Inilah Tipe Karyawan yang Dicari Perusahaan Jasa Kontraktor

Salah satu aset terpenting yang dimiliki dan wajib dijaga oleh perusahaan adalah karyawan. Karyawan yang baik dan loyal akan membuat perusahaan beruntung karena memiliki  karyawan yang bisa diandalkan. Oleh karena itu setiap perusahaan pasti akan memilih karyawan secara selektif dan memenuhi kriteria agar bisa bekerja dengan layak sesuai kemampuannya masing-masing.

Begitu pula dengan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor. Perusahaan ini membutuhkan karyawan yang loyal dan mampu mengikuti prosedur dan ketentuan yang dibuat perusahaan untuk bersama membangun jasa kontraktor yang profesional. Perusahaan kontraktor merupakan badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan sebuah proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang sudah disepakati oleh kontraktor dan pemilik proyek selaku kedua elah pihak. Perusahaan jenis ini biasanya dikontrak untuk proyek-proyek besar dan bonafid seperti pembangunan mall, hotel, gedung bertingkat, jembatan, real estate dan lain sebagainya. Meskipun demikian, perusahaan jasa kontraktor juga kerap mengerjakan proyek kecil seperti pembangunan rumah pribadi atau rumah kavling.

Karena kerap mengerjalan proyek yang nilainya tinggi, perusahaan jasa kontraktor tentu mmebutuhkan karyawan yang bisa diandalkan dalam berbagai hal. Ini dia beberapa tipe karyawan yang biasanya dicari oleh perusahaan kontraktor.

  1. Karyawan yang memiliki etos kerja tinggi

Perusahaan jasa kontraktor akan mencari karyawan yang memiliki etos kerja serta niat yang tinggi dalam bekerja. Hal ini dikarenakan bidang kerja yang dilakoni oleh perusahan jasa kontraktor cukup sulit, berat dan beresiko tinggi sehingga mereka tidak akan asal dalam memilih karyawan. Tekanan kerja yang berat dan juga medan yang tak kalah rumit membuat mereka membutuhkan karyawan yang tidak suka mengeluh dan berkeyakinan kuat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu etos kerja yang tinggi sangat dibutuhkan disini.

2. Karyawan yang loyal terhadap perusahaan

Tipe karyawan yang dicari oleh perusahaan jasa kontraktor adalah karyawan yang loyal terhadap perusahaan. Karyawan yang loyal tidak akan dengan mudah keluar masuk perusahaan sehingga pekerjaan dan proyek bisa selesai dengan tepat waktu. Selain itu, karyawan yang loyal bisa menjaga nama baik perusahaan di lingkungan ekstern sehingga perusahaan bisa berkembang dengan baik.

3. Karyawan yang bisa bekerja sama dalam sebuah tim

Proyek yang dikerjakan oleh perusahaan jasa kontraktor biasanya besar sehingga membutuhkan kinerja secara tim atau berkelompok. Disinilah dibutuhkan karyawan yang mampu bekerja sama dengan tim serta bisa memberikan umpan dan juga masukan terhadap tim yang sedang bekerja. Biasanya tim SDM perusahaan kontraktor akan membuat rekruitmen karyawan dalam bentuk tes wawancara serta FGD untuk menguji kemampuan bekerja sama dalam tim atau kelompok.

4. Karyawan yang mampu berkomunikasi dengan baik

Komunikasi merupakan skill yang penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan perusahaan jasa kontraktor, disamping skill lain yang berhubungan dengan bidang pekerjaan. hal ini dikarenakan perusahaan kontraktor merupakan perusahaan di bidang jasa yang pasti membutuhkan interaksi dengan klien dan pihak luar. Komunikasi merupakan kunci utama kesuksesan perusahaan yang berhubungan dengan jasa.

5. Karyawan yang bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja

Seperti yang telah ditulis diatas, perusahaan jasa kontarktor biasanya akan dikontrak dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk sebuah proyek. Ditambah dengan tugas serta medan yang cukup berat. Untuk itulah setiap karyawan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan baik agar kinerja maksimal dan semua proyek bisa berjalan dengan lancar.

Sebarkan manfaatnya :