercantum di sini. Tak seperti yang lain, tidak diperlukan ongkos produksi atau pengiriman sehingga keuntungan Anda bisa tetap besar.

Triknya adalah mengetahui apa yang membuat sebuah produk digital bernilai tinggi. Pastikan produk itu cukup bernilai sehingga orang tidak ragu membayar untuk itu. Ada banyak jenis produk yang bisa Anda ciptakan, dari track musik hingga foto dengan royalti. Jika Anda memiliki bakat yang bisa diubah menjadi sumber penghasilan, manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

5. Poster dan kartu ucapan personal

Jika Anda memiliki kemampuan artistik serta mengetahui trik fotografi yang tepat, Anda bisa menjual karya seni Anda dalam bentuk cetak kepada orang yang berminat. Terlebih bila Anda sudah memiliki pekerjaan sebagai kartunis arau fotografer handal, usaha ini sangat layak untuk dicoba. Produk yang Anda hasilkan bisa beraneka macam, mulai dari poster hingga kartu ucapan. Buat sebuah katalog online untuk menampilkan produk yang ditawarkan sehingga pelanggan lebih nyaman dalam memilih.

6. Sisihkan sebagian pendapatan untuk amal.

Orang akan lebih tertarik membayar untuk sebuah produk atau jasa jika sebagian keuntungannya diberikan untuk amal. Selain bisa menjadi kesempatan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk buatan Anda, bisnis ini juga akan membawa keuntungan bagi bayak pihak.

7. Tawarkan jasa.

Saat ini, kemampuan yang Anda miliki bisa ditawarkan secara online karena banyak orang yang membutuhkannya. Jasa penulisan, desain, fotografi, pelatih kebugaran, dan pengembang aplikasi adalah beberapa yang paling dibutuhkan saat ini.

 

Sebarkan manfaatnya :