Keuntungan dan Kerugian Membuka Bisnis Franchise

Membuka bisnis waralaba merupakan cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda sendiri tanpa harus memulai dari nol. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuka bisnis sendiri atau membuka waralaba, jadikan keuntungan bisnis waralaba yang ada di bawah ini sebagai pertimbangan sehingga Anda akan lebih mudah menentukan pilihan.

1. Risiko lebih kecil

Jika Anda membeli bisnis franchise, kemungkinan gagal jelas lebih kecil dibandingkan dengan memulai bisnis Anda sendiri karena konsep bisnis sudah ada dan teruji di pasaran. Maka dari itu, kekurangan yang mungkin ada sudah diminimalisir sehingga lebih sedikit kemungkinan gagal.

Persentase pemilik usaha franchise yang gagal dalam tiga tahun pertama kurang dari tujuh persen, dan ini merupakan jumlah yang sangat kecil dibandingkan dengan bisnis startup yang tingkat kegagalannya mencapai 90 persen.

2. Memiliki keuntungan dalam persaingan.

Membuka bisnis franchise bisa membantu pengusaha kecil untuk bersaing dengan pengusaha yang sudah lebih berpengalaman. Kumpulan beberapa usaha franchise yang sudah mendapat pengakuan bisa saja memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan usaha startup dengan skala yang sama.

Produk, sistem, dan perlengkapan yang dimiliki oleh bisnis franchise telah diuji sebelumnya sehingga penerimaan konsumen akan lebih cepat tercapai.

3. Pelatihan karyawan dan dukungan

Dengan program pelatihan pemilik franchise maupun karyawan yang standar, pembelajaran tentang sistem dalam bisnis franchise bisa dilakukan dalam waktu yang relative singkat sehingga meningkatkan peluang sukses.

Jika Anda membuka bisnis franchise, Anda bisa belajar dari pengalaman manajemen serta administrasi yang sudah ada. Selain itu, masalah yang ada bisa mendapat penanganan secara cepat dan pasti.

4. Tidak membutuhkan pengalaman

Mengelola sebuah bisnis franchise tidak memerlukan banyak pengalaman sebelumnya. Semua kekurangan dan ketidaktahuan dalam berbisnis bisa diatasi dengan pelatihan yang disediakan oleh pemilik franchise.

5. Bisnis akan lebih cepat berkembang.

Saat Anda membuka bisnis franchise yang sudah ternama, tentu saja sudah banyak orang yang mengenali merk dagang tersebut sehingga lebih mudah untuk menarik pelanggan dan mendapatkan pemasukan yang diharapkan.

6. Sumber daya yang terpusat.

Karena memiliki dasar sebuah organisasi yang sudah berkembang, maka bisnis franchise tentunya akan mendapat keuntungan dalam hal pemasaran, pengiklanan, dan promosi. Sebuah franchise bisa berfokus pada penjualan barang-barang, dan di saat yang sama menerima keuntungan berupa pemasaran “gratis” dari pihak pusat.

Kerugian Membuka Bisnis Franchise

Walaupun memiliki banyak keuntungan, namun perlu disadari bahwa tidak ada bisnis yang tidak memiliki kerugian, termasuk dalam hal bisnis franchise. Di bawah ini adalah beberapa kerugian yang harus siap Anda hadapi ketika memutuskan membuka bisnis franchise. Meskipun demikian, jangan biarkan kerugian ini menghalangi Anda karena tentunya bisnis franchise telah terbukti bisa mendatangkan keuntungan berlipat.

  1. Biaya lebih tinggi dari yang diprediksi. Selain membeli merk dagang di awal, Anda tetap harus membayar biaya layanan manajemen serta “setia” pada produk-produk yang berasal dari pusat.
  2. Kontrak franchise biasanya memiliki beberapa Batasan tentang bagaimana menjalankan suatu bisnis. Mungkin saja Anda tidak bisa melakukan perubahan untuk menyesuaikan dengan konsumen lokal.
  3. Pada suatu titik, mungkin saja Anda merasa intervensi dari pihak pusat terlalu mengganggu.
  4. Tidak tertutup kemungkinan pusat bisnis franchise mengalami kerugian.
  5. Cabang bisnis franchise yang lain mungkin saja membuat merk tertentu memiliki reputasi buruk.
  6. Jika suatu saat Anda memutuskan untuk menjual bisnis franchise Anda, harus didapatkan persetujuan dari pusat.
  7. Keuntungan yang Anda peroleh tidak sepenuhnya milik Anda.
  8. Bisnis franchise cenderung tidak fleksibel. Anda tidak bisa sesuka hati mengubah aspek-aspek tertentu untuk merespon perkembangan pasar atau mengembangkan bisnis.

Sebarkan manfaatnya :