Mau Jadi Bos atau Leader?

mau jadi boss atau leader image

Ketika Anda memilih untuk menjadi seorang pebisnis otomatis Anda akan menjadi seorang pemimpin. Minimal Anda memimpin semua karyawan Anda untuk mencapai target-target perusahaan. Nah, disinilah keputusan apakah Anda ingin menjadi seorang bos atau leader.

Memang apa bedanya seorang bos dan leader? Secara sederhana bisa dibilang bahwa bos adalah pimpinan, sedangkan leader adalah pemimpin. Agar lebih jelas saya akan menguraikan perbedaanya sebagai berikut;

  • Menjadi Bos bisa di dapat tanpa kerja keras, contohnya : Seorang Putra Mahkota akan menjadi raja tanpa kerja keras atau anak pemilik perusahaan akan menjadi bos tanpa harus mulai dari awal.
  • Sedangkan Leader/Pemimpin Anda harus bekerja keras,untuk membuktikan jika Anda adalah contoh yang baik sebagai seorang pemimpin.
  • Bos hanya mendikte atau memberikan sistem kerya yang telah dia tentukan, dan bawahan harus mengikuti sistem kerja yang telah bos buat. Ini sama saja meremehkan kecerdasan atau potensi bawahan.
  • Leader justru akan memberikan dorongan/support dan memberikan contoh kerja, agar semua orang seperti dia, dan memberikan kesempatan kepada semua orang untuk megembangkan potensinya, agar semua orang mendapatkan apa yang bisa dia dapatkan atau hak dia sebagai manusia.

Ketika Anda memimpin perusahaan menggunakan pendekatan bos, mungkin Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan jangka pendek, tetapi bisnis Anda tidak akan bisa bertahan lama. Berbeda dengan menggunakan pendekatan leader, Anda akan dapat mengatur para karyawan lebih baik dan perusahan bisa hidup lebih lama.

Jika Anda saat ini masih menjadi pemimpin tipe bos jangan khawatir. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pemimpin tipe leader.

1. Perhatian kepada karyawan.

Yang perlu Anda sadari penuh adalah karyawan bukanlah minions yang bisa Anda suruh-suruh begitu saja. Para karyawan tentu mempunyai rasa kesabaran, idelaisme, dan tentu keahlian yang berbeda-beda. Jadi, Anda harus lebih dekat dengan karyawan, melihat bagaimana sebenarnya sifat dan kemampuan karyawan Anda. Tidak ada pimpinan yang bisa memimpin dengan baik apabila tidak nyaman bekerja dengan karyawan.

2. Pandu Tim Anda, Bukan mengontrol mereka.

Bos selalu merasa jika harus selalu mengontrol anak buahnya agar merekan bekerja sesuai keinginan. Tetapi seorang leader akan membantu karyawan untuk mencapai kesuksesan. Leader akan lebih memilih membangun kerangka kerja dan struktur yang jelas, memberdayakan tim untuk menyelesaikan pekerjaan bersama-sama, dan memberikan dukungan. 

3. Mendelegasikan

Anda sebagai leader harus percaya 100% kepada karyawan atau tim Anda

4. Berikan Imbalan dan Terima Kegagalan

Sebagai seorang leader Anda harus memberikan apresiasi ketika tim mencapai kesuksesan dan akan bijaksana meskipun timnya tidak mampu sesuai target, tetapi leader akan tetap memberikan motivasi agar mereka dapat bekerja lebih baik lagi.

5. Motivasi

Leader akan memberikan motivasi kepada karyawan yang membuat karyawan semakin giat dan mengerti kelemahan dan kelebihannya. Leader akan semakin senang ketika ada kesuksesan kecil ataupun pencapaian kecil. Mereka akan selalu mengajak tim untuk melakukan perayaan.

Mengubah boss menjadi seorang leader adalah masalah pengembangan diri. Anda harus konsisten melakukannya dan terus mengembangkannya. Pada intinya, menjadi leader akan membuat Anda memperlakukan karyawan layaknya teman sendiri. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :