Kesalahan Pengusaha dalam Masalah Keuangan

Kesalahan Pengusaha dalam Masalah Keuangan-01

Dalam bisnis apapun, pengelolaan keuangan adalah hal wajib yang harus dikuasai oleh pengusaha. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, maka bisnis beromset berapapun bisa hancur lantaran masalah keuangan yang berantakan. Intinya bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki pengelolaan keuangan yang profesional dan sehat.

Namun pada kenyataannya, masih banyak pengusaha yang belum bisa mengatur keuangan bisnisnya dengan baik. Ada banyak kesalahan yang kerap dilakukan sehingga berdampak buruk pada kesehatan bisnis. Berikut ini adalah kesalahan pengusaha dalam hal keuangan yang masih sering dilakukan.

1. Tidak memiliki planning keuangan yang baik

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan oleh pengusaha adalah tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Perencanaan terhadap bisnis memang wajib dilakukan, namun sebaiknya Anda juga tidak melupakan perencanaan terhadap keuangan bisnis. Dengan perencanaan keuangan yang matang, maka Anda lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Anda tak perlu takut atau ragu dalam mengeluarkan modal karena semua sudah ada hitungannya.

2. Manajemen arus kas perusahaan buruk

Gagalnya bisnis juga bisa disebabkan oleh manajemen arus kas perusahaan yang buruk. Dalam hal ini, pengusaha kurang memahami pentingnya arus kas perusahaan. Padahal jika masalah arus kas bisa dikelola dengan baik, maka bisnis pun berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, sebagai pengusaha Anda harus memiliki prosedur yang ketat dalam pengeluaran kas agar bisnis berkembang dengan baik.

3. Tidak memiliki tenaga ahli keuangan yang handal

Kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh pengusaha adalah tidak memiliki tenaga ahli keuangan yang handal. Banyak pengusaha yang merasa tak mampu menyewa jasa akuntan profesional untuk perusahaannya, padahal hal ini sangat penting. Alhasil, manajamen dan laporan keuangan perusahaan pun menjadi buruk karena tak ada yang ahli di bidang ini.

4. Minimnya pengetahuan tentang akuntansi

Pengusaha juga sering tidak memahami akuntansi dengan baik. Mungkin akuntansi bukan bidang yang Anda geluti, namun palimg tidak Anda wajib mengetahui hal-hal mendasar mengenai keangan dan akuntansi demi keselamatan usaha yang Anda lakoni. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mempelajari sedikit ilmu tentang akuntansi supaya Anda tahu jika terjadi hal yang kurang beres dalam keuangan bisnis Anda.

5. Tidak memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis

Hal yang juga sering menjadi kesalahan pengusaha adalah tidak memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Alhasil, banyak uang yang ‘hilang’ lantaran ‘dipinjam’ untuk kepentingan pribadi namun lupa tidak mengembalikan atau sebaliknya. Ini yang membuat keuangan perusahaan Anda kacau balau.

6. Tidak pernah melakukan pengecekan secara real cash

Selain itu, pengusaha juga sering malas atau lupa melakukan pengecekan secara real cash atau langsung. Anda tak boleh percaya begitu saja terhadap laporan keuangan yang tertulis, untuk itu Anda perlu mengecek langsung apakah laporan yang tertulis benar-benar sesuai dengan kenyataan. Jadi setiap awal bulan sebaiknya meminta rekening koran dari bank lalu mengecek langsung apakah sesuai dengan laporan keuangan yang tertulis.

 

Meski terlihat sepele, namun kesalahan dalam pengelolaan keuangan dapat menghancurkan bisnis. Seebesar apapun omset yang Anda miliki, namun jika masalah keuangannya berantakan, maka bisnis Anda pun bisa berada di ujung tanduk. Oleh karena itu pastikan Anda menghindari 6 kesalahan diatas dan jika terlanjur melakukan kesalahan maka segera carilah solusi atas kesalahan tersebut agar keuangan bisnis menjadi stabil. Semoga bermanfaat.