Jenis Aset Penting yang Wajib Dijaga Perusahaan

Aset merupakan komponen penting yang harus ada dan dijaga oleh perusahaan. Perusahan bisa berjalan dengan baik dalam mengoperasikan usaha dengan peran aset yang dimiliki. Aset tidak melulu berupa harta benda seperti bangunan, peralatan, perlengkapan, dan juga uang tunai saja. Aset perusahaan juga bisa berupa karyawan dan juga pelanggan yang ada dan berperan dalam jalannya usaha. Untuk itulah perusahaan wajib menjaga berbagi aset yang ada, baik yang berupa harta benda maupun yang berupa sumber daya manusia.

Bila ditilik lebih dalam lagi, justru peran karyawan dan pelanggan sebagai aset dalam perusahaan sangat penting. Tanpa keduanya, perusahaan sebagus dan secanggih apapun tak bisa berjalan. Inilah jenis aset yang wajib dijaga oleh perusahan serta alasan kenapa aset ini perlu dipertahankan dalam jalannya usaha.

Karyawan

Karyawan merupakan aset penting yang wajib dijaga oleh perusahaan. Kehadiran karyawan mampu membuat perusahaan berjalan dengan baik dari segi operasionalnya. Untuk itulah kepuasan karyawan terhadap perusahaan sanggat penting untuk menunjang kemajaun usaha. Karyawan yang merasa puas akan melakukan yang terbaik bagi perusahaan dan akan bekerja dengan optimal.

Sebaliknya, ketika karyawan tidak puas dengan apa yang diberikan oleh peusahaan, maka pekerjaan karyawan juga akan asal-asalan dan optimal. Akibatnya, perusahan pun tidak akan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.

Berikut ini beberapa peran dari karyawan yang menjadi alasan mengapa aset karyawan wajib dijaga oleh perusahaan.

  1. Kemampuan karyawan yang optimal mampu meningkatkan daya saing perusahaan. Ketika karyawan memiliki kemampuan yang bagus dalam menjalankan tugasnya, maka secara otomatis kinerja perusahaan pun akan meningkat. Hal ini tentu saja mampu membuat perusahaan memiliki daya saing yang bagus diluar sana.
  2. Karyawan yang kreatif dapat memberikan inovasi baru pada perusahaan dalam menjalankan usaha. Kreativitas yang dimiliki oleh karyawan sedikit banyak dapat mendongkrak kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasi usaha. Ide dari karyawan yang kreatif tentu berimbas positif terhadap kemajuan perusahaan.
  3. Karyawan dapat menjaga citra dan nama baik bagi perusahaan. Setiap karyawan pasti memiliki link untuk keluar baik secara internal maupun eksternal, ketiak karyawan puas dengan perusahaan maka secara otomatis citra dan nama baik perusahaan pun akan ikut baik.

 

Pelanggan

Selain karyawan, perusahaan juga wajib menjaga aset perusahaan yang berupa pelanggan. Tanpa adanya pelanggan, produk sebagus apapun yang dihasilkan perusahaan akan sia-sia dan tak membuahkan hasil. Perusahaan bisa saja kehilangan aset berupa harta atau barang dagangan, namun jika pelanggan masih loyal dan setia, perusahaan masih dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Beberapa peran pelanggan sebagai aset perusahaan yang wajib dijaga antara lain:

  1. Dapat menambah penghasilan dan omzet perusahaan. Pelanggan yang loyal dan setia membeli produk di perusahaan akan membuat pendapatan dan omset perusahaan naik.
  2. Dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan produknya. Dalam hal ini pelanggan akan memberikan insight perusahaan untuk terus berkembang.
  3. Dapat memberikan inspirasi bagi perusahaan untuk terus berinovasi. Pelanggan bisa memberikan masukan untuk perusahaan dalam melakukan inovasi terhadap produk-produk perusahaan.

 

Itulah aset penting yang wajib dijaga oleh perusahaan agar usaha tetap dapat berjalan dengan lancar. Disamping 2 aset penting diatas, perusahaan juga wajib menjaga aset penting lainnya yang berupa harta benda seperti modal, tanah, bangunan, merek, peralatan, dan lain sebagainya. Keseimbangan antara aset materi dan non materi sangat dibutuhkan dalam hal ini untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebarkan manfaatnya :