Langkah-Langkah Melakukan Proses Audit yang Wajib Anda Lakukan

Di berbagai perusahaan besar pasti kita jumpai jabatan sebagai audit perusahaan. Posisi jabatan tersebut pasti banyak yang kesal dan marah dikarenakan ketelitiannya dalam mencari kesalahan di perusahaan tersebut.

Tak banyak pula tekanan yang dialami auditor di sebuah perusahaan sehingga membuat frustasi dan memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut. Audit dilaksanakan dan dikembangkan dikarenakan audit memberi banyak faedah bagi perusahaan.

Audit adalah suatu kegiatan pemeriksaan atas beberapa laporan keuangan yang dihasilkan oleh suatu individu, bisnis dan organisasi. Dalam pelaksanaan audit terdapat rangkaian tata cara dan langkah-langkah yang disebut dengan proses audit. Audit ada dua tipe yaitu audit internal dan audit eksternal.

  • Audit internal dilaksanakan oleh karyawan dalam yang berada dilingkup perusahaan. Misal di perusahaan tekstil pasti ada bagian auditor yang melakukan pencarian kesalahan kepada karyawan lainnya, setelah itu dilaporkan kepada kepala auditor perusahaan. Laporan bisa berupa foto, keterangan tertulis, sehingga bagi perusahaan akan mencari solusi untuk kesalahan tersebut.
  • Audit Eksternal dilaksanakan oleh pihak dari luar perusahaan atau kantor akuntan publik dan badan pengawas keuangan. Hasil audit akan akan diserahkan kepada perusahaan agar dicarikan solusi. Misal BPK melakukan audit kepada rumah sakit tertentu, maka akan diaudit secara keuangan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak rumah sakit tersebut.

Ada beberapa langkah dalam melakukan proses audit supaya proses ini berjalan secara baik dan benar. Contoh langkah ini dilakukan oleh auditor eksternal yang akan melakukan audit kepada perusahaan, ada enam langkah dalam proses audit secara ringkas seperti :

1. Mencari dokumen yang dibutuhkan

Langkah pertama dalam proses audit yaitu pihak auditor akan mendatangi klien untuk meminta beberapa dokumen bersinggungan dengan proses audit. Auditor yang profesional sudah pasti sudah akan mengirimkan beberapa daftar dokumen yang akan dia audit.

Ada beberapa dokumen wajib yang dibutuhkan dalam proses audit seperti dokumen rekening koran, buku besar dan nota keuangan. Auditor juga akan meminta bagan organisasi klien bersama dengan daftar nama dewan dan petinggi komite terkait.

2. Persiapan audit

Para auditor akan memeriksa beberapa informasi yang ada di dalam dokumen yang dibutuhkan dan akan merencanakan bagaimana tata cara proses audit. Para auditor akan mengadakan workshop resiko yang disusun oleh tim audit sebagai persiapan dalam melakukan audit perusahaan.

Baca Juga: Berikut 8 Tanda Bisnis Anda Mengalami Kerugian

Dalam workshop resiko dilakukan oleh tim audit untuk mengetahui berbagai masalah yang akan hadir saat proses audit dilakukan. Setelah workshop resiko dilakukan lalu auditor akan menyusun acara audit sesuai workshop yang dilakukan tim audit.

3. Membuat rencana rapat terbuka

Auditor perlu untuk menggelar rapat terbuka supaya kejelasan proses audit bisa dipahami para pegawai perusahaan. Auditor bisa mengundang manajeman senior, staf administrasi utama dan general affair. Dalam rapat terbuka tersebut auditor akan menjelaskan proses audit tersebut, bagaimana lama waktunya dan masalah lain pada saat melakukan proses audit.

setiap kepala bagian di wajibkan untuk memberitahu staf bawahannya tebtang adanya wawancara dengan pihak auditor.

4. Kerja di lapangan

Auditor mengambil informasi yang dapat diserap pada gelaran rapat terbuka dan menggunakannya di rencana audit.kerja di lapangan dilaksanakan setelah berkomunikasi dengan para anggota staf dan akan meninjau tata cara dan proses audit tersebut.

Auditor akan menguji ketaatan klie terhadap pencatatan dan pelaporan keuangan sesuai dengan PSAK. Kontrol di dalam akan terus disempurnakan untuk memastikan bahwa auditor tersebut benar-benar menjalankan tugasnya. Auditor bisa bertukar pikiran pada suatu problem saat beberapa masalah di hadapi kliennya supaya mendapatkan timbal balik.

5. Menyusun laporan

Auditor menyusun laporan audit yang berisi temuan-temuan masalah saat proses audit tersebut. Dalam laporan tersebut auditor akan merangkum segala kelalaian berupa temuan material dan non material dan temuan lainya.

Auditor akan menulis komentar bersinggungan dengan temuan audit dan menyerahkan solusinya kepada kliennya. Setelah prose berakhir lalu auditor akan menggelar rapat penutupan untuk mendiskusikan berbagai problem dalam proses audit perusahaan lalu memberikan solusi kebaikan untuk berbagai masalah perusahaan.

 

Jadi audit sangat penting dalam perusahaan supaya perusahaan berkembang dan tumbuh. Langkah-langkah dalam audit sudah paten ya, yaitu mencari dokumen, persiapan audit, rapat terbuka, kerja di lapangan dan menyusun laporan

Sebarkan manfaatnya :