Pentingkah Bisnis Online Memiliki Pencatatan Akuntansi?

Pentingkah Bisnis Online Memiliki Pencatatan Akuntansi?

Jika Anda sedang memulai sebuah bisnis online dengan anggaran terbatas, maka Anda mungkin sudah mencoba mencari tahu di mana bisa memangkas biaya untuk mengembangkan bisnis. Salah satu aspek yang mungkin sudah Anda pertimbangkan untuk lakukan sendiri adalah akuntansi. Di awal berdirinya suatu bisnis, akuntansi mungkin tidak dirasa perlu karena uang yang masuk dan keluar belum begitu banyak. Namun, tidak melakukan pencatatan akuntansi sama sekali atau melakukannya dengan salah akan berakibat buruk bagi bisnis Anda di masa yang akan datang.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan berbagai alasan mengapa sangat penting untuk melakukan pencatatan akuntansi, bahkan saat Anda baru memulai suatu bisnis.

Proses Pembangunan Bisnis

Di awal pembangunan sebuah bisnis, ada banyak aksi yang perlu Anda lakukan untuk membangun dasar sebagai sebuah bisnis yang sukses. Pencatatan akuntansi akan membantu Anda dalam:

  1. Menentukan struktur legal bisnis (PT, CV, atau yang lainnya)
  2. Membantu proses analisis finansial dalam business plan.
  3. Menjadi dasar pertimbangan perangkat lunak akuntansi apa yang Anda butuhkan.
  4. Menjadi dasar pertimbangan pada saat akan membuka rekening bank untuk bisnis.
  5. Memastikan semua prosedur dalam akuntansi sosok dengan peraturan serta keharusan dari pemerintah.
  6. Membantu dalam mencatat pengeluaran dalam aktivitas bisnis Anda.

Proses Operasi Bisnis

Saat bisnis Anda sudah mulai berjalan, Anda harus memastikan bahwa sistem akuntansi yang sudah dijalankan bisa selalu membantu. Dalam proses berjalannya dan jika Anda ingin mengembangkan bisnis, hal-hal di bawah ini akan menjadi keuntungan dari menerapkan pencatatan akuntansi.

  1. Mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan tepat.
  2. Mengevaluasi pembayaran yang ada dalam bisnis.
  3. Memperkirakan jumlah pajak yang harus dibayarkan pada tahun tertentu.
  4. Sebagai pedoman membuat jurnal penutup serta membuat laporan keuangan di akhir tahun atau periode akuntansi.
  5. Mempermudah proses pengumpulan dan penyetoran pajak, laporan keuangan, serta dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan.

Tahap Mengembangkan Bisnis

Saat Anda sudah siap untuk mengembangkan bisnis ke tahap lebih lanjut, pencatatan akuntansi akan memudahkan Anda dalam menentukan langkah apa saja yang harus diambil dan mempermudah dalam mengatur proses yang dibutuhkan. Selain itu, fungsi pencatatan akuntansi yang lainnya adalah:

  1. Membantu bidang apa saja yang perlu dikembangkan dalam bisnis Anda, misalnya melacak pola keluar-masuknya uang, manajemen inventaris dan pengaturan harga.
  2. Membantu dalam menentukan sewa atau pembelian properti, peralatan, serta perlengkapan.
  3. Mencegah mendapatkan hasil yang buruk saat diadakan audit.
  4. Mempersiapkan Anda dan perusahaan saat dilakukan audit.
  5. Membuat perencanaan dan prediksi keuangan di masa yang akan datang sehingga Anda maupun perusahaan akan semakin siap.
  6. Membantu dalam menentukan anggaran bisnis yang bisa mendukung tercapainya tujuan bisnis Anda.
  7. Menjadi panduan dalam menghadapi masalah dalam bisnis Anda.

Yang disebutkan di atas hanyalah beberapa keuntungan dari memiliki pencatatan akuntansi, walaupun bisnis yang sedang Anda jalankan ini masih dalam proses pengembangan. Jika terlalu sulit untuk mengatasi semua proses akuntansi, ada alternatif lain untuk menanganinya, yaitu bekerja sama dengan seorang akuntan. Jika sudah banyak pembukuan akuntansi yang dibuat, maka akan sangat baik untuk bekerja dengan seseorang yang bisa mengatur susunan dokumen akuntansi Anda. 

Baca Juga: Tips Belajar Akuntansi Mudah dan Menyenangkan

 

Jika proses sudah berjalan dengan lancar, maka sangat disarankan untuk meminta bantuan orang yang ahli di bidangnya untuk mempertahankan berjalannya bisnis. Adanya kerjasama dari pihak Anda dan semua yang membantu akan memperlancar proses akuntansi bisnis Anda sehingga perusahaan bisa senantiasa berkembang ke arah yang lebih baik.

Sebarkan manfaatnya :