Pengertian dan Fungsi Akuntansi Biaya Beserta Klasifikasinya

Dalam pengelolaan sebuah bisnis, akuntansi biaya merupakan salah satu faktor yang tidak mungkin bisa dilepaskan. Proses ini memungkinkan perusahaan untuk mencatat keuangan yang meliputi biaya produksi, penjualan, dan menjadi bukti laporan kepada investor atau manajemen internal perusahaan.

Pengertian Akuntansi Biaya

Dalam ilmu ekonomi, penjabaran tentang akuntansi biaya ini didefenisikan oleh beberapa ahli ekonom yaitu:

R.A. Supriyono Akuntansi biaya adalha salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Mulyadi: Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.

Abdul halim: Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau dijual di pasar baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjaga ketersediaan barang dagangan yang akan dijual.

Schaum: Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa.

Carter dan Usry: Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengna tujuan untuk aktifitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

Fungsi Akuntansi Biaya

Terdapat dua fungsi utama akuntansi biaya yang selama ini diterapkan dalam dunia bisnis yaitu;

1. Penentuan harga pokok produksi atau jasa

Bagian utama dari akuntansi biaya adalah mencatat, menggolongkan, memonitoring dan meringkas seluruh komponen biaya yang berhubungan dengan proses produksi, yang nantinya akan dijadikan acuan dalam penentuan harga pokok produksi.

2. Perencanaan dan pengendalian biaya

Dari data historis laporan keuangan tentang seluruh aktifitas biaya maka akuntansi biaya ini akan dijadikan acuan dalam membuat perencanaan anggaran kemudian melakukan monitoring terhadap penyimpangan biaya atas anggaran yang telah ditetapkan agar efesiensi biaya perusahaan dapat lebih ditingkatkan.

Klasifikasi Akuntansi Biaya

Untuk memberikan gambaran yang lebih detail dan akurat kepada pihak manajemen, maka ada beberapa kompenen biaya yang bisa dikelompokkan dalam akuntansi biaya ini. Berikut ini beberapa klasifikasi biaya yang bisa dikelompokkan.

1.Berdasarkan Fungsi Pokok

  • Biaya produksi

Semua biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi untuk menghasilkan suatu produk atau barang. Biaya produksi ini meliputi bahan baku, tenaga kerja, operasional, dan lainnya.

  • Biaya pemasaran

Biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran produk agar dibeli oleh konsumen yang meliputi biaya promosi dan iklan.

  • Biaya administrasi dan umum

Biaya ini digunakan utnuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasan seperti gaji karyawan dan overhead kantor.

2.Berdasarkan Kegiatan

  • Biaya variabel: Biaya yang biasanya nominalnya berubah sesuai dengan volume produksi yang dihasikan. Hal ini terlihat dari besarnya volume penjualan yang juga berbanding lurus dengan besar biaya yang harus dikeluarkan.
  • Biaya tetap: Biaya yang nominalnya selalu konstan meski volume produksi berubah-ubah. Misalkan gaji pegawai toko yang tetap dan tidak dipengaruhi oleh pendapatan toko setiap bulannya.

3.Berdasarkan Obyek Yang Dibiayai

  • Biaya langsung: Biaya ini bisa diidentifikasi langsung dan berhubungan dengna produksi barang, seperti biaya tenaga kerja langsung dan biaya bahan baku.
  • Biaya tidak langsung: Biaya ini tidak dapat diidentifikasi langsung dari proses produksinya seperti biaya listrik dan administrasi pabrik.

4.Berdasarkan Pembebanan Periode Akuntansi

  • Pengeluaran modal: Biaya ini dikeluarkan untuk memperoleh aktiva tetap dan meningkatkan efisiensi operasional.
  • Pengeluaran penghasilan: Biaya ini hanya akan memberi manfaat dalam periode berjalam sehingga tidak akan dikapitalisasi sebagai aktiva tetap di neraca.

Itulah definisi, fungsi, dan juga klasifikasi akuntansi biaya dalam ilmu akuntansi. Semoga bermanfaat bagi Anda dan silahkan share jika dibutuhkan.

Sebarkan manfaatnya :