Kesalahan Fatal dalam Memulai Bisnis Restoran

Kesalahan Fatal dalam Memulai Bisnis Restoran

Memulai bisnis restoran selalu memiliki risiko. Bahkan sebuah restoran bisa saja gagal dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun setelah dibuka. Kesuksesan sebuah restoran memang ditentukan oleh beberapa faktor seperti strategi pemasaran, lokasi, harga, serta kualitas hidangan. Tidak ada kombinasi yang bisa memastikan kesuksesan sebuah restoran. Namun, ada beberapa kesalahan fatal yang harus Anda hindari untuk meminimalisir kemungkinan gagal. Anda bisa mempelajarinya dalam artikel ini.

1. Berharap akan langsung mendapatkan keuntungan.

Mungkin kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pemula dalam bisnis restoran adalah berharap keuntungan akan datang dalam waktu singkat. Faktanya, pemilik restoran yang sudah berpengalaman akan menyarankan Anda untuk menyediakan cukup dana untuk beroperasi selama setidaknya tiga bulan pertama. Kecuali Anda sudah membuat orang tertarik sebelum restoran buka lewat usaha pemasaran yang agresif dan strategis, kemungkinan besar Anda akan memerlukan dua hingga tiga bulan sampai restoran mendatangkan keuntungan.

Alasan lain mengapa Anda harus siap siaga dalam tiga bulan pertama adalah karena para karyawan memerlukan penyesuaian terhadap tempat kerja baru. Selama masa penyesuaian ini, lakukan berbagai hal yang bisa membantu restoran Anda mencapai kesuksesan seperti cara mengatur konsumen dan menyesuaikan menu pada selera pengunjung. Alokasikan dana yang cukup untuk melakukan usaha-usaha di awal ini, dan restoran anda akan semakin berpeluang untuk sukses. 

Baca Juga: Pastikan Bisnis Online Anda Memiliki Unsur-Unsur Ini!

2. Menghindari peran pemimpin

Sebagai pemilik dari sebuah restoran, tentunya prioritas Anda adalah berusaha agar bisnis berjalan dengan mulus dan mendatangakan keuntungan. Hindari keinginan untuk menjadi “pengikut”, karena berjalannya bisnis ini sangat tergantung pada Anda.

Untuk menjadi pemilik restoran yang baik, Anda harus melatih semua karyawan dengan baik serta membagi tugas secara pantas. Setelah hal itu dilakukan, Anda bisa berfokus pada hal lain seperti mengobservasi aliran dana, menganalisa penjualan, serta menyusun rencana ke depan. Selain itu, memastikan bahwa semua karyawan memiliki tujuan yang sama bisa membawa restoran Anda semakin dekat pada kesuksesan. Untuk mencapai hal itu, Anda harus bisa menjadi pemimpin yang siap mengatur jalannya restoran dan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

3. Tidak menetapkan peraturan perusahaan yang jelas

Ada sangat banyak tugas dan prosedur yang harus dijalankan dalam sebuah bisnis restoran. Karena itulah, Anda harus membuat arahan tertulis yang bisa dipatuhi oleh semua karyawan, termasuk Anda sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya restoran, proses yang ada akan menjadi rutinitas.

Untuk menjalankan sebuah bisnis restoran yang sukses, Anda harus membuat panduan bagi perusahaan yang berisi resep, tugas per divisi, serta tanggung jawab setiap personel dalam restoran. Selain menjadi pedoman bagi karyawan yang sudah ada, panduan ini juga bisa digunakan untuk melatih karyawan baru di masa yang akan datang serta menghindari terbentuknya kebiasaan buruk.

4. Tidak mempertimbangkan reaksi konsumen.

Meskipun memulai sebuah bisnis restoran dan menjalankannya merupakan mimpi Anda, jangan pernah mengabaikan tanggapan konsumen karena konsumen adalah faktor yang paling menentukan kesuksesan sebuah restoran.

Anda bisa mengkreasikan branding, menu, dan konsep restoran sesuka hati, namun perhatikan juga respon konsumen. Setelah berjalan selama beberapa bulan, temui konsumen dan minta tanggapan mereka. Apa pun tanggapan yang Anda terima, pertimbangkanlah dengan baik demi kesuksesan restoran Anda.

5. Menjadikan Grand Opening sebagai permulaan.

Ada banyak kesalahan yang mungkin dibuat oleh pemilik bisnis restoran pemula, namun ini mungkin merupakan yang paling fatal. Pembukaan sebuah restoran bukan waktu untuk merayakan, namun itulah saat yang paling tepat untuk belajar. Lakukan soft opening selama satu atau dua minggu, perbaiki kekurangan yang ada, baru laksanakan grand opening setelah semuanya dirasa siap.

Sebarkan manfaatnya :