Langkah-Langkah Melakukan Analisis Pasar

Apakah semua keputusan yang diambil oleh bisnis Anda sudah tepat? Jika belum, kemungkinan Anda membawa bisnis Anda menuju kegagalan tanpa menyadarinya. Untuk menghindari hal itu, melakukan analisis pasar bisa membantu Anda membuat rencana bisnis yang mengarahkan Anda pada kesuksesan. Anda bisa mengetahui produk atau jasa apa saja yang paling mendatangkan keuntungan serta mana yang tidak. Di bawah ini, Anda bisa mempelajari langkah-langkah melakukan analisis pasar yang efektif.

1. Tentukan tujuan melakukan analisis pasar.

Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi alasan suatu bisnis melakukan analisis pasar. Salah satu alasan paling umum adalah untuk mengurangi masalah dan menciptakan peluang. Dalam analisis pasar, masalah yang pernah ada di masa lalu ditinjau kembali untuk mencegahnya terulang kembali di masa depan.

Sebelum melakukan analisis pasar, tentukan apakah analisis itu ditujukan untuk kepentingan internal atau eksternal. Tergantung kepentingan mana yang Anda pilih, Anda bisa menggunakan hasilnya untuk meningkatkan kinerja serta membuat strategi untuk berjalannya bisnis di masa depan. Hal ini juga bisa menguntungkan dalam kerjasama dengan pihak lain, di mana pihak lain itu tentunya akan lebih percaya dengan Anda ketika bisnis Anda memiliki pandangan dan rencana yang jelas.

Baca Juga: Apa sih Bedanya Omset dengan Profit?

 

2. Tentukan target konsumen.

Tidak semua orang akan menjadi konsumen Anda, dan hal itu sebenarnya bukan masalah. Dengan berfokus kepada satu target pasar, Anda akan memiliki konsumen setia. Sebelum memulai analisis pasar, perkirakan siapa target konsumen Anda. Setelah itu, cari tahu tentang kebutuhan, ketertarikan, serta demografi atau lokasi mereka. Untuk membuat data yang ada lebih mudah dipahami, kategorikan target konsumen Anda ke dalam beberapa kelompok. Sebagai contoh, jika Anda membuka bisnis perbaikan komputer, pisahkan konsumen ke dalam kategori pelanggan rumah dan kantor.

3. Kumpulkan data untuk melakukan analisis pasar.

Informasi merupakan teman terbaik Anda dalam melakukan analisis pasar. Semakin banyak data yang Anda kumpulkan, semakin berguna hasil yang akan Anda dapatkan. Laporan yang Anda buat harus objektif, faktual, dan relevan karena akan berpengaruh terhadap kepercayaan pihak lain terhadap bisnis Anda.

Anda bisa menggali informasi dari situs dan jurnal perdagangan, artikel dari berbagai sumber, wawancara konsumen secara langsung, serta melihat kekuatan dan kelemahan dari kompetitor.

4. Lakukan analisis terhadap informasi yang Anda kumpulkan.

Informasi yang telah Anda kumpulkan sebaiknya dikumpulkan dalam bentuk laporan agar lebih mudah untuk dianalisis dan diaplikasikan. Anda bisa memprediksi akan seberapa baik penjualan produk tersebut, siklus keuangan yang akan terjadi, serta keuntungan yang akan didapatkan.

Beberapa hal yang harus ada dalam analisis pasar Anda adalah gambaran umum tentang bisnis Anda, karakteristik target pasar, prediksi keuntungan, serta bagaimana bisnis Anda akan memenuhi semua peraturan yang ada.

5. Gunakan hasil analisis pasar untuk mengembangkan bisnis Anda.

Karena Anda sudah menggunakan banyak waktu dan usaha untuk melakukan analisis pasar, pastikan analisis tersebut berguna untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya. Gunakan untuk membangun kepercayaan dari sumber dana, atau gunakan sebagai dasar untuk memperbaiki jalannya bisnis.

Memang banyak halangan yang akan menyertai jalannya perkembangan bisnis Anda, namun adanya niat untuk melakukan analisis pasar yang sesuai akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk mengatasinya sebelum masalah itu benar-benar datang. Banyak tahap yang harus dilalui dalam membangun sebuah bisnis, mulai dari pengenalan produk baru hingga memperluas jangkauan. Dalam tahap mana pun Anda berada, analisis pasar akan membantu bisnis Anda berkembang ke arah yang lebih baik.

Sebarkan manfaatnya :