Manfaat Membayar Pajak bagi Pengusaha

manfaat-membayar-pajak-bagi-pengusaha-photo

Pengertian Pajak 

Kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Itulah pengertian pajak menurut Undang–Undang nomor 28 tahun 2017 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Dalam pasal tersebut sudah jelas disebutkan bahwa membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap badan usaha baik yang berbentuk perusahaan perseorangan, CV, PT atau yang lainnya.

Bahkan akan menjadi hutang yang harus tetap dibayarkan serta bersifat memaksa bagi pemilik usaha karena hasil dari pajak akan digunakan untuk pembangunan negara. Meskipun bersifat memaksa dan wajib dikeluarkan oleh setiap badan usaha, namun dalam kenyataannya masih banyak pengusaha yang enggan membayar pajak.

Stigma negatif bahwa hasil pajak dikorupsi oleh pejabat negara dan digunakan untuk kepentingan segelintir orang masih menjadi alasan umum yang sudah berkembang di masyarakat. Selain itu, pembayaran pajak masih dirasa membebani keuangan perusahaan apalagi di saat pendapatan sedang menurun.

Di sisi lain, saat ini cara melakukan pembayaran pajak semakin mudah. Wajib pajak tidak perlu berjam – jam menghabiskan waktu hanya untuk menyelesaikan masalah administrasi perpajakan.

Wajib pajak bisa melakukan pendaftaran secara online yang dapat dilakukan di mana saja asalkan terdapat jaringan internet. Selain itu, bisa juga disetorkan langsung melalui kantor pos atau Bank Persepsi namun wajib pajak perlu melengkapi pengisian lembaran SSP sebelum menyetorkan pajak.

Terlepas dari semua statement yang berkembang di masyarakat, jika kita telaah lebih dalam ternyata pembayaran pajak itu sangat bermanfaat bagi pengusaha. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Pertama, dengan membayar pajak menunjukkan baiknya kredibilitas perusahaan. Pimpinan perusahaan melalui tim yang dipercaya pasti akan mencatat kapan waktu membayar pajak baik setiap bulan ataupun setiap tahun. Perusahaan dengan kredibilitas yang baik pasti akan berusaha membayar pajak tepat waktu agar tidak masuk dalam daftar hitam bagi petugas pajak.

Kedua, dengan membayar pajak tepat waktu menunjukkan sehatnya keuangan perusahaan. Apalagi pihak Ditjen pajak akan memberikan denda bagi setiap pengusaha yang terlambat dalam membayar pajak. Karena itu, bagi pengusaha yang paham bahwa ketika terlambat dalam pembayaran pajak harus membayar denda tentu akan menghindari hal ini.

Ketiga, dengan membayar pajak akan meningkatkan kepercayaan diri di depan publik, terutama bagi perusahaan yang telah go public. Karena di era majunya teknologi saat ini hampir semua hal bisa diakses secara online. Bisa saja pihak Ditjen pajak mengumumkan perusahaan mana saja yang sudah atau belum membayar pajak.

Keempat, dengan membayar pajak akan mempermudah dalam mengatasi masalah keuangan dengan pihak klien. Karena ketika akan melakukan penagihan barang / jasa yang telah di beli kebanyakan pihak klien meminta bukti faktur pajak, sedangkan faktur pajak tidak akan didapat jika perusahaan belum melakukan pelunasan pembayaran pajak.

Selain empat manfaat tersebut, pembayaran pajak pastinya sangat berarti bagi fakir miskin dan anak-anak terlantar yang menjadi tanggungan pemerintah sesuai pasal 34 ayat (1) Undang–Undang Dasar 1945.

Dari mana pemerintah mendapatkan dana untuk menjalankan program pengentasan kemiskinan serta pembinaan bagi anak–anak yang terlantar jika bukan dari pajak (sebagai salah satu sumbernya)?.

Karena itu, dengan membayar pajak diharapkan dapat menumbuhkan rasa empati kepada sesama warga negara Indonesia yang kurang beruntung.

Setelah memahami beberapa manfaat yang terkandung dalam pembayaran pajak diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengusaha agar lebih taat pajak, tidak peduli dengan berbagai isu yang berkembang di masyarakat. Karena pada dasarnya pengusaha juga mendapat banyak manfaat dari pajak yang dibayarkan tepat waktu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan mafaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :