Pengertian dan Tujuan Membangun Customer Loyalty

Customer loyalty, atau kesetiaan konsumen, bisa diartikan sebagai kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau layanan sehingga mereka terus percaya dan menggunakan produk atau layanan tersebut serta tidak memiliki keinginan untuk beralih ke penyedia yang lain. Hal ini bisa menjadi hasil dari usaha suatu perusahaan untuk menyediakan produk atau layanan dengan kualitas yang konsisten. Selain itu, perusahaan juga bisa berusaha membangun customer loyalty dengan menyediakan layanan konsumen yang baik. Ada juga program dan penghargaan yang diberikan kepada konsumen yang setia terhadap perusahaan tersebut.

Di bidang apa pun bisnis Anda berjalan, sangat penting untuk membangun customer loyalty. Tanpa adanya pelanggan yang setia, tentunya bisnis Anda tidak bisa berkembang dengan pesat. Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan berbagai tujuan membangun customer loyalty dan mengapa Anda harus menerapkannya.

1. Lebih mudah menjual produk dan layanan ke konsumen setia.

1. Lebih mudah menjual produk dan layanan ke konsumen setia.

Konsumen yang sudah percaya terhadap suatu produk atau layanan tentunya akan lebih tertarik jika mendapatkan rekomendasi atau penawaran produk baru. Dibandingkan dengan peluang menjual produk baru kepada konsumen baru yang peluang berhasilnya hanya 5 hingga 20 persen, peluang ini ada sebanyak 60 hingga 70 persen pada konsumen setia. Tentunya, Anda bisa mendapatkan jauh lebih banyak keuntungan dari konsumen lama.

2. Konsumen setia adalah agen pemasaran yang efektif.

Jika seseorang memiliki pengalaman positif dengan suatu produk atau layanan, tentu mereka tidak akan keberatan merekomendasikannya kepada kerabat dan rekan mereka. Kabar dari mulut ke mulut memiliki peran yang besar dalam pemasaran, apalagi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Calon konsumen baru pun pasti lebih yakin jika mendapatkan rekomendasi produk atau layanan dari seseorang yang mereka kenal.

Biaya pemasaran yang harus dikeluarkan untuk menarik konsumen baru bisa mencapai 6 hingga 7 kali lebih tinggi daripada mempertahankan konsumen yang sudah ada. Beberapa cara yang biasanya ditempuh adalah membuat iklan secara besar-besaran serta melakukan sosialisasi di beberapa tempat. Dengan cara membangun customer loyalty, Anda tidak perlu melakukan semuanya secara berlebihan. Konsumen yang puas dengan produk atau layanan Anda akan dengan sendirinya menjadi promotor yang efektif. 

Baca Juga: 7 Tips Memperoleh Keuntungan dari Bisnis Online

3. Bisnis Anda terhindar dari persaingan harga.

Saat terjadi persaingan harga, hal yang biasanya dilakukan oleh para pebisnis adalah menurunkan harga secara besar-besaran sehingga berdampak buruk pada pendapatan. Namun jika Anda memiliki banyak konsumen yang setia, hal ini tidak akan banyak berdampak pada berjalannya bisnis Anda. Jika konsumen sudah percaya terhadap apa pun yang Anda tawarkan, perlu lebih dari sekadar potongan harga dari pesaing untuk menarik mereka. Dengan demikian, bisnis Anda akan semakin terhindari dari risiko kerugian.

4. Anda bisa mendapatkan penilaian yang jujur dan berkualitas tinggi.

Umpan balik, penilaian, atau feedback sangat penting bagi suatu perusahaan untuk mengetahui bagaimana cara berkembang menjadi lebih baik. Karena konsumen setia pasti menyukai produk atau layanan Anda, pastinya mereka tidak akan ragu memberikan penilaian yang jujur sehingga kekurangan yang ada bisa diatasi dan mereka bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Bandingkan dengan konsumen baru yang biasanya hanya mencoba, mendapatkan pengalaman yang kurang baik, namun tidak menyuarakannya. Tanpa adanya umpan balik dari konsumen, produk atau layanan Anda tentunya tidak bisa berkembang menjadi lebih baik.

Kesimpulannya, customer loyalty sebenarnya memiliki tujuan untuk membuat bisnis Anda menjadi semakin baik. Pada zaman ini, membangun customer loyalty menjadi semakin mudah dengan adanya media sosial seperti Facebook dan Instagram sehingga konsumen merasa lebih bebas menyuarakan pendapat mereka. Anda pun memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik. Saat kualitas meningkat, brand Anda juga akan mendapatkan nilai positif di mata konsumen. Tak diragukan lagi, keuntungan dari bisnis Anda pasti akan meningkat.

 

Sebarkan manfaatnya :