Jenis-Jenis Akuntansi Dan Contohnya

jenis-jenis-akuntansi-dan-contohnya-image

Akuntansi merupakan suatu proses mencatat, klasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, dari mulai transaksi serta peristiwa yang berhubungan dengan keuangan sampai terbentuknya laporan keuangan dalam Klasifikasi akuntansi mempunyai tujuan dan kegunaan, kegiatannya tersendiri untuk mencapai suatu informasi yang relevan

Tujuan Akuntansi

Tujuan akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan Kegunaan Akuntansi yaitu untuk mendapatkan informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

Kegiatan akuntansi yaitu meliputi identifikasi dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan, pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan dan memberikan informasi kepada pemakai

Laporan Keuangan Dalam Akuntansi 

Dari Hasil proses akuntansi maka terbentuklah suatu laporan keuangan itu sendiri yang meliputi,

  • Neraca
  • Laporan Rugi Laba
  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Perubahan Modal
  • Catatan-catatan atas Laporan Keuangan

Laporan Keuangan tersebut sangat bermanfaat bagi para pemakai baik baik pihak internal dan eksternal. Dengan adanya Laporan Keuangan maka para pemakai dapat mengambil keputusan ekonomi untuk kedepannya. sebagai contoh manajemen perusahaan dengan adanya Laporan Keuangan mereka dapat memutuskan apakah perlu untuk melakukan pembelian aset atau tidak.

Apakah perusahaan telah efisien dan efektif dalam penggunaan aset perusahaan, dan sebagai contoh lain manfaat Laporan Keuangan adalah bagi pihak pemegang saham, laporan ini berguna sebagai informasi apakah mereka berniat membeli atau menjual investasi mereka pada perusahaan tersebut.

Oleh karena itu fungsi laporan keuangan sangat penting sekali sebagai bahan pertimbangan dan bahan pengambil keputusan ekonomi. Setelah Mengetahui definisi akuntansi dan aktivitasnya, sekarang kita akan membahas jenis-jenis akuntansi yang ada.

Jenis-Jenis Akuntansi Dan Contohnya

Sama seperti manajemen akuntansi, Akuntansi juga memiliki jenis – jenisnya dan contohnya, antara lain :

  1. Akuntansi Keuangan adalah bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti hutang (kewajiban), modal(ekuitas) ataupun perubahan aset perusahaan.
  2. Akuntansi Manajemen adalah bidang akuntansi yang memberikan data nyata kepada pihak internal perusahaan (manajemen) sehingga diperlukan untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya.
  3. Akuntansi Biaya adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk menghemat biaya produksi atau biaya-biaya yang lain.
  4. Akuntansi Pajak adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisir pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.
  5. Akuntansi Pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi / laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit dan orang yang mengaudit disebut auditor.
  6. Akuntansi Anggaran adalah bidang akuntansi yang mempelajari penyusunan budgeting atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.
  7. Akuntansi Pemerintahan adalah bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, baik lembaga daerah atau pusat.
  8. Akuntansi Pendidikan adalah bidang akuntansi yang dimana output diarahkan khusus di bidang pendidikan, misalkan untuk menjadi pengajar akuntansi, peneliti atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.
  9. Sistem Akuntansi adalah bidang bidang akuntansi yang berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi / alat-alat pendukungnya. Serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.
  10. Akuntansi Internasional adalah bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah internasional seperti perdagangan internasional yang umum terjadi di perusahaan multi nasional/internasional.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.

Salam Let’s #beefree