Step by Step Membangun Strategi Pemasaran untuk Usaha UKM

Hal yang membedakan antara wirausahawan sukses dan yang tidak bisa berkembang adalah kemampuan untuk membuat sebuah strategi pemasaran sehingga semua yang dikerjakan dalam proses pengembangan perusahaan bisa lancar. Sayangnya, banyak UKM yang terjebak dalam kegiatan pemasaran standar seperti membangun website, mengirimkan email, beriklan di media cetak dan masih banyak lagi. Yang sering dilupakan adalah menyediakan waktu untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan efektivitas taktik mereka.

Strategi pemasaran sebenarnya merupakan keputusan yang Anda buat untuk membuat rencana berjalan dengan lebih baik. Strategi pemasaran bisa membuat rencana bisnis Anda berjalan dengan lebih baik seperti menciptakan kesadaran pentingnya bekerja, menambah ketertarikan pada rencana perusahaan, serta meningkatkan dan mempertahankan minat pelanggan. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa langkah untuk membangun strategi pemasaran yang sukses.

1. Mengetahui target konsumen

Keputusan yang harus pertama kali Anda buat dalam strategi pemasaran adalah menentukan target pelanggan. Anda tidak perlu mempertimbangkan calon konsumen yang tidak terlalu berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Memilah calon pelanggan yang tepat memang memakan sedikit waktu, namun hasilnya akan membawa pengaruh baik bagi perkembangan perusahaan.

Memiliki target konsumen yang tepat mungkin sulit untuk dilakukan di awal, namun setelah beberapa saat mengikuti prosesnya maka hal ini akan terasa semakin menguntungkan. Jika masalah penjualan Anda adalah tidak mendapatkan hasil yang efektif sebanyak apa pun Anda bekerja, kemungkinan besar target pasar Anda tidak cukup efektif. Semakin sempit target pasar Anda, akan semakin mudah mengembangkan usaha.

2. Tentukan kategori perusahaan Anda.

Kategori perusahaan sejatinya merupakan deskripsi bisnis apa yang Anda jalani. Pilih beberapa kata yang bisa menggambarkan usaha secara keseluruhan. Jangan pernah memberikan deskripsi yang terlalu banyak tentang perusahaan karena hanya akan membingungkan calon pelanggan.

Memiliiki kategori bisnis yang jelas tak hanya membantu dalam pemasaran, namun juga akan meningkatkan penjualan secara keseluruhan. Pikirkan apa yang bisa membuat bisnis Anda paling menonjol dari yang lainnya. Selama belum menjadi pemimpin, persempit kategori bisnis Anda sampai Anda bisa menjadi yang terdepan.

3. Apa keuntungan lebih yang Anda tawarkan?

Sebaiknya, bisnis Anda memberikan suatu keuntungan yang tidak ditawarkan oleh bisnis lainnya, keuntungan ini harus berupa sesuatu yang benar-benar ditawarkan oleh produk Anda, bukan hanya serangkaian fitur produk. Dalam mengembangkan UKM terutama untuk produk tertentu, selalu unggulkan kelebihan yang ada sehingga menarik perhatian pelanggan.

4. Ketahui siapa saja saingan Anda.

Saat seseorang sedang mencari solusi dari suatu masalah, mereka pasti akan membandingkan semua alternative dan mencari yang paling baik. Namun, kesalahan yang paling sering dibuat oleh pengusaha UKM adalah tidak memperhatikan siapa saja saingan mereka dan apa yang membuat mereka spesial. Ini membuat calon pelanggan bingung dan tidak bisa menentukan pilihan.

5. Ketahui mengapa UKM Anda berbeda dan lebih baik bagi semua calon pelanggan

Setelah menentukan siapa saja yang menjadi saingan, buatlah daftar hal-hal yang bisa membuat UKM milik Anda berbeda dan lebih baik. Setelah itu, buat skala prioritasnya dan seberapa penting hal-hal tersebut untuk konsumen Anda. Namun, jangan sampai hal ini membuat segalanya terlalu rumit. Cukup satu atau dua hal saja yang akan membuat pelanggan berpaling ke produk atau layanan Anda.

6. Menentukan apakah strategi pemasaran Anda sudah sesuai

Setelah mempertimbangkan berbagai hal, Anda bisa menyimak ulang apakah yang Anda lakukan sudah sesuai. Jika sudah, Anda bisa langsung menerapkannya dan mulai membangun UKM yang sukses.

Sekian informasi yang kami berikan, silahkan Anda tinggalkan komentar bila ada masukan dan saran. Terima kasih

Sebarkan manfaatnya :