Pentingnya Kemampuan Membaca Laporan Keuangan Dalam Bisnis

Bagaimana cara mengembangkan bisnis anda? Ini pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh semua kalangan saat mereka berguru kepada pebisnis sukses. Perlu anda ketahui, dalam berbisnis anda akan diwajibkan peduli dengan angka. Angka akan menginformasikan dimana posisi bisnis anda saat ini. Dengan menggunakan angka, anda akan mampu menghitung dan dapat merencanakan cara untuk meningkatkan bisnis anda.

Angka yang paling utama anda perhatikan dalam berbisnis adalah laporan keuangan. Laporan keuangan bagi sebagian pemula akan sangat membingungkan karena ada banyak bentuknya. Tapi anda tidak perlu tahu semuanya, yang terpenting anda tahu tiga jenis laporan keuanganya yang sangat dibutuhkan untuk bisnis anda. Laporan keuangan apa saja itu?

Laporan Laba-Rugi (income statement)
Mendengar namanya saja anda pasti sudah tahu tujuan laporan ini dibuat. Laporan laba-rugi dapat diibaratkan sebagai video periode mengenai jalannya bisnis anda. Kenapa video periode? karena  didalamnya menyajikan laporan periode dari seluruh unsur pendapatan serta beban perusahaan yang pada akhirnya akan menghasilkan kondisi laba bersih atau rugi bersih.

mengenal-software-akuntansi-laporan-laba-rugiDidalamnya akan banyak menjelaskan sumber pendapatan usaha, biaya atas pendapatan / harga pokok penjualan (cost of good sold) yang diceritakan berdasakan periode waktu, guna untuk mengetahui operasional laba atau ruginya usaha anda.

Neraca (balance sheet atau statement of financial position)

Sebagai awam, jujur pasti agak bingung membaca neraca. Tenang anda tidak sendiri, banyak juga yang kurang bisa membaca neraca ini. Neraca dapat diibaratkan foto yang menceritakan semua asset bisnis anda saat itu.  Posisi Neraca terdiri atas 2 pos yaitu aktiva (asset) dan Pasiva. Dari dua pos tersebut terdiri atas 3 unsur meliputi :

  • Aktiva dibagi menjadi Aset lancar (aktiva yang dapat diambil manfaat ekonomisnya dalam waktu dekat dan jangka panjang seperti persediaan, obligasi, saham, tanah dll), Aset tidak lancar (untuk kegiatan produksi atau penyediaan barang/jasa perusahaan seperti properti, bangunan, pabrik, alat-alat produksi, perlengkapan kantor, kendaraan operasional, komputer, dan sebagainya) dan Aktiva tidak berwujud  (aktiva yang dapat diambil manfaat ekonomisnya, namun tanpa teridentifikasi atau tanpa wujud fisik, misalnya merek dagang, goodwill atau nama baik perusahaan, dan hak paten).
  • Pasiva meliputi kewajiban atas hutang jangka pendek (barang dagangan) dan hutang jangka panjang (tagihan hutang bank dll) yang harus dibayar.
  • Ekuitas adalah modal yang didapat melakukan bisnis anda

mengenal-software-akuntansi-laporan-neraca-gambar-01

Gunanya untuk mengetahui nilai perusahaan yang distribusikan menjadi asset perusahaan dan rasio hutang produk jadi yang belum terjual.

Arus Kas (Cash Flow)

Cash flow atau arus kas istilah ini sering disebut-sebut dalam dunia keuangan. Untuk pribadi pun anda harus tahu arus kas keuangan anda sendiri. Rumusnya utamanya hanyalah Uang Masuk – Uang keluar.

mengenal-software-akuntansi-laporan-arus-kas

Dalam laporan arus kas bisnis terdapat 3 pembagian pos kas yang dibagi berdasarkan kebutuhannya, yaitu Cash dari Operasional berasal dari Penjualan tunai atau pembelian, Cash dari investasi berasal dari pembelian asset atau investasi, Cash dari Financing berasal dari suntikan modal tambahan atau penarikan modal. Bertujuan untuk mengetahuan besaran dana yang digunakan dan didapatkan dari masing-masing pos.

Memiliki kemampuan membaca Ketiga jenis laporan keuangan ini anda akan mampu memprediksi langkah-langkah kedepan untuk mengembangkan bisnis anda. Semoga bermanfaat dan ingat “bisnis = angka”. Maka pantau selalu perkembangan setiap angka didalam bisnis anda.

Sebarkan manfaatnya :