Pentingnya Akuntansi Bagi Pengusaha Pemula

pentingnya-akuntansi-bagi-pengusaha-pemula-image

Pengusaha pemula merupakan orang yang baru mulai menekuni suatu usaha. Pengalamannnya belum banyak sehingga harus belajar lebih banyak dari bidang yang mulai ditekuninya.

Kedisiplinan, ketelitian, dan kerapian dalam mencatat dan menjalankan semua aspek yang berkaitan dengan usahanya harus dilakukan dengan serius. Catatan penting berkaitan dengan usahanya terutama dalam hal pengendalian usaha dan keuangan tersebut tertuang dalam sistem akuntansi.

Sistem akuntasi perusahaan mencerminkan kualitas dan kompetensi seseorang dalam memimpin perusahaannya, baik perusahaan berskala kecil maupun besar. Akuntansi merupakan pendataan terhadap alur keuangan.

Alur keuangan tersebut selanjutnya dianalisis dan dievaluasi untuk mengetahui kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi terhadap sistem akuntasi, pemimpin perusahaan dapat menentukan kebijakan lebih lanjut.

Khusus bagi perusahaan yang bergerak dalam usaha dagang, sistem akuntansi berisi rangkuman transaksi. Rangkuman transaksi tersebut dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan perusahaan. Berdasarkan sistem akuntansi dapat dirancang program baru atau dihapuskannya program lama yang tidak relevan guna mencapai kinerja perusahaan yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, sistem akuntansi juga merupakan dasar penentuan besarnya anggaran yang diprediksi diperlukan perusahaan dan yang diperoleh perusahaan dari usahanya pada tahun-tahun yang akan datang.

Sistem akuntansi bagaikan pemandu bagi pengusaha terutama bagi wirausaha muda yang masih memelajari banyak hal yang kemungkinan belum pernah dialaminya. Aspek-aspek penting dalam perusahaan dapat terlihat dengan jelas melalui sistem akuntansi. Salah satu diantaranya adalah akuntansi keuangan.

Keuangan perusahaan merupakan aspek penting dan kritis dalam perusahaan yang harus disusun secara teliti, terstruktur, terukur, dan informatif. Hal itu dapat dicapai bila perusahaan memiliki sistem akuntansi keuangan yang baik.

Masa depan perusahaan sangat tergantung pada sistem akuntansi yang dibuat dan disusun oleh perusahaan tersebut. Beberapa sistem akuntansi yang yang perlu ada dalam perusahaan antara lain akuntansi dasar, akuntansi manajemen, dan akuntansi keuangan.

Pemimpin perusahaan tidak perlu menguasai seluruh sistem akuntansi tersebut tetapi cukup hanya dengan merekrut karyawan yang kompeten dalam bidang akuntansi.

Seorang pebisnis seperti Anda tentunya tidak cukup hanya memiliki kecakapan teknis dan modal untuk membuka dan menjalankan roda perusahaan.

Perusahaan harus dilengkapi dengan sistem akuntansi yang komprehensif agar pemimpin perusahaan mampu dengan cepat mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan hambatan (threats) yang dikenal dengan SWOT.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Oh iya jangan lupa untuk share di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya salam Let’s #beefree.

Sebarkan manfaatnya :