Jurnal Pelaporan Keuangan dan Akuntansi

jurnal-pelaporan-keuangan-dan-akuntansi-photo

Setiap perusahaan barang atau jasa dalam setiap transaksinya pasti memerlukan proses pencatatan. Ada yang melakukannya dengan manual, ada dengan komputerisasi juga ada yang secara lisan. Hal ini bertujuan untuk memantau kemajuan bisnis yang sedang mereka lakukan.

Laporan ini akan dipertanggungjawabkan kepada sang pemilik perusahaan sebagai gambaran umum kemajuan bisnis yang dilakukan dalam suatu periode tertentu. Proses pencatatan, pengeluaran, audit serta pendapatan merupakan dari beberapa jurnal laporan keuangan dan akuntansi.

Tidak hanya pendapatan yang mereka dapatkan, melainkan para pelaku bisnis juga akan mencatat pengeluran untuk beban yang telah ia keluarkan pada suatu periode terrtentu. Diantara beberapa jurnal yang harus dibuat oleh para pelaku bisnis adalah :

  • Jurnal Umum

  • Buku besar

  • Neraca saldo

  • Jurnal penyesuaian

  • Neraca saldo setelah penyesuaian

  • Laporan keuangan perusahaan

  • Jurnal Penutup

  • Neraca saldo setelah penutupan

  • Kesimpulan

CONTOH-CONTOH JURNAL LAPORAN KEUANGAN

Bentuk jurnal umum adalah sebagai berikut :

contoh-jurnal-umum-photo

Bentuk buku besar adalah :

buku-besar-photo

Dalam pencatatan buku besar ini masing-masing akun dalam jurnal umum dibuat dalam laporan berdasarkan jenis akunnya. Angka-angka yang ditulis dalam laporan buku besar ditulis berdasarkan dengan jumlah debit dan jumlah kredit ayat jurnal yang ada dalam jurnal umum. Kolom referensi diisi dengan halaman buku jurnal yang menjadi sumber posting (pemindahbukuan). Kaidah posting ini berlaku untuk jurnal yang lainnya.

Bentuk neraca saldo :

mengenal-software-akuntansi-laporan-neraca-saldo

Dalam penyusunan laporan keuangan dan akuntansi diperlukan ketelitian yang baik. Karena banyaknya jurnal yang harus dilaporkan. Serta jumlah dari laporannya juga harus seimbang dari jurnal yang satu dengan jurnal yang lainnya, karena dalam akuntansi pelaporan secara berkala sangat dibutuhkan untuk rencana ke depan.

Manfaat Laporan Keuangan 

Laporan keuangan bagi perusahaan itu ibarat sebuah raport pada anak sekolah. Jadi jika Anda tidak memiliki raport bisnis Anda. Bagaimana cara Anda untuk menilai bisnis Anda. Apakah bisnis ini mengalami pertumbuhan atau malah sebaliknya. Jadi dengan begitu Anda bisa dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Laporan keuangan ini juga merupakan salah satu indikator tanggung jawab manajemen perusahaan dari direksi hingga ke bawah. Pemilik perusahaan sangat membutuhkan laporan keuangan untuk memprediksi prospek usaha di masa mendatang. Bagi pemilik bisa juga menjadikan ini acuan apakah perusahaan ini akan tetap dipertahankan atau dijual?

Sedangkan bagi calon kreditur contohnya pihak bank dan lembaga keuangan sejenis. Laporan keuangan bagi calon kreditur bisa dipakai untuk mempelajari proyeksi kemampuan perusahaan untuk melunasi pinjaman perusahaan.

Sementara untuk kreditur laporan keuangan akan dipakai untuk menjadi standar evaluasi seberapa jauh kredit atau pinjaman yang diberikan dipergunakan sesuai tujuan dan planning saat peminjaman dana dilakukan. 

Semoga artikel ini dapat membantu bisnis Anda. Dan jangan lupa untuk meng-share artikel ini ke sosial media Anda ya. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree.

 

Sebarkan manfaatnya :