Manfaat Membangun Brand Identity untuk Bisnis Anda

Dalam membeli sesuatu produk pasti anda sering mendengar brand produk tertentu yang dijual. Ada yang berpendapat bahwa brand adalah lambang dari perusahaan ternyata bukan. Brand adalah  apa yang konsumen bicarakan mengenai produk anda.

Agak sedikit berbeda dengan brand identity yang mempunyai makna segala elemen dasar dari sebuah brand yang menyampaikan karakter, komitmen dan nilai produk sebuah perusahaan agar dipahami oleh konsumen melalui berbagai aspek warna, simbol dan tipologi. Saat saya ingin ayam goreng renyah maka saya menyebut mau beli KFC, saat saya ingin seduhan kopi pahit yang sedap saya akan menyebut starbuck, saat saya mau membeli handphone dengan layar amoled maka saya menyebut mau membeli handpone samsung itulah yang dimaksud brand identity.

Brand identity suatu produk harus dikembangkan supaya namanya terpatri dalam ingatan pelanggan. Apabila suatu brand sudah termasyur di kalangan pelanggan maka dapat kita masukan sebagai bagian dari aset perusahaan. Brand yang sudah terkenal akan memiliki daya tarik yang maksimal sehingga membantu mengoptimalkan penjualan suatu produk.

Saya termasuk korban brand, saya dalam membeli suatu smartphone saya tidak menghiraukan kualitas dan berbagai fitur di dalam smartphone tersebut tetapi saya malah membeli smartphone terkenal walaupun kualitas dan fitur penyusunnya agak jelek. Memang brand yang terkenal mempunyai daya tarik yang magis dalam mempengaruhi konsumen dalam pembelian.

Ada berbagai manfaat brand identity dalam perkembangan bisnis anda seperti :

1. Kesetiaan pelanggan

Brand identity yang kuat akan menyihir konsumen untuk terus membeli barang yang brand tersebut luncurkan. Ibarat kecanduan, masalah harga, kualitas dan keunggulan ditinggalkan untuk membeli barang dari brand tersebut.

Misal para penggemar iphone maka setiap iphone mengeluarkan produk terbaru maka rasa penasarannya akan menjadi dan kecenderungan untuk membeli tinggi. Ibarat kata bila sudah kecanduann suatu brand maka brand tersebut akan menjadi yang pertama dan terakhir.

2. Menambah jelajah market yang luas

Pada saat brand yang dibangun sudah kuat maka dengan mudahnya suatu produk dari brand tersebut akan jauh lebih dikenal oleh banyak konsumen. Misal suatu brand yang terkenal yaitu domino pizza yang pada awal berdirinya mau menanamkan ingatan bahwa pizza cepat atau gratis.

Saat itu domino pizza membuat cara pemasaran yang langka yaitu beli pizza di domino pizza 30 menit siap diantar atau gratis. Maka orang mengenal brand domino pizza penyajiannya cepat dan bergaransi.

Walaupun harga dan rasanya biasa saja tetapi nama brand domino pizza yang penyajiannya cepat dan bergaransi tetap bergaung sampai saat ini dan hampir dikenal seluruh dunia.

Baca Juga: Langkah-Langkah Melakukan Proses Audit yang Wajib Anda Lakukan

3. Konsumen lebih percaya

Brand identity yang sudah dibangun dan kokoh dalam ingatan masyarakat luas akan dengan mudah dipercaya oleh konsumen. Misal saat brand sesuatu sudah kokoh dalam ingatan masyarakat seperti motor honda, motor honda terkenal akan after salesnya yang baik sehingga banyak konsumen yang membelinya.

Padahal tidak semua bengkel honda after salesnya baik tetapi dikarenakan banyaknya bertebaran bengkel AHAS honda maka banyak konsumen lebih percaya membeli motor honda. Bila brand suatu produk sudah terkenal maka konsumen akan percaya kepada brand tersebut.

4. Berani memberikan harga yang mahal

Bila perusahaan sudah memiliki brand yang baik maka harga jualnya cenderung tinggi dikarenakan harga mahal = kualitas barang yang baik. Kita lihat iphone, samsung memberikan harga yang cenderung mahal kepada produk smartphonenya dikarenakan sudah memiliki nama brand yang terkenal.

Jadi Anda harus bisa membangun brand identity untuk produk anda  agar nama produk dan jasa anda selalu terngiang di ingatan konsumen sehingga bermanfaat menambah volume penjualan anda.

 

 

Sebarkan manfaatnya :