Strategi Membangun Bisnis Startup Dari Ide Sederhana

Strategi Membangun Bisnis Startup Dari Ide Sederhana

Setelah mendapatkan ide untuk memulai sebuah bisnis startup, ke mana Anda harus melangkah selanjutnya? Walau sepertinya mudah untuk membayangkan perkembangan bisnis startup ke depannya, pada kenyataannya akan ada banyak sekali rintangan yang harus Anda hadapi. Namun jangan takut, karena dalam artikel ini Anda akan menemukan strategi membangun bisnis startup dari ide sederhana. Siap untuk memulai? Ikutilah strategi ampuh di bawah ini!

1. Miliki semangat yang tinggi.

Seperti semua hal dalam hidup, memulai sebuah bisnis startup harus diimbangi dengan adanya semangat dan kegigihan. Tanpa semangat, akan semakin besar kemungkinan gagal. Seperti halnya membesarkan seorang anak, membangun bisnis startup memerlukan komitmen jangka panjang.

Karena pastinya Anda ingin bisnis startup ini bertahan dalam waktu yang lama, pastikan Anda menyukai apa yang Anda lakukan. Selain itu, semangat Anda dalam menjalankan usaha akan terlihat oleh investor, konsumen, dan pers. Mereka jelas akan lebih menyukai bekerja sama dengan seseorang yang bersemangat dalam menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, peluang untuk mengembangkan bisnis akan semakin terbuka lebar.

2. Mulai semuanya dengan sederhana.

Walau penting untuk memiliki visi yang besar saat memulai bisnis startup, penting juga untuk menjaga semuanya dalam batas wajar. Jika Anda telusuri, semua bisnis yang berhasil berkembang dimulai dari ide yang sederhana. Permulaan yang sederhana bukan berarti tidak mungkin ada pengembangan di masa depan. Dengan perlahan tapi pasti, bisnis startup Anda akan berjalan menuju kesuksesan.

3. Pertahankan satu aliran dana yang pasti.

Sebuah usaha tentunya memerlukan sumber dana, dan tidak sulit untuk menentukan metode apa yang paling menguntungkan. Namun seringkali, pebisnis pemula berpikir bahwa lebih baik memiliki banyak sumber aliran dana. Kenyataannya tidak demikian. Lebih baik berfokus pada satu sumber dana, lalu kembangkan sebisa mungkin untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Jika terlalu banyak jalan yang ditempuh untuk mencari keuntungan, akan sulit untuk melacak dan menjalankan semuanya pada waktu yang bersamaan. 

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Analisa Pasar untuk Kebutuhan Bisnis Anda

4. Kenali konsumen.

Mengetahui siapa konsumen Anda dan bagaimana cara memenuhi keinginan mereka sangat penting untuk mengembangkan bisnis startup Anda. Dengan kata lain, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang target konsumen. Tanpa adanya kriteria konsumen yang spesifik, pengembangan bisnis akan lebih sulit dilakukan karena tidak ada tujuan yang jelas.

5. Kenali target pasar.

5. Kenali target pasar.

Tentunya Anda sadar bahwa ada banyak orang dan startup dengan konsep maupun ide bisnis yang mirip dengan Anda. Untuk menjadi “pemenang” dalam industri, Anda harus secepatnya mengidentifikasi siapa target konsumen dan bagaimana Anda bisa memenuhi harapan mereka.

6. Miliki target pasar yang luas.

Adanya pasar yang luas dan berkembang dengan cepat bisa membuat sebuah bisnis startup kecil cepat meraih kesuksesan. Sebaliknya, target pasar yang terlalu sempit akan menjatuhkan sebuah bisnis, bahkan yang sudah mapan. Karena itu, sebaiknya miliki target pasar seluas mungkin dan sedang berkembang dengan cepat. Pasar yang terlalu sempit dan tidak berkembang hanya akan membuang waktu yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis seoptimal mungkin.

7. Pertahankan orisinalitas.

Semua bisnis yang berhasil pasti memiliki “rahasia” yang mendorong mereka menuju kesuksesan. Rahasia inilah yang akan membedakan Anda dari bisnis startup lain, serta menarik konsumen. Dengan adanya unsur ini, akan semakin banyak peluang untuk menang dan berada selangkah lebih maju dari startup lainnya.

8. Akui kekurangan dan coba mengatasinya.

Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya evaluasi dari pihak lain. Di awal pengembangan bisnis startup, salah satu kunci untuk sukses adalah menerima kritik serta memperbaiki kekurangan yang ada. Dengan demikian, Anda akan memiliki landasan yang kokoh untuk mengembangkan bisnis ke tahap selanjutnya.

 

Sebarkan manfaatnya :