Pastikan Anda Memilih Aplikasi Invoice Online Atas Pertimbangan Berikut Ini

aplikasi akuntansi

Aplikasi invoice saat ini sudah beralih dari sistem tagihan konvensional menuju ke platform digital berbasis “cloud” yang memungkinkan Anda bisa mengontrol dan melakukan proses aplikasi invoice dimanapun dan kapanpun Anda berada. Salah satunya yang disediakan oleh Beecloud dimana e-faktur yang dibuat mampu menyederhanakan faktur dan penagihan online khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai freelancer maupun pemilik usaha kecil. Anda bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis Anda dan gunakan lebih sedikit waktu untuk mengirim tagihan secara konvensional seperti yang selama ini.

Aplikasi invoice

Gambar 1. Aplikasi Invoice (Sumber: Freepik.com)

Namun pertanyaannya, bagaimanakah cara memilih aplikasi invoice yang tepat sesuai dengan bisnis Anda? Setidaknya beberapa alasan memilih aplikasi invoice berikut ini bisa jadi pertimbangan:

  • Cari aplikasi invoice yang memiliki sistem antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif (mudah digunakan dan diajarkan)
  • Solusi Single Point (laporan komprehensif dan terintegrasi) untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda yang makin komplek
  • Banyak fitur media kontrol yang bisa terus ditingkatkan untuk mendukung bisnis yang semakin kompleks
  • Mudah untuk melakukan konfigurasi dan penyesuaian secara fleksibel
  • Platform bisa dengan mudah untuk disesuaikan sesuai kebutuhan Anda yang terus bertumbuh

5 hal diatas adalah pertimbangan atas dasar produk dan fitur aplikasi invoice yang akan kita gunakan. Diluar itu Anda juga perlu mempertimbangkan provider penyedia jasa aplikasi invoice tersebut. Berikut ini yang perlu dipertimbangkan:

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Kuliner dari Rumah

1. Keandalan perusahaan

Sangat penting bagi Anda untuk memilih penyedia solusi faktur online berdasarkan variasi produk mereka dan berapa lama mereka telah ada di pasar digital karena hal ini akan mampu memberikan arti penting bagi platform faktur mereka. Tidak ada gunanya Anda berinvestasi dalam aplikasi faktur online jika produk yang Anda beli ternyata tidak dibuat untuk makanan jangka panjang. Lihatlah reputasi perusahaan provider sebelum menarik kesimpulan untuk beli produknya.

2. Dukungan Teknis Diluar Jam Kerja

Apakah penyedia layanan e-faktur yang akan Anda gunakan juga menyediakan dukungan di luar jam kerja? Apakah mereka menangani pembaruan sistem, pemeliharaan sistem, dll? Anda harus memeriksa semua informasi ini secara terperinci sebelum memilih layanan mereka.

3. Pahami Ketentuan Kontrak

Kontrak yang baik dan profesional harus mencakup semua syarat dan ketentuan yang diperlukan seperti layaknya tercantum dalam standar MOU dan SLA (service level agreement). Kontrak ini harus menentukan secara rinci tentang dukungan & pemeliharaan, struktur biaya, kebijakan pembatalan, dll.

4. Harga

Harga merupakan faktor penting. Pastikan Anda mampu membeli produk tersebut dalam jangka panjang karena gagal bayar dapat menyebabkan penghentian layanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyusun semua struktur penetapan harga, prosedur penagihan, & rincian pembayaran yang disebutkan hingga batas waktu yang disepakati.

Ambil contoh saja Beecloud, yang menyediakan berbagai kebutuhan terkait platform faktur online yang sederhana dan mudah dyang apat merampingkan seluruh proses manajemen pengeluaran Anda dengan fitur ‘Pembayaran Yang Disederhanakan’. Fitur ini dapat membantu Anda mengoptimalkan, mengatur, dan dapat membantu Anda mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempercepat Anda dalam hal pembayaran maupun penagihan piutang.

Kesimpulan:

Menggeser platform e-faktur Anda bukan masalah kecil dan kriteria yang dibahas di atas akan membantu Anda memilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pasar faktur berubah sangat cepat dan pada saat-saat seperti itu, Anda perlu memilih layanan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan bisnis Anda saat ini tetapi juga dapat beradaptasi dengan perubahan dari waktu ke waktu.

Jika Anda menginginkan Aplikasi Invoice dengan berbagai fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Online Bee.id!

Sebarkan manfaatnya :