Kupas Tuntas Manfaat Akuntansi Bagi Perusahaan Anda

kupas-tuntas-manfaat-akuntansi-bagi-perusahaan-photo

Pengertian Akuntansi 

Akuntansi adalah proses yang terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kegiatan ekonomi dari suatu perusahaan terhadap pengguna yang membutuhkan informasi tersebut.

Akuntansi merupakan bahasa bisnis yang meringkas transaksi keuangan perusahaan menjadi laporan yang dapat digunakan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan.

Pihak yang membutuhkan ini terbagi menjadi dua kelompok besar, yakni pihak internal maupun pihak eksternal. Pihak internal terdiri atas pekerja di bagian keuangan, pemasaran, manajemen, hingga human resources.

Pihak eksternal adalah mereka yang berada di luar perusahaan yang menginginkan laporan keuangan perusahaan untuk urusan bisnis, seperti investor dan kreditur.

Manfaat Akuntansi bagi Pihak Internal

Pihak internal memanfaatkan data akuntansi untuk menjalankan tugas perusahaan.

Pada bagian keuangan data akuntansi berfungsi memberikan informasi kepada mereka apakah asset perusahaan cukup untuk membayar dividen kepada para pemegang saham perusahaan atau tidak,.

Kemudian data akuntansi juga dapat digunakan sebagai alat perkiraan mengenai berapa asset yang dibutuhkan perusahaan untuk kembali beroperasi di tahun berikutnya.

Di bagian pemasaran data akuntansi berfungsi sebagai standar target keuntungan perusahaan, mereka memperhitungkan berapakah harga yang seharusnya ditetapkan untuk menjual produk perusahaan. Yang dapat menarik konsumen tetapi tetap memaksimumkan keuntungan perusahaan.

Selanjutnya bagian human resources pun juga memanfaatkan data akuntansi untuk memperhitungkan apakah di tahun ini mereka mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan perusahaan melalui peningkatan upah pekerja atau tidak.

Terakhir di bagian manajemen data akuntansi digunakan untuk mengatur manajemen perusahaan. Mulai dari perencanaan produk yang paling diminati konsumen dan profitable bagi perusahaan.

Perhitungan biaya pekerja, perhitungan biaya produksi, perkiraan keuntungan perusahaan melalui strategi pemasaran yang digunakan, hingga pemberhentian kegiatan produksi yang dinilai sudah tidak profitable bagi perusahaan.

Manfaat Akuntansi bagi Pihak Eksternal

Pihak eksternal memanfaatkan data akuntansi untuk kepentingan bisnis yang berkaitan dengan perusahaan. Dua tipikal pihak eksternal yang paling umum ialah investor dan kreditur.

Investor memanfaatkan data akuntansi perusahaan untuk mengambil keputusan apakah ia akan berinvestasi pada perusahaan tersebut atau tidak.

Serta apakah menguntungkan untuk bertahan dengan perusahaan tersebut atau lebih baik memutuskan hubungan bisnis dengan perusahaan yang dinilai sudah tidak memberi return yang baik bagi investor.

Sedangkan kreditur memanfaatkan data akuntansi perusahaan untuk menilai kredibilitas perusahaan.  Apakah perusahaan pada nantinya mampu membayar hutang kepada kreditur dan layak untuk diberi pinjaman atau tidak.

Sebab data akuntansi juga dapat menjadi tolak ukur kemajuan perusahaan di mana ketika perusahaan mampu menyajikan informasi keuangan yang valid, rapi, dan akurat. Maka perusahaan tersebut tergolong sebagai perusahaan yang maju dan memiliki resiko yang kecil bagi kreditur yang hendak meminjamkan dana pada perusahaan tersebut.

Data akuntansi yang biasa digunakan bagi pihak eksternal adalah akuntansi keuangan yang merekap transaksi bisnis dari suatu perusahaan.

Secara umum, manfaat dari kegiatan akuntasi adalah mempermudah kegiatan ekonomi terutama transaksi dalam bisnis secara agregat yang diperuntukkan baik bagi internal perusahaan maupun pihak luar perusahaan yang memiliki kepentingan dengan perusahaan.

Akuntansi dapat digunakan sebagai alat yang membantu memberikan informasi dalam proses perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, pengendalian, serta pengawasan kegiatan usaha. Akuntansi juga merupakan alat pertanggungjawaban.

Keseimbangan dalam pemasukan dan pengeluaran berdasarkan kebijakan yang dibuat perusahaan menunjukkan berjalannya transaksi bisnis yang jujur. Terpenuhinya hak dan kewajiban pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan pun dapat dilihat dari data akuntansi.

Sekian artikel mengenai kupas tuntas manfaat akuntansi. Jangan ragu untuk share ke sosial media Anda agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Ingat ya , banyak berbagi banyak rejeki hehe. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :