Pentingnya Membangun Customer Loyalty untuk Bisnis Anda

Pentingnya Membangun Customer Loyalty untuk Bisnis Anda

Memiliki hubungan jangka panjang dengan para konsumen tentunya menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan sengitnya persaingan dan preferensi konsumen yang cenderung labil, memiliki customer loyalty adalah strategi penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Ada banyak strategi yang bisa dipakai untuk mendapatkan customer loyalty, dan sangat penting bagi bisnis Anda untuk menerapkannya. Di bawah ini, Anda akan menemukan berbagai alasan pentingnya membangun customer loyalty untuk bisnis Anda.

1. Mencoba mendapatkan konsumen baru memakan lebih banyak biaya.

Walaupun ini merupakan salah satu alasan terkuat, pada kenyataannya banyak pebisnis yang melewatkan atau melupakannya. banyak pebisnis yang terlalu fokus pada akuisisi, di saat “tambang emas” mereka, yaitu konsumen yang sudah ada, malah terlupakan.

Memang benar bahwa mempertahankan konsumen yang sudah ada lewat berbagai program juga membutuhkan biaya. Namun, biaya ini (yang sebenarnya bisa dianggap investasi) lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan konsumen baru. Bahkan, usaha yang berlebihan untuk mendapatkan konsumen baru biasanya berakhir pada perang harga dengan para pesaing, yang bisa merugikan bagi bisnis Anda.

2. Konsumen yang loyal akan memberi lebih banyak pendapatan.

Jika seorang konsumen sudah percaya dengan produk atau layanan Anda, maka mereka tak akan ragu membayar lebih untuk itu. Selain itu, mereka juga akan melakukan pembelian lebih sering daripada konsumen baru. Hal ini pastinya akan mendatangkan keuntungan lebih bagi bisnis Anda. 

Baca Juga: 6 Cara Ini Dijamin Bisa Membangun Customer Loyalty

3. Konsumen yang loyal cenderung tidak labil.

Hampir semua pebisnis pasti menyadari bahwa konsumen semakin labil dari waktu ke waktu. Ada banyak penyebab dari hal ini, dan beberapa di antaranya sudah dibahas di awal artikel ini. Untuk membatasi terjadinya kelabilan ini, tentu penting untuk melakukan pendekatan kepada konsumen.

Loyalitas yang timbul dari koneksi emosional antara perusahaan dengan konsumen tentunya akan mengurangi kelabilan konsumen. Tanpa adanya loyalitas konsumen, perusahaan bisa rugi karena berkurangnya sumber pemasukan.

4. Konsumen yang loyal juga berperan sebagai duta bagi bisnis Anda.

Konsumen yang loyal dan puas dengan suatu produk atau layanan cenderung akan merekomendasikannya kepada orang di sekitar mereka. Meskipun pada zaman ini sudah ada media sosial, kabar dari mulut ke mulut tetap memiliki peran penting sehingga akan rugi jika bisnis Anda tidak memanfaatkannya.

Dengan cara ini, customer loyalty bisa mendatangkan konsumen baru bagi bisnis Anda. Karena pada kenyataannya, customer loyalty dan kedatangan konsumen baru bukanlah dua hal yang bertentangan. Selain itu, adanya konsumen yang loyal berarti Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang berlebih.

5. Penawaran dari bisnis Anda akan semakin baik.

Seorang konsumen yang menikmati layanan atau produk dari suatu perusahaan akan semakin percaya dari waktu ke waktu. Dengan demikian, mereka akan dengan senang hati berperan dalam memperbaiki layanan dan produk yang Anda tawarkan. Untuk mendapatkan opini mereka, tanyakan lewat kuesioner online atau survey yang dilakukan secara tatap muka.

6. Konsumen yang loyal memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Tentunya akan lebih mudah bagi karyawan untuk berhadapan dengan konsumen yang puas, daripada konsumen yang komplain karena pelayanan dirasa kurang. Karyawan yang bekerja di perusahaan yang dihargai oleh para konsumen juga akan lebih produktif karena suasana di tempat kerja yang mendukung.

7. Mengurangi biaya bantuan konsumen.

Adanya konsumen yang loyal tentunya akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk bantuan konsumen. Karena sudah terbiasa dengan layanan atau produk Anda, tentunya mereka tidak membutuhkan banyak bantuan seperti halnya konsumen baru.

Begitu pentingnya membangun customer loyalty untuk bisnis Anda. Banyak juga bisnis yang gagal karena tidak menerapkan trik marketing ini. Jika Anda ingin lebih mudah membangun customer loyalty, Anda bisa menggunakan Beecloud.

 

Sebarkan manfaatnya :