Kenapa Desain Produk itu Penting?

Setiap perusahaan harus selalu meningkatkan kualitas perusahaannya di zaman sekarang yang persiangan antar perusahaan sangat ketat. Kualitas produk yang dihasilkan perusahaan harus ditingkatkan supaya pelanggan tidak berpaling ke produk yang lainnya.

Kita pernah tahu perusahaan besar sekelas coca cola pernah blunder besar dalam meningkatkan kualitas produknya. Dengan mencoba rasa baru yang lebih manis diteskan kepada kumpulan orang untuk memilih produk coca cola yang lama dengan coca cola yang baru dan sebagian besar memilih coca cola baru.

Karena testnya hanya secuil kelompok orang tetapi tetap di coba dan coca cola diganti desainnya dan rasanya semuannya. Alhasil coca cola mengalami penurunan penjualan menukik turun secara drastis bahkan banyak orang mengharapkan coca cola yang lama.

Peningkatan kualitas produk harus secara terus menerus ditingkatkan supaya produk kita bisa bersaing di pasar yang super ketat. Salah satu peningkatan kualitas produk dengan memperbaiki desain produk sehingga menarik konsumen.

Kita ketahui di zaman moderen seperti ini desain yang menarik dan kekinian akan laku di pasaran. Kita ambil contoh desain handpone kekinian, handpone yang laris di pasaran memiliki desain kekinian seperti layar full view, ada notch, bahan pelapis metal dan kaca dan baterai tanam yang disemai di ponsel. Kalo kita masih ngotot menciptakan produk yang tidak berkembang mengikuti konsumen, maka pasar produk kita akan mati secara perlahan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Tour & Travel dengan Mudah

Desain produk yang kekinian dan menarik juga akan mempengaruhi pelanggan untuk melirik produk kita. Desain produk artinya menghasilkan produk baru yang akan dijual secara luas untuk para pelanggan. Desain produk yang baik adalah mendesain produk sesuai keinginan pelanggan dan suatu desain mampu menyampaikan pesan kepada pelanggan dengan cara sederhana.

Jadi penting dalam menciptakan desain produk utuk barang dan jasa kita agar meningkatkan konversi awareness dan penjualan secara signifikan. Ada beberapa cara menciptakan desain produk yang menarik seperti :

1. Desain produk inovatif

Desain produk harus terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Kita ambil contoh suatu handphone dengan desain jadul akan tersingkir secara sendirinya oleh desain produk handphone dengan desain kekinian. kita contoh Iphone yang selalu mengedepankan riset tentang desain yang inovatif maka tak ayal bila iphone menjadi kiblat semua smartphone dalam segi perkembangan desain. Jadi selalu kembangkan produk barang dan jasa anda sesuai dengan perkembangan teknologi dan permintaan pelanggan, desain yang inovatif.

2. Desain produk yang menarik

Dalam mendesain suatu produk harus mengedepankan segi keindahan sehingga para pelanggan akan meliriknya dan moga-moga dibeli. Dengan desain yang menarik maka peluang untuk di lihat akan besar dan berdampak pada pembelian juga. Jadi desainlah produk anda dengan menarik dan indah

3. Desain yang sederhana

Dalam mendesain suatu produk haruslah secara sederhana supaya pelanggan tidak merasa bingung dengan desain yang anda buat. Dengan desain yang sederhana pelanggan merasa produk dan jasa anda terlihat elegan bukan norak.

4. Desain harus fungsional

Percuma desain anda bagus, kekinian, sederhana tetapi tidak laku di pasaran. Sisipkan kalimat yang menjual pada desain produk yang anda jual sehingga pelanggan akan segera membeli produk anda. Peran kalimat marketing sangat penting dalam menunjang desain yang anda buat. Anda mendesain produk supaya barang dan jasa anda laku terjual jadi desain harus memiliki manfaat meningkatkan penjualan anda.

Jadi desain produk penting dikarenakan dengan desain yang menarik dan bagus secara tidak langsung akan memberikan konsumen ketertarikan untuk melihat sehingga meningkatkan konversi penjualan anda.

 

Sebarkan manfaatnya :