Kelebihan Menggunakan Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

Digital marketing adalah industri yang telah merajalela di sektor bisnis mana pun. Keuntungan dari digital marketing telah merevolusi cara bisnis kecil dan menengah dalam memasarkan produk mereka. Bisa dikatakan, telah terbuka peluang bisnis baru di mana kegiatan pemasarannya berdasarkan pada pasar online. Keuntungan yang dibawa digital marketing sangat besar, sehingga semakin banyak wirausahawan yang memanfaatkannya.

Bagaimana Digital Marketing Memasuki Industri Bisnis Kecil dan Menengah?

Pada awalnya, bisnis kecil dan menengah mengikuti cara pemasaran yang tradisional. Kebanyakan bisnis ini memiliki jangkauan yang sempit, serta merasa cukup puas dengan apa yang telah dicapai sampai mereka mengetahui keuntungan dari digital marketing. Sudah banyak sekali contoh bisnis yang semakin sukses dengan merambah dunia digital marketing. Maka, saatnya Anda mengetahui berbagai keuntungannya dan menerapkannya dalam bisnis Anda.

1. Digital marketing tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Bayangkan suatu keadaan di mana Anda memiliki bisnis yang memberikan konsultasi hukum kepada perusahaan, lalu memasarkan jasa ini dengan membuat sebuah papan iklan besar di tengah kota. Memang Anda akan mendapatkan pelanggan, namun pengeluaran untuk pemasangan papan iklan tersebut mungkin saja jauh lebih besar dari pendapatan.

Jika menerapkan digital marketing dalam bisnis Anda, keuangan bisa dikelola dengan lebih teratur. Saat pemasaran kiranya sudah bisa dikurangi atau ditemukan cara yang lebih efektif baik dari segi modal maupun waktu, Anda bisa langsung mengubahnya.

Selain itu, digital marketing bisa ditujukan kepada kelompok tertentu yang lebih berpotensi menjadi pelanggan sehingga menjadi lebih efektif secara keseluruhan.

2. Anda bisa mencapai jumlah audiens yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Lihatlah contoh papan iklan di paragraph atas tadi. Mungkin papan iklan berukuran besar mendapatkan cukup perhatian, namun jumlah audiens yang bisa Anda jangkau dengan digital marketing jauh lebih besar; bahkan tidak terbayangkan jumlahnya. 

Baca Juga: Manfaat Membangun Brand Identity untuk Bisnis Anda

3. Segala sesuatunya lebih terukur dengan digital marketing.

Asumsikan bahwa Anda memiliki suatu toko perlengkapan rumah tangga. Apakah Anda bisa mengetahui berapa penawaran yang dilakukan setiap hari, berapa banyak orang tertarik pada produk tertentu, dan ada berapa banyak pembelian ulang? Mungkin, Anda bisa mengumpulkan beberapa data. Namun jumlah ini bisa saja melenceng jauh dari keadaan aslinya.

Salah satu keuntungan terbesar digital marketing adalah mengetahui media pemasaran mana yang menghasilkan keuntungan terbesar dan paling menarik minat pelanggan. Bahkan, Anda bisa mengetahui berapa kali suatu tautan di-klik. Adanya alat yang mengukur analitik digital marketing merupakan keuntungan yang luar biasa.

4. Kreativitas bisa mengalahkan pengaruh dari merk ternama.

Bisnis yang baru saja dimulai atau belum terlalu berkembang mungkin merasa bahwa sulit, bahkan tidak mungkin mengalahkan merk ternama dalam hal pemasaran. Namun dalam dunia digital marketing, kreativitas adalah kunci. Kebanyakan audiens dalam dunia digital lebih reseptif terhadap konten yang disajikan secara kreatif daripada merk ternama.

5. Lebih mudah untuk melakukan manajemen konsumen.

Aspek paling penting dalam pemasaran jenis apa pun adalah kepuasan konsumen. Hal ini tidak bisa dicapai tanpa mempertahankan hubungan baik dengan para konsumen. Dalam pemasaran tradisional, hal ini sulit dilakukan karena kurangnya media untuk berkomunikasi.

Keuntungan menggunakan digital marketing yang bisa anda rasakan adalah kemudahan untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Dengan adanya wadah bagi konsumen untuk mengutarakan kritik serta saran mereka, bisnis yang Anda jalankan bisa semakin gigih untuk menyediakan produk atau layanan terbaik demi kepuasan para konsumen.

Sebarkan manfaatnya :