Jenis-Jenis Pajak yang Harus Dibayar Pengusaha Bisnis Distributor

Banyak sekali jenis bidang usaha yang bisa ditemui saat ini, salah satunya adalah distribusi atau retail. Jenis usaha ini dideskripsikan sebagai proses menjual barang secara langsung ke tangan konsumen akhir untuk digunakan oleh mereka sendiri. Distributor yang dilakukan dalam skala kecil juga disebut sebagai pengecer.

Sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia menggolongkan pengusaha bisnis distributor sebagai pengusaha kena pajak. Hal ini diatur dalam beberapa pasal, sehingga semua perusahaan yang termasuk kriteria akan terkena peraturan yang berlaku tanpa terkecuali. Jika terjadi pelanggaran, akibat bagi perusahaan tersebut bisa fatal. Di bawah ini, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang berbagai pajak yang harus dibayarkan sehingga akan menghindari kesalahan yang merugikan Anda dan perusahaan.

1. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Ini adalah jenis pajak yang dikenakan pada hampir setiap jenis barang yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam hal distribusi. Setiap barang atau jasa yang diperjualbelikan akan terkena PPN. Karena semua badan usaha yang bergerak di bidang distribusi tergolong sebagai wajib pajak atau pengusaha kena pajak (PKP), maka jenis pajak ini harus dibayarkan sesuai peraturan yang berlaku.

Peraturan Menteri Keuangan nomor 197 tahun 2013 mengatur batas penghasilan pengusaha kecil yang dikenai PPN, yaitu 4,8 miliar Rupiah. Jika omset usaha tidak mencapai jumlah itu, maka usaha tidak wajib melapor dan juga tidak wajib menyetor, memungut, dan melaporkan pajak.

2. Faktur pajak

Jika omzet per tahun suatu pengusaha bisnis distributor mencapai 4,8 miliar Rupiah atau lebih, maka pajak tersebut wajib membuat faktur pajak dan memenuhi jumlah yang tertera di dalamnya. Beberapa jenis faktur pajak yang umum ditemukan adalah nota penjualan, karcis, nota kontan, dan lainnya yang sejenis.

Karena jenis perusahaan distribusi kemungkinan melakukan banyak penyerahan barang dalam jumlah yang satuan, maka akan sulit jika perlakuan yang didapatkan sama seperti perusahaan kena pajak lainnya.

Pengelolaan faktur pajak yang dilakukan oleh perusahaan bisnis distributor mendapatkan pengecualian khusus, yaitu bisa menerbitkan faktur pajak tanpa harus mengikutsertakan identitas pembeli atau nama dan tanda tangan yang biasanya menjadi kewajiban. Karena aturan ini sudah tercantum dalam pasal 20 ayat (1) PP No. 1 Tahun 2012, Anda bisa mengikutinya tanpa takut melakukan kesalahan yang berarti selama transaksi yang dilakukan bersih dan transparan.

3. Withholding Tax

Aspek perpajakan lainnya atau yang juga dikenal dengan sebutan withholding tax adalah pemberian kepercayaan kepada pihak ketiga untuk melaksanakan kewajiban pemotongan atau memungut pajak penghasilan lalu menyerahkannya ke kas negara.

Perusahaan yang melakukan distribusi barang atau jasa tentu saja tidak lepas dari kewajiban ini, antara lain dalam hal pemotongan hingga pemungutan PPh atau pajak penghasilan dengan sistem withholding. Contohnya yaitu kewajiban memotong 2 persen dari jumlah imbalan bruto dalam hal pembayaran kepada penyedia jasa seperti jasa hukum, akuntansi, dan yang sejenisnya.

Selain itu, karyawan yang diperkirakan mendapatkan penghasilan tidak kena pajak lebih dari 54 juta per tahun juga harus mendapatkan pemotongan gaji. Pembayaran sewa gudang dan toko pun dikenakan pajak, yaitu sebesar 10 persen dari jumlah bruto harga sewa.

4. Pajak restoran untuk toko swalayan

Akhir-akhir ini, semakin banyak perusahaan distributor berbentuk mini market yang menyediakan layanan berbentuk ruangan tempat bersantai, makanan, dan minuman. Karena adanya hal ini, tentu saja peraturan perpajakan yang harus dipenuhi juga berubah. Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 mengenakan pajak restoran pada tempat-tempat sedemikian rupa. Produk makanan dan minuman yang dikenakan pada tempat ini bukan lagi PPN, melainkan pajak restoran.

 

Mematuhi pembayaran pajak akan membuat bisnis Anda aman dari ancaman. Dengan demikian, bisnis bisa berkembang dengan pesat serta membawa hasil yang memuaskan.

Sebarkan manfaatnya :