Inilah Arti Penting Laporan Keuangan Untuk Bisnis Anda

Inilah Arti Penting Laporan Keuangan Untuk Bisnis Anda-01

Laporan keuangan merupakan sebuah hal yang sangat krusial dalam sebuah bisnis atau usaha. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha, Anda wajib untuk mengetahui dengan persis mengenai seluk beluk laporan keuangan, meskipun Anda sudah memiliki akuntan terpercaya sekalipun. Anda tetap wajib mempelajari laporan keuangan dan menguasainya agar bisnis Anda berkembang dengan baik. Baik tidaknya atau lancar tidaknya sebuah bisnis sangat tergantung pada laporan keuangan perusahaan.

Sayangnya, banyak pengusaha yang abai tentang ini. Banyak pengusaha yang tidak terlalu memperhatikan dan mengetahui manfaat serta fungsi laporan keuangan sehingga tak menjadikan laporan keuangan sebagai standar kesehatan perusahaan. Padahal, jika hal ini dibiarkan maka bukan tak mungkin usaha akan berantakan lantaran tak memiliki pedoman.

Fungsi laporan keuangan

Laporan keuangan terdiri dari 3 jenis, yaitu laporan laba rugi, laporan neraca, dan laporan arus kas. Masing-masing laporan keuangan tersebut memiliki fungsi masing-masing, yaitu:

  • Laporan laba rugi: laporan laba rugi berfungsi untuk menunjukkan hasil akhir finansial perusahaan dalam kurun waktu tertentu, menentukan tingkat risiko perusahaan dalam berinvestasi serta kenaikan atau penurunan penjualan, pendapatan kotor, dan setiap pengeluaran.
  • Laporan neraca: laporan neraca berfungsi menunjukkan posisi bisnis (apakah untung atau rugi) serta menganalisa kekuatan finansial sebuah perusahaan.
  • Laporan arus kas: laporan arus kas berfungsi menunjukkan kondisi kas dari operasional sehari-hari perusahaan (untung atau rugi), mengukur investasi perusahaan dengan tujuan untuk memproduksi profit di masa depan, dan mengetahui apakah dana perusahaan cukup untuk membagi dividen, menutup aktivitas sehari-hari perusahaan, membayar utang tepat waktu, dan menunjukkan darimana adanya modal tambahan.

Manfaat dan pentingnya laporan keuangan

Selain memiliki fungsi-fungsi diatas, laporan keuangan juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi perusahaan. Berikut ini adalah manfaat serta arti penting laporan keuangan dari perusahaan yang perlu Anda ketahui.

  1. Membuat aset pribadi dengan perusahaan tidak bercampur

Laporan keuangan mampu memisahkan antara aset dan rekening pribadi dengan aset dan rekening perusahaan. Dengan pemisahan aset dan rekening ini, resiko buruk bagi perusahaan pun bisa diminimalisir. Dalam hal pemisahan ini, laporan keuangan juga berfungsi membuat bisnis Anda jauh lebih profesional.

2. Menjadi acuan dalam pemgambilan keputusan

Laporan keuangan juga bisa dijadikan acuan atau dasar dalam mengambil keputusan. Ketika melihat hasil laporan keuangan, Anda dan pihak manajemen pun bisa langsung menganalisa kembali bisnis Anda dan segera mengambil keputusan maupun tindakan yang terbaik untuk kemajuan perusahan. Tanpa laporan keuangan ini, Anda tidak bisa memutuskan akan mengambil jalan apa jika terjadi sesuatu pada keuangan bisnis Anda.

3. Informasi dalam penghitungan pajak

Arti penting lain dari laporan keuangan adalah menyajikan informasi dalam rangka pengumpulan pajak. Dengan laporan keuangan, Anda pun bisa tahu berapa pajak yang wajib Anda bayarkan. Oleh karena itu, setiap laporan keuangan harus dikelola dengan bijak karena dijadikan dasar dari pungutan pajak.

4. Melihat besarnya laba atau keuntungan perusahaan

Anda juga bisa melihat dan mengetahui berapa jumlah keuntungan dari bisnis Anda. Anda bisa menganalisa dengan jelas pakah perusahaan Anda menagalami untung atau rugi serta besarannya dalam setiap periode.

5. Laporan untuk pihak luar manajemen

Terakhir, laporan keuangan juga dibutuhkan untuk dipublikasikan kepada pihak luar, seperti pemerintah, parusahaan lain, lembaga keuangan, dan juga investor. Pihak luar berkesempatan untuk melihat laporan keuangan bisnis Anda untuk berbagai keperluan, seperti pajak, pinjaman dana, dan lain sebagainya.

 

Itulah arti penting laporan keuangan untuk bisnis yang Anda jalankan. Ternyata manfaat dan kepentingannya sunggguh ‘urgent’ bukan untuk perkembangan bisnis?