Pimpinan Terlihat keren, tapi Organisasi amburadul? Ini Tipsnya..

Memimpin sebuah bisnis adalah impian semua orang. Terlebih lagi bisnis tersebut berjalan lancar tanpa hambatan. Indahnya hidup bila begitu. iya kan?

Sebagai seorang pengusaha tentu saja Anda dituntut untuk menjadi leader atau pimpinan yang akan menjadi nahkoda bisnis Anda. Anda merupakan panutan yang akan dijiplak oleh karyawan Anda dalam bekerja. DNA leader akan menjadi hal penting yang harus anda ciptakan seiring dengan bisnis anda yang juga harus berkembang.

Bila Anda menjadi seorang Leader, kemampuan leadership anda akan kelihatan dari organisasi yang anda pimpin. Ada organisasi yang leadernya kelihatannya keren, tapi organisasinya amburadul. it’s a loner, not a system builder. Jadi Anda harus menjadi suatu organisasi yang harus dijaga terus, disehatkan, dimonitor, kadang-kadang ditekan supaya baik, dan harus transparan supaya bisa dimonitor.

Agar organisasi bisnis Anda berjalan dengan baik, yang perlu dirubah meliputi :

  1. Kedisiplinan
    Hal susah bila awalnya Anda telah terlambat memulainya sejak Awal. Kedisiplinan ini dituntut dari diri Anda sendiri sebelum menyuruh tim Anda untuk sama-sama berubah menjadi disiplin. Menyamakan tujuan untuk mencapai keinginan yang sama bisa menjadi motivasi yang kuat agar tim Anda bisa disiplin secara bersama. Anda pun perlu mendisiplinkan diri Anda agar perubahan menjadi selaras dan tidak timpang tindih.
  2. Ketelitian
    Disiplin tanpa monitoring sama saja hoaks. Ketelitian untuk mengontrol bisnis Anda diperlukan agar semua goal tidak hanya sebagai angin lalu. Ketelitian melakukan langka-langka yang telah di planingkan menjadi kunci tercapainya organisasi yang terbaik. Sebelum Anda mendelegasikan tugas ini kepada satu anggota tim Anda. DNA learder ini perlu Anda tanamkan pada diri Anda. Jika perlu Anda memiliki note khusus untuk mencatat semua kebijakan yang telah Anda ciptakan. Ini penting agar kebijakan Anda tidak diremehkan oleh tim Anda.
  3. Kejujuran 
    Kejujuran pastinya telah ada pada diri setiap manusia. Hanya saja tingkatannya berbeda. Sejujurnya anda tahu ada suatu hal yang salah, namun kadang realitanya Anda selalu memaklumi apa-apa yang salah tersebut. Apa benar? Tidak mudah memang untuk menjadi jujur yang hakiki, namun perlu Anda coba. Jujur sama dengan terbuka. Iya, Anda perlu terbuka kepada anggota tim Anda, mungkin tidak seluruhnya. Kerterbukaan atas hak dan kewajiban saja yang perlu Anda lakukan.
  4. Adaptif
    Cepat beradaptasi terhadap perubahan. Organisasi yang sehat akan mudah dan fleksibel untuk mengikut segala perubahan. Kejelasan hak dan kewajiban dalam memanage tugas masing-masing menjadi point penting terciptanya hierarki ini. Perlunya kesadaran setiap anggota tim yang proaktif melakukan tugasnya sesuai dengan rulenya. Didukung dengan fasilitas organisasi yang mendukung untuk semuanya menjadi mungkin.

Untuk menciptakan sistem seperti ini, pastinya hal tersebut dimulai dari diri seorang leader. 4 poin di atas merupakan sikap yang perlu sekali dimiliki seorang leader. Agar semuanya menjadi mudah, Anda perlu memiliki sistem yang dapat membuat Anda mampu memantau tim Anda dimana saja. Pilih aplikasi atau sistem yang mendukung Anda untuk menjadi perilaku seperti 4 poin di atas. Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :