Konsep dan Contoh Materi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan salah satu bagian dari ilmu manajemen. Meskipun demikian, ilmu manajemen keuangan sangat luas. Banyak yang mengartikan bahwa manajemen keuangan hanya merupakan kegiatan catat mencatat laporan keuangan dan menjadi tanggung jawab bidang keuangan saja, tapi faktanya lebih luas dari itu.

Manajemen keuangan meliputi seluruh aktivitas organisasi dalam rangka mendapatkan, mengalokasikan, serta menggunakan dana secara efektif dan efisien. Tidak hanya cara mendapatkan dana saja, namun juga bagaimana cara menggunakan dan mengolah dana tersebut.

Prinsip Manajemen Keuangan

Mengingat luasnya cakupan manajemen keuangan, ada beberapa prinsip keuangan yang mendasari manajemen keuangan, antara lain:

  • Prinsip Konsistensi

Kebijakan dalam mengelola keuangan perusahaan atau organisasi hendaknya dilakukan dengan konsisten dan tidak berubah-ubah. Jika terpaksa dilakukan perubahan pun, harus disertai alasan yang rigid dan jelas supaya tidak membingungkan.

  • Prinsip Akuntabilitas

Merupakan kewajiban hukum dan moral dalam memberikan penjelasan mengenai penggunaan dana atau kewenangan yang telah diberikan. Masing-masing individu maupun perusahan harus dapat menjelaskan secara rinci mengenai penggunaan dan hal-hal yang berkaitan dengan ini.

  • Prinsip Transparansi

Keterbukaan pihak manajemen untuk memberikan informasi mengenai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, supaya tidak terjadi kesalahpahaman atau manipulasi di masa depan.

  • Prinsip Kelangsungan Hidup

Salah satu upaya menjaga kesehatan keuangan perusahaan atau organisasi dengan menyesuaikan antara biaya operasional dengan dana yang tersedia.

  • Prinsip Integritas

Setiap orang atau individu wajib memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan operasional perusahaan. Terbukti dengan laporan keuangan tersaji lengkap dan akurat.

  • Prinsip Pengelolaan

Manajemen kauangan harus dapat mengelola dana yang ada dengan baik dan benar yang sesuai dengan karakter organisasi atau perusahaan.

  • Prinsip Standar Akuntansi

Sistem akuntansi yang diinginkan harus sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang  berlaku secara umum.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki 3 konsep atau kegiatan utama, yaitu:

  1. Perolehan Dana, yaitu seluruh aktivitas yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana, baik yang berasal dari internal perusahaan maupun bersumber dari eksternal perusahaan
  2. Penggunaan Dana, berupa kegiatan dalam menggunakan dan menginvestasikan dana yang ada ke dalam beberapa bentuk aset
  3. Pengelolaan Aset (Aktiva), segala kegiatan yang dilakukan ketika dana telah didapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan kedalam bentuk aset (aktiva), dalam hal ini dana harus dikelola secara efektif dan efisien.

Konsep manajemen keuangan terdiri dari 3 dasar yaitu keputusan tentang pendanaan, investasi, dan juga pengelolaan aset.

Tujuan Manajemen Keuangan

Salah satu tujuan dari didirikannya perusahaan adalah untuk memaksimalkan atau menambah kesejahteraan perusahaan, dan disinilah manajemen keuangan menunjukkan fungsinya, yaitu memaksimalkan nilai dari perusahaan.

Manajemen perusahaan harus dapat menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting, sehingga potensi rugi dari perusahaan dapat diminimalisir.

Fungsi Manajemen Keuangan

Di dalam pengelolaan keuangan perusahaan, menajamen keuangan memiliki beberapa fungsi yang diantaranya:

1. Keputusan Investasi

Dalam keputusan investasi, manajemen harus bijak dalam memutuskan bentuk investasi. Apakah dana akan diinvestasikan dalam bentuk surat berharga, pembelian aset, atau apaupn harus diputuskan secara jelas, tepat, dan profesional.

2. Keputusan Pendanaan

Dalam hal ini manajemen keuangan berfungsi untuk mempelajari segala sumber dana perusahaan baik penambahan uatang maupun modal. Sebisa mungkin biaya yang dikeluarkan sedikit namun bisa menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya sesuai dengan prinsip ekonomi.

3. Keputusan Dividen

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan fungsi manajemen keuangan sebagai keputusan dividen, yaitu:

  1. Besarnya laba yang akan dibagikan kepada pemilik dalam bentuk kas
  2. Tingkat stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh manajemen
  3. Dividen saham
  4. Pemecahan saham
  5. Penarikan saham yang telah beredar

Itulah beberapa hal yang bsia disampaikan terkait manajemen keuangan dan konsep-konsepnya. Semoga bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan dengan lebih baik. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :