Pentingnya Membuat Business Plan Sebelum Memulai Bisnis

Mengapa business plan harus dibuat sebelum memulai membangun sebuah bisnis? Jawabannya sederhana – business plan merupakan suatu pedoman bagi bisnis Anda. Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa business plan hanyalah suatu dokumen yang hanya dibutuhkan di awal dan bisa disingkirkan saat bisnis sudah berjalan. Namun kenyataannya, business plan akan selalu berubah karena bisnis bukanlah sesuatu yang statis. Bahkan, sebuah bisnis bisa saja memiliki banyak business plan seiring dengan perkembangannya.

Pada masa pertumbuhan bisnis di awal, business plan berguna untuk memprediksi atau meningkatkan kapital untuk pengembangan, dan jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk menjual bisnis tersebut, business plan bisa mengandung strategi dan rencana pemindahtanganan bisnis. Di bawah ini, Anda bisa menemukan lima alasan pentingnya memiliki sebuah business plan dari awal berdirinya perusahaan.

1. Menguji kemungkinan bertahannya bisnis.

Membuat sebuah business plan merupakan cara terbaik untuk menguji apakah sebuah bisnis akan berjalan dengan baik sebelum benar-benar memulainya. Dalam hal ini, business plan bertindak sebagai “jaring pengaman” yang bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan bisnis gagal karena ternyata tidak mungkin dilakukan.

Seringkali, sebuah ide untuk memulai bisnis dihentikan pada tahap analisis pasar atau analisis kompetitif, dan akhirnya berpindah ke ide lain. Ini jelas merupakan langkah yang salah. Semakin banyak Anda paham tentang bisnis yang Anda jalankan, konsumen potensial, serta persaingan yang akan Anda hadapi, akan semakin besar kemungkinan Anda akan sukses.

2. Membuka peluang sukses lebih besar bagi bisnis.

Membuat sebuah business plan akan memastikan bahwa Anda memberi perhatian penuh kepada tujuan operasional dan finansial, seperti anggaran dan rencana pemasaran. Mengalokasikan waktu untuk membuat sebuah business plan akan membuat permulaan bisnis semakin mulus dan menghindari masalah yang tidak perlu ada.

Merencanakan anggaran dan target pemasaran tentu saja akan membantu Anda menentukan target pasar, strategi pemasaran yang optimal, serta cara memasarkan atau memperkenalkan produk Anda kepada khalayak umum secara garis besar. 

Baca Juga: Cara yang Benar Memahami Logika Jurnal Akuntansi

 

3. Mempermudah proses mendapatkan pendanaan, misalnya pinjaman bank.

Kebanyakan bisnis yang baru dimulai membutuhkan pendanaan di awal sebagai modal untuk mengembangkannya lebih lanjut. Tanpa adanya business plan yang jelas, proses mendapatkan pinjaman dari bank atau angel investor akan menjadi lebih sulit.

Selain bisnis yang baru berjalan, bisnis yang sudah lama berdiri juga masih membutuhkan pendanaan. Dalam hal ini, memiliki business plan yang up-to-date akan membuka kesempatan lebih besar untuk terus berkembang. Investor maupun Lembaga yang meminjamkan uang selalu was-was akan rencana tidak kembali modal, dan cara untuk meyakinkan mereka hanyalah dengan memiliki business plan yang jelas.

4. Memudahkan Anda dalam mengatur bisnis.

Business plan sangat penting saat Anda membangun bisnis, namun juga penting saat bisnis itu telah berjalan. Bisnis merupakan sesuatu yang dinamis, selalu berubah dan berkembang. Seiring dengan perkembangan bisnis, business plan yang ada harus selalu direvisi. Merevisi sebuah business plan akan membantu Anda melihat tujuan apa saja yang telah tercapai, perubahan apa yang perlu dilakukan, serta langkah apa yang harus ditempuh selanjutnya.

5. Untuk menarik investor

Untuk membuat para investor percaya dengan bisnis yang Anda jalankan, harus ada business plan yang teratur dan jelas. presentasi mungkin akan menarik perhatian mereka, namun mereka masih memerlukan sebuah dokumen yang ditulis dengan jelas sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Persiapkanlah business plan dengan sebaik mungkin karena setiap detail dari business plan itu akan menjadi pertimbangan para investor.

Proses pembuatan business plan mungkin memakan waktu, namun keberadaannya sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses. Dengan business plan, bisnis yang Anda jalankan pasti akan semakin maju.

Sebarkan manfaatnya :