Pentingnya Penerapan Akuntansi Bagi Start Up

pentingnya-penerapan-akuntansi-bagi-start-up-image

Sejarah Akuntansi

Pencatatan pembukuan atau yang lebih umum dikenal dengan akuntansi bukan merupakan hal baru dalam dunia bisnis. Ilmu yang sudah ada sejak sekitar 500 tahun yang lalu ini (bedasarkan informasi dari Wikipedia) masih relevan untuk diterapkan hingga saat ini hampir di semua perusahaan, terutama perusahaan berskala besar yang sudah go public (tbk).

Dan bagi perusahaan skala menengah, penerapan akuntansi juga dilakukan, tentunya dengan tingkat kerumitan yang lebih rendah daripada di perusahaan besar, begitu juga dengan perusahaan kecil. Sedangkan untuk start up sebagian besar belum menerapkan akuntansi sesuai dengan standar karena masih mencari pasar yang tepat.

Dilihat dari perkembangannya, perusahaan yang baru di rintis atau start up mulai marak sejak tahun 90-an hingga tahun 2000. Dan sebagian besar start up di Indonesia bergerap di bidang IT atau e-commerce dengan jumlah pekerja tidak lebih dari 20 orang serta jangka waktu operasional kurang dari tiga tahun (diambil dari berbagai sumber).

Karena itu menjadi sebuah pemakluman jika dalam menerapakan akuntansi banyak yang belum sesuai dengan standar yang berlaku karena masih dalam tahap pembenahan dan pengembangan usaha agar tetap bisa eksis. Atau bisa juga sebagai seorang founder atau tim yang ada dalam perusahaan tersebut belum mengetahui pentingnya penerapan akuntansi yang baik dan benar sesuai dengan standar yang berlaku.

Pentingnya Akuntansi Bagi Start Up 

Pertama, start up masih baru beroperasi, maka akan lebih baik bagi founder atau tim yang dipercaya untuk mengetahui dasar – dasar akuntansi sebelum melangkah lebih jauh.

Seperti dalam penjelasan sebelumnya bahwa start up baru beroperasi selama satu-tiga tahun, dan dalam masa tersebut banyak hal yang perlu diperbaiki termasuk di dalamnya tentang pembukuan keuangan hingga pelaporannya.

Kedua, hal yang perlu diingat bahwa sebuah usaha dirintis untuk kemudian di kelola agar semakin maju dan berkembang, dan ketika bisnis tersebut semakin besar maka perlu catatan keuangan yang lebih rapi.

Jika akuntansi telah di terapkan dengan baik sesuai standar meskipun bisnis masih dalam skala kecil, maka akan memudahkan kita menerapkan akuntansi dengan baik pula ketika bisnis telah berkembang pesat. Sehingga saat dilakukan audit eksternal tidak banyak catatan perbaikan.

Ketiga, secara umum tujuan dari akuntansi adalah untuk memudahkan dalam melakukan pembukuan hingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu ketika akuntansi telah diterapkan sesuai dengan standar yang berlaku, maka akan mudah bagi founder ketika melakukan cek saldo, modal, hutang, arus kas, ataupun laba/rugi

Keempat, perkembangan teknologi yang sangat cepat berdampak positif bagi dunia akuntansi sehingga terciptalah sebuah software yang lebih memudahkan akuntan dalam membukukan keuangan. Jika sebelumnya proses akuntansi dilakukan secara manual dengan menghabiskan berlembar-lembar kertas serta membutuhkan waktu yang lama.

Maka saat ini proses pecatatan keuanga hingga keluar laporan keuangan yang valid dan rapi dengan waktu yang lebih cepat. Hal ini tentunya akan dapat memangkas pengeluaran karena lebih efektif dan efisien.

Itulah hal–hal yang perlu diperhatikan bagi seorang founder atau tim yang dipercaya untuk menangani masalah keuangan di dunia start up. 

Sehingga pemahaman tentang akuntansi semakin dalam dan pastinya lebih mudah dalam melakukan pencatatan keuangan. Dengan demikian diharapkan dapat menjalankan bisnisnya lebih baik dan lebih berkembang.

Jika Anda kesulitan dalam membuat laporan keuangan secara akuntansi Anda dapat mengandalkan yang software akuntansi. Dan saran saya gunakanlah software akuntansi yang berbasi web base. Karena pebisnis start up seperti Anda pasti butuh kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan.

Nah jika Anda ingin mencoba software akuntansi yang berbasis web base secara free silahkan daftar dengan cara klik daftar sekarang Free di bawah ini.

Sekian artikel mengenai pentingnya penerapan akuntansi di bisnsi start up. Jangan ragu untuk share ke sosial media Anda agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Ingat ya , banyak berbagi banyak rejeki hehe. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :