Jangan sampai Bisnis Anda ikutan sepi, seperti Mall ini !!

Bagikan langit dan bumi, Ada lebih dari 170 mal di Jakarta yang dulunya ramai. Kini beberapa mall dijakarta ditinggal peminatnya.  Keberadaan mal-mal sebenarnya memegang peranan penting bagi hajat hidup warganya. Mal adalah tempat mencari hiburan, juga bertemu rekan sekaligus menghabiskan waktu bersama mereka. Tempat ini merupakan pusat aktivitas sosial kaum urban Jakarta.

Dengan jumlah penduduk mencapai 10 juta, dan semakin meningkatnya masyarakat kelas menengah ke atas yang tak bisa dipisahkan dari smartphone, Jakarta kini tengah menuju revolusi ritel. Revolusi ritel berkembang pesat dengan banyaknya marketplace yang memudahkan masyarakat membeli melalui smartphone.

Mudahnya akses internet membuat perubahan gaya hidup saat ini tidak bisa diungkiri. Semakin instantnya masyarakat memperoleh informasi membuat semua ingin hasil dengan effort kerja sedikit. Dengan bertaburan biro jasa yang bermacam-macam rupanya menjadikan masyarakat ingin mudah dan cepat. Apakah anda termasuk salah satu penggunanya?

Bayangkan Anda saat ini pemilik bisnis yang sedang sepi ditinggalkan pembeli, apa yang akan Anda lakukan? Tentunya Anda harus melakukan analisa market dengan angka yang dapat Anda ukur dan hasilnya valid. Sebelum usaha Anda benar-benar ditinggalkan oleh pembeli. Angka disini meliputi semua hal yang dapat menjadi faktor pemicu perkembangan bisnis Anda. Dari faktor eksternal meliputi kompetitor, perubahan gaya hidup masyarakat, perekonomian, bahkan politik sekalipun dapat mempengaruhi pendapatan Anda.

Untuk meminimalisir kemungkinan terburuk itu terjadi pada bisnis Anda. Anda bisa mencegahnya dengan membuat pengamanan pada usaha Anda. Bagaimana caranya :

  1. Analisa Market dengan Angka
    Banyak pengusaha tidak memiliki angka, angka ini data internal bisnis Anda yang dapat dimaksimalkan. Contohnya : Anda memiliki data pelanggan yang membeli produk Anda mayoritas berasal darimana, produk favorit mereka, dan alasan mengapa mereka membeli produk Anda. Kumpulkan data tersebut bisa menjadikan Anda memiliki senjata marketing jelas untuk menojolkan bisnis Anda. Anda dapat memilih metode pendekatan apa yang paling sesuai dengan target market Anda. Data ini bisa Anda peroleh dengan survey berhadiah merchandise menarik, agar pelanggan Anda secara suka rela memberikan informasi diri mereka.
  2. Gunakan hasil analisa untuk memaksimalkan marketing
    Setelah Anda memperoleh angka untuk market. Gunakan analisa tersebut untuk mengenjot penjualan Anda dengan melakukan iklan di area target market Anda. Ini seperti Anda menjemput pelanggan untuk membeli produk Anda. Anda racuni mereka untuk mengenal, memperhatikan dan akhirnya membeli produk Anda.
  3. Menjaga kualitas
    Hal terpenting untuk memperpanjang hubungan Anda dengan pembeli adalah menjaga kualitas. Kualitas disini tidak hanya produk Anda saja melainkan pelayanan Anda. Kualitas yang terjaga akan membuat pelanggan Anda merefrensikan produk Anda kepada rekan-rekan mereka untuk membeli produk Anda.
  4. Tetap menjaga Angka
    Angka-angka ini berasal dari segala lini operasional bisnis Anda. Dari stock, omset, piutang, dan segala laporan keuangan bisnis Anda. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa mengukur kinerja pegawai Anda juga dengan angka. Sehingga Anda dapat mengetahui batasan maksimal karyawan Anda untuk melakukan performance kerja yang terbaik. Ukuran ini untuk mengefesiensikan bisnis Anda dan meningkatkan keuntungannya.
  5. Gunakan sistem yang teruji
    Segala hal Anda bentuk dengan angka pastinya membutuhkan support sistem yang mumpunin. Bila Anda masih menggunakan metode manual berupa excel atau pencatatan kertas. Itu akan memakan banyak waktu anda untuk pengecheck dan menginputnya. Dijaman yang serba instan ini pastinya Anda ingin semua hal menjadi lebih mudah? Angka bisnis Anda akan lebih fleksibel lagi bila dapat Anda akses di Handphone Anda. Bagaimana caranya? Hadir sebuah sistem pencatatan beecloud yang memiliki dashbourd di smartphone untuk mengecheck angka bisnis Anda secara realtime.

Untuk mencegah efek revolusi ritel terhadap bisnis Anda. Anda juga harus berevolusi mengikut market Anda. Cepat-cepatan menemukan cara terjitu untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dan Anda akan menjadi yang dicari oleh customer Anda dalam memenuhi kebutuhannya. Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :