Seberapa Penting Faktur Penjualan dalam Akuntansi Keuangan?

Ada banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi saat menjalankan sebuah bisnis. Salah satunya adalah mengirim faktur penjualan kepada konsumen yang telah memperoleh produk atau jasa yang mereka minta. Jika Anda sudah mengirim faktur penjualan dan belum menerima pembayaran, maka Anda harus melacak sebabnya sesegera mungkin. Jelas tanpa pembayaran yang tepat, perusahaan bisa saja merugi.

Namun kesalahan dalam memenuhi tenggat waktu pembayaran tak selalu berada di pihak konsumen. Mungkin saja Anda tidak memberikan informasi yang cukup jelas sehingga terjadi miskomunikasi. Di bawah ini, Anda akan menemukan pentingnya faktur penjualan dalam akuntansi keuangan sehingga Anda juga akan berusaha melakukan yang terbaik demi lancarnya keuangan perusahaan Anda.

Pentingnya Faktur Penjualan dalam Akuntansi Keuangan

1. Mencatat pengeluaran dan pemasukan

Salah satu fungsi utama faktur penjualan adalah untuk mengetahui keluar masuknya uang dalam bisnis. Ini menjadi cara melacak kapan suatu barang atau jasa diterima, berapa uang yang dikeluarkan, dan hutang yang mungkin ada. Faktur penjualan memang alat yang tepat untuk proses akuntansi. Detail yang ada dalam faktur penjualan bisa memberitahu karyawan mana yang melakukan penjualan serta barang mana yang laku.

2. Mengurus pajak

Pemerintah memang tidak menentukan suatu sistem atau format untuk faktur penjualan perusahaan. Namun untuk kepentingan mengurus pajak, sangat penting untuk mencatat dan menyimpan semua faktur penjualan. Disarankan bagi pemilik bisnis kecil, menengah, maupun besar untuk menyimpan catatan semua transaksi yang pernah terjadi sehingga bisa dipastikan pemasukan sesuai dan untuk menghindari ditemukan kesalahan saat audit.

3. Kepentingan Hukum

Adanya faktur penjualan akan membantu pemilik bisnis kecil dari pihak yang menipu atau urusan hukum yang tidak penting. Faktur penjualan akan menunjukkan bahwa suatu barang atau jasa telah diberikan pada waktu tertentu. Faktur penjualan juga sebaiknya dilengkapi dengan tandatangan konsumen agar terbukti telah terjadi penjualan yang sah.

Tanpa adanya faktur penjualan, tidak akan ada bukti bahwa telah ada penjualan yang sah sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahpahaman dan ketidaksesuaian.

4. Pemasaran

Suatu perusahaan yang menyimpan semua catatan faktur penjualan bisa menggunakan informasi itu untuk menentukan target pasar yang sesuai. Suatu bisnis bisa mendapatkan data seperti tanggal penjualan, produk yang dijual, serta jumlah yang didapatkan dari hasil penjualan. Lalu, data tersebut dapat digunakan untuk menemukan informasi waktu penjualan paling efektif, produk paling populer, dan tren pendapatan.

5. Mendapatkan pembayaran tepat waktu

Tentu saja ini merupakan alasan yang paling penting untuk menyimpan faktur penjualan dengan baik. Semakin banyak pelanggan yang Anda layani, semakin banyak juga faktur penjualan yang harus dikirimkan dengan waktu yang juga semakin banyak.

Meskipun bisnis Anda mungkin sudah menerapkan sistem faktur penjualan otomatis, tentu saja Anda tetap harus memeriksa kebenarannya. Selalu ada kemungkinan data yang masuk salah atau kesalahan lainnya. Jika terjadi kesalahan, tentu saja proses akan terhambat. Inilah mengapa faktur penjualan yang baik sangat penting.

6. Mengurangi pertanyaan tentang penagihan

Semakin baik sistem penagihan Anda, semakin sedikit kemungkinan pelanggan Anda ragu dengan prosesnya. Informasi tagihan yang kurang lengkap bisa menghindarkan pelanggan dari memenuhi pembayaran tepat waktu. Mungkin saja mereka ingin membayar tepat waktu, namun keadaan tidak memungkinkan karena kurangnya informasi.

7. Mencegah masalah yang sama terjadi

Dalam sebuah bisnis, hampir pasti ada pelanggan tetap dengan pembelian berulang. Meskipun merupakan sesuatu yang sudah sering dilakukan, memastikan ulang bahwa setiap faktur penjualan lengkap dan tepat akan mengurangi beban kerja serta mempercepatnya.

Dengan memperhatikan semua pertimbangan di atas, Anda sekarang pasti mengetahui seberapa penting faktur penjualan dalam akuntansi keuangan. Dengan menerapkan prinsip yang ada, pastinya bisnis Anda akan bertambah lancar.

Sebarkan manfaatnya :