Jangan kliru! Inilah Perbedaan Biaya dengan Beban

Banyak pandangan masyarakat luas yang menyamaratakan biaya dengan beban, padahal kedua komponen tersebut berbeda. Banyak khlayak luas mengerti beban dan biaya adalah uanng yang harus dikeluarkan pada periode waktu tertentu.

Dalam dunia akuntansi pasti anda pernah mendengar kata biaya dan beban. Banyak yang berpendapat bahwa biaya dengan beban sama yaitu segala sesuatu yang harus dikeluarkan dalam menjalankan suatu bisnis, padahal keduanya berbeda dalam dunia akuntansi.

Perbedaan biaya dengan beban harus dimengerti oleh para pemilik bisnis supaya bisa mencerna laporan keuangan perusahaannya sendiri.

Dengan sedikit mengerti laporan keuangan maka pemilik bisnis akan bisa memahami kendala dalam perusahaannya dan bisa memikirkan cara evaluasi dengan manager perusahaan dengan baik.

Pun tak ayal bagi investor harus mengetahui laporan keuangan supaya dalam memilih perusahaan untuk investasi tidak keliru memilih. Para investor pasti sebelum memilih perusahaan untuk investasinya dilihat dulu laporan keuangannya bila baik lanjut, bila buruk maka dipikirkan matang-matang lagi.

Mari kita bahas terlebih dahulu perbedaan biaya dengan bebean, simak ya.

Perbedaan biaya dengan beban

Biaya adalah sumber pendapatan yang harus dikeluarkan perusahaan untuk keberlanjutan suatu bisnis. Sudah pasti dalam pembelian aktiva ini mengeluarkan biaya dan letaknya akan di sisipkan dalam pembelian aktiva tetap.

Biaya biasanya memiliki manfaat secara ekonomis untuk masa mendatang. Jadi biaya bisa disebut juga sebagaia aset perusahaan yang nanti akan di hitung di laporan keuangan.

Sedangkan beban adalah penurunan nilai ekonomi yang meliputi pengeluaran uang. Biasanya beban adalah suatu kewajiban yang harus dikeluarkan rutin pada periode waktu tertentu. Beban bisa menyebabkan nilai dari ekuitas menurun dan dianggap sebagai pengorbann yag harus dikeluarkan.

Beban sebagai pengurangan dari pendapatan akan menghasilkan laba bagi perusahaan, sebelum ada pajak di laporan keuangan. Beban di laporan keunagan banyak jumlahnya dikarenakan setiap perusahaan memiliki beban setiap periode waktu tertentu.

Perbedaan keduanya dalam akuntansi yaitu :

1. Letak dalam laporan keuangan

Perbedaan yang kentara antara biaya dengan beban yaitu letaknya pada penyusunan laporan keuangan. Untuk biaya digunakan saat penyusunan neraca seperti biaya yang terpakai yang bermanfaat sebagai aktiva. Sedangkan beban dalam laporan keuangan masuk dlaam laporan laba-rugi sebagai pengeluaran yang tidak terpakai dan tidak bermanfaat untuk masa mendatang.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Rasio Profitabilitas

2. Dalam periode akuntansi

Biaya dengan beban dalam periode akuntansi ternyata memiliki perbedaan yang kentara seperti untuk biaya dalam periode akuntansi memiliki waktu lebih dari sat tahun dianggap sebagai pengeluaran modal. Beban sendiri memiliki periode akuntansi kurang lebih satu tahun sebagai penegluaran pendapatan. Jadi perbedaan yang kentara dalam periode akuntansi yaitu waktu dan istilah dalam pengeluarannya.

3. Jumlah yang dikeluarkan

Keduanya memiliki perbedaan yang kentara seperti biaya diambil dari pengeluaran modal sehingga mempunyai jumlah pengeluaran yang masiv. Sedangkan beben diambil dari pengeluaran pendapatan sehingga memiliki pengeluaran yang lebih minim. Biaya dan beban berbeda jumlah yang dikeluarkan biaya lebih besar dibandingakna dengan beban.

Contoh kasus akun biaya

Perusahaan adhi karya membeli motor untuk mempermudah pemasaran snacknya sehingga membeli banyak untuk memasarkan snacknya. Mobil tersebut ternyata memiliki manfaat 3 tahun, maka motor tersebut dikelompokan sebagai aset dikarenakan memiliki manfaat lebih dari 1 tahun.

Contoh kasus akun beban

Perusahaan adhi karya memiliki motor yang banyak untuk memasarkan snacknya kepenjuru daerah. Semua motor tersebut ternyata setiap bulan harus mengeluarkan biaya tambahan seperti ganti oli, ganti kampas rem, ganti ban.

Jadi jauh berbeda antara biaya dan beban ya, biaya adalah sesuatu yang dikeluarkan oleh perusahaan yang nantinya menjadi aset perusahaan sedangkan beban yaitu pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk biaya pemeliharaan aset.

 

Sebarkan manfaatnya :