Kiat Sukses Memulai Wirausaha dari Nol

Saat Anda ingin memulai wirausaha, tentunya Anda akan mencari saran dari berbagai pihak. Namun tergantung dari sumber yang Anda percaya, informasi yang Anda dapatkan bisa berbeda-beda sehingga memilih yang paling cocok bisa jadi membingungkan.

Sebenarnya, tidak ada rumus pasti yang bisa memastikan suksesnya wirausaha Anda. Daripada mencari tips yang sudah umum, simak beberapa poin di bawah ini untuk menemukan tips sukses berwirausaha.

1. Jangan terlalu banyak mencari alasan.

Banyak orang yang bermimpi menjadi wirausahawan sukses, tetapi tidak pernah berhasil. Mengapa? Mereka terlalu banyak mencari alasan dan takut untuk gagal. Dari maslah keuangan hingga tanggung jawab, memang selalu ada alasan untuk tidak memulai berwirausaha. Namun jika ingin sukses, maka Anda harus menghadapi kenyataan bahwa memimpin perusahaan Anda sendiri memang sulit. Sebaiknya jangan biarkan kekhawatiran menghambat Anda karena banyak hal baik yang akan Anda temui sepanjang perkembangan bisnis. Daripada membiarkan kecemasan menghalangi, lebih baik mencari solusi.

2. Serap ilmu dari mana saja

Dalam mengembangkan sebuah bisnis wirausaha, Anda tidak boleh merasa sudah tahu segalanya karena seberapa banyak pun pengalaman Anda, pasti ada hal yang belum pernah Anda ketahui. Saat ingin menambah pengetahuan tentang tujuan Anda mengembangkan bisnis wirausaha, serap informasi dari segala sumber terpercaya yang bisa Anda dapatkan.

Saat Anda memberi tahu orang tentang wirausaha yang akan Anda mulai, baca Bahasa tubuh mereka. Apakah mereka terlihat antusias, atau hanya berpura-pura mendukung karena merasa Anda berada di jalur yang salah? Selalu minta pendengar untuk jujur dengan Anda karena opini mereka lah yang juga akan ikut menentukan kesuksesan wirausaha. Jangan pernah meremehkan kekuatan saran dari para ahli dan pemilik bisnis yang sudah berpengalaman. Mereka pasti mengetahui apa yang akan berhasil maupun yang tidak. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari pengalaman mereka sehingga tidak akan terjadi hal buruk yang sama.

3. Jangan membuat rencana yang terlalu rumit di awal.

Jika Anda seperti kebanyakan calon wirausahawan, kemungkinan Anda sudah memiliki ide untuk bisnis dan siap memulainya. Namun, jangan pernah tergiur untuk merencanakan sesuatu yang terlalu rumit sebelum memulai. Bisa saja Anda malah membuat suatu produk yang terlalu mahal dan tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Sebagai pemilik bisnis baru, cobalah memulai dari kecil dan fokus pada hal yang penting. Sebagai langkah awal, perhatikan apa yang menjadi keinginan konsumen dan jangan melenceng dari hal itu.

4. Hitung semua biaya.

Begitu Anda mulai mengembangkan ide bisnis, hitunglah berapa biaya yang akan diperlukan. Anda perlu memperhitungkan semua pengeluaran yang penting untuk meluncurkan dan menjalankan bisnis. Beberapa hal pokok yang harus dipertimbangkan adalah sewa tempat, pasokan barang, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Berapa pun dana yang Anda perhitungkan, paling tidak persiapkan dana empat kali lipatnya untuk mengantisipasi kejadian di masa yang akan datang. Lebih baik siap sejak dini daripada kewalahan saat ada kebutuhan nantinya. Jangan lupa memperhitungkan biaya hidup Anda sendiri. Setelah memperhitungkan semuanya, mulailah membuat anggaran bisnis. Jangan takut untuk membuat sedikit pinjaman di awal, namun berusahalah untuk mendapat keuntungan.

5. Dapatkan pemasukan sembari membangun bisnis.

Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis wirausaha, jangan dulu meninggalkan pekerjaan utama Anda. Membuat perusahaan startup adalah sebuah proses yang lumayan panjang. Bangun usaha Anda secara bertahap dan lakukan transisi perlahan dari karyawan menjadi wirausahawan. Mungkin sulit mendapatkan banyak pemasukan pada awalnya, namun jika semuanya berjalan lancar, Anda akan semakin cepat sukses memiliki wirausaha kebanggaan.

Dari cara di atas, Anda mungkin punya cara tersendiri untuk memulai usaha. Tapi semua tergantung dari pribadi masing-masing.

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, jika Anda punya tambahan, silahkan komen yaa

Sebarkan manfaatnya :