Laporan Keuangan Ini Tidak Kalah Penting Dari Laporan Neraca

Salah satu yang membedakan pebisnis dengan pengusaha yaitu adalah cara mengolah data. Jika pedang yang penting untung namun jika pengusaha adalah membangun sistem. Sistem disini pada dasarnya dapat Anda ciptakan jika Anda memiliki data. Jika Anda tidak memiliki data maka Anda tidak memiliki  pondasi yang kuat dalam mebangun suatu sistem.

Jika membicarakan mengenai data yang krusial dalam bisnis yaitu data laporan keuangan. Karena dengan laporan keuangan yang ada Anda dapat menganalisa bagaimana jalannya roda perusahaan Anda.

Seperti yang Anda ketahui jika pada dasarnya laporan keuangan itu ada 5 yaitu ;

1. Laporan Laba dan Rugi
2. Laporan Perubahan Ekuitas
3. Neraca
4. Laporan Arus Kas (Cash Flow)
5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Tapi tahukah Anda ada satu laporan yang sering dilupakan oleh pebisnis namun mempunyai peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. Apa itu? yaitu laporan fast moving atau laporan barang terlaris yang 80% omset Anda disumbang dari barang-barang tersebut.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar yang namanya hukum pareto? jika belum di simak kalau yang sudang untuk mengingatkan kembali. Jadi hukum pareto adalah “80% omset Anda diperoleh dari 20% barang Anda”. Jika Anda tidak tahu barang apa saja yang 20% penyumbang omset bisnis Anda. Yuk segera insyaf.

Tujuan Laporan Fast Moving

Tujuan dari adanya laporan fast moving ini adalah membantu Anda dalam mengetahui barang apa saja yang menjadi penyumbang omset Anda. Dengan begitu Anda akan tahu betul barang apa saja yang perlu di stok lebih banyak dan barang apa saja yang tidak seharusnya Anda beli atau stok.

Contoh Laporan Fast Moving

Berikut ini saya berikan contoh bentuk laporan fast moving

fast-moving-photo

 

Kesimpulannya ;

  1. Laporan Fast Moving sangat di butuhkan untuk bisnis Anda. Karena ini akan membantu Anda dalam memanajemen persediaan barang Anda.

Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :