Keuntungan Memiliki Sales Funnel dalam Bisnis Anda

Sales funnel merupakan sebuah rute yang ditempuh oleh para pelanggan dalam proses penjualan Anda. Sales funnel menuntun calon pelanggan dari tahap pengenalan produk atau layanan hingga tahap akhir yang mengarahkan mereka pada keputusan untuk membeli. Proses ini juga disebut dengan proses konversi. Konversi yang dimaksud bisa berupa keputusan membeli, membuat akun, mengunduh dokumen, maupun menghadiri seminar web.

Memperhatikan jalannya sales funnel dalam perusahaan Anda akan membantu dalam memaksimalkan keuntungan dari setiap pembeli. Untuk mengarahkan calon konsumen pada keputusan membeli, Anda bisa menawarkan hal-hal menarik seiring dengan proses mereka menuju keputusan. Sales funnel hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan tingkat konversi dan pendapatan.

1. Sales funnel memperkenalkan bisnis Anda kepada pelanggan secara bertahap.

Permulaan dari sebuah sales funnel bisa berupa penawaran produk-produk atau berlangganan layanan secara gratis, lalu mengerucut menjadi penawaran yang berbayar. Pada tahap awal, sebaiknya perkenalkan semua aspek positif dari bisnis yang Anda jalankan, misalnya berikan produk gratis atau masa percobaan untuk software berbayar.

Dengan cara ini, ketertarikan calon konsumen akan meningkat. Pengalaman baik yang mereka dapatkan dari berbagai “sample” itu akan membuat mereka mau membayar lebih untuk mendapatkan produk atau layanan yang lebih baik.

2. Sales Funnel akan meningkatkan keuntungan dari penjualan.

Bayangkan suatu keadaan di mana Anda menjual sebuah barang seharga 1 juta Rupiah. Jika anda berhasil menjualnya 200 kali, maka total pendapatan Anda akan menjadi 200 juta Rupiah. Namun, apakah Anda pernah memikirkan keuntungan yang bisa didapatkan jika barang yang sama bisa dijual dengan harga lebih tinggi, namun tetap menarik konsumen? Tentu saja hal ini bisa terjadi.

Maka, akan rugi jika Anda tidak memiliki sales funnel dalam bisnis Anda. Anda tak perlu menyelesaikan semuanya di awal, namun paling tidak rencanakanlah sehingga Anda siap saat dibutuhkan.

3. Menerapkan sales funnel akan meningkatkan tingkat konversi.

Yang dimaksud tingkat konversi adalah jumlah pengunjung situs yang memutuskan membeli produk atau layanan sehingga status mereka menjadi pembeli. Seiring dengan berjalannya calon pelanggan ke dasar sales funnel, jumlah mereka akan berkurang. Namun, jumlah calon pelanggan yang semakin sedikit itu memiliki kemungkinan lebih besar untuk memutuskan menggunakan produk atau layanan Anda

Walaupun “kehilangan” calon pelanggan di tahap awal sales funnel, pada akhirnya Anda harus fokus terhadap calon pelanggan yang lebih berminat kepada hal yang Anda tawarkan dan bersedia membayar sesuai kualitas yang mereka dapatkan.

4. Memprediksi volume penjualan.

Pemasaran online tidak bisa lepas dari angka-angka. Dalam setiap fase pemasaran, Anda bisa memperkirakan jumlah konsumen potensial dan menggunakan angka itu untuk memprediksi persentase orang yang akan membeli produk atau layanan Anda.

5. Sales funnel akan menunjukkan produk atau layanan yang tidak laku terjual.

Dengan mendapatkan jumlah produk atau layanan yang terjual, Anda bisa mengetahui berapa persen yang tidak terjual atau kurang menarik minat calon konsumen. Dari data ini, Anda bisa membuat penyesuaian pada rencana maupun produk dan layanan untuk memperbaikinya

Selain itu, bisa juga produk yang sudah ada diganti atau ditarik dari peredaran. Kesempatan untuk memperbaiki berjalannya bisnis ini juga merupakan alasan kuat mengapa Anda sebaiknya memanfaatkan adanya sales funnel dalam bisnis online.

6. Membantu mengidentifikasi masalah yang ada.

Terakhir namun penting, adanya sales funnel akan membantu Anda melacak di mana konsumen “meninggalkan” sales funnel dan memutuskan untuk tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki produk atau layanan sehingga potensi lakunya produk semakin besar.

Sebarkan manfaatnya :