Strategi Pajak yang Wajib Anda Lakukan untuk Perkembangan Bisnis

Ketepatan waktu dalam membayar pajak mengindikasikan bahwa sebuah bisnis merupakan bisnis yang baik. Karena hal inilah, sebaiknya Anda menyusun sebuah strategi pajak dan manajemennya untuk meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi beban pajak yang harus diatngugng oleh perusahaan. Strategi pajak penting dilakukan oleh semua jenis bisnis karena pajak berlaku bagi semua jenis bisnis tanpa terkecuali.

Namun perlu Anda ingat bahwa strategi pajak bukan berarti manipulasi data pajak. Meskipun menyusun suatu strategi pajak berarti Anda melakukan sedikit “manipulasi” usaha dan transaksi agar jumlah pajak yang dibayarkan berada pada batas minimal, namun tetap saja semuanya harus sesuai dengan regulasi perpajakan.

Jadikan Keseimbangan Pajak Sebagai Prioritas.

Dari awal tahap penyusunan strategi pajak, Anda harus menjadikan keseimbangan pajak sebagai prioritas utama dalam perusahaan yang Anda jalankan. Biasanya, strategi pajak mengharuskan Anda mempercepat kredit namun bersamaan dengan penundaan pemasukan. Karena kebanyakan pihak yang membayar pajak melakukannya secara tunai, maka itu berarti pengeluaran harus dikurangi dan pembayar harus menyatakan jumlah pemasukan saat mereka membayar. Dapat disimpulkan bahwa strategi pajak pertama yang sebaiknya harus Anda terapkan adalah mempercepat pembayaran sembari menunda melakukan pembayaran. Hal ini berpotensi besar meningkatkan posisi pajak tahunan Anda.

Tax Avoidance dan Tax Saving

Yang dikenal dengan istilah tax saving adalah upaya membuat beban pajak lebih efisien dengan cara memilih alternatif pajak yang memiliki tarif lebih rendah. Contohnya, perusahaan yang total penghasilan kena pajak (PKP) nya berjumlah lebih dari 100 juta Rupiah bisa mengubah pemberian natura (imbalan berupa barang) menjadi tunjangan yang berbentuk uang, tunai maupun tidak. Jika dihitung, penghematan pajak yang dihasilkan dari perubahan ini bisa mencapai 5 hingga 25 persen jika dihitung berdasarkan gaji karyawan yang mencapai 200 juta Rupiah.

Lain halnya dengan tax avoidance yang diartikan sebagai upaya membuat beban pajak lebih efisien dengan cara menghindari transaksi yang bukan berupa objek pajak. Sebagai contoh, sebuah bisnis yang mulai mengalami kerugian sebaiknya mengubah tunjangan yang berupa uang menjadi imbalan yang berbentuk barang. Langkah ini bisa meringankan beban karena imbalan berupa barang bukan merupakan objek yang dikenai pajak.

Menghindari Terjadinya Pelanggaran

Memahami semua peraturan perpajakan yang berlaku akan menghindarkan Anda dari sanksi yang mungkin terjadi. Dengan pemahaman yang penuh dan menerapkannya dalam keberlangsungan bisnis, kemungkinan Anda melanggarnya tentu saja akan semakin kecil. Beberapa sanksi yang harus Anda hindari adalah sanksi administrasi berupa denda, bunga, atau kenaikan pajak, bahkan ada kemungkinan terkena sanksi berupa kurungan.

Cara menunda membayar pajak tanpa harus melanggar peraturan adalah dengan menunda pembayaran PPN. Cobalah menunda terbitnya faktur pajak yang dikeluarkan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Setelah itu, penjual bisa menerbitkan faktur pajak pada akhir bulan setelahnya, setelah barang telah diterima oleh pelanggan.

Membuat Tabungan untuk Persiapan Pensiun

Jika pemasukan di bisnis Anda sudah cukup teratur dan bisnis sudah berjalan stabil, maka Anda bisa semakin menghindari berbagai aset Anda terkena pajak. Salah satu cara yang umum diterapkan oleh orang banyak adalah menyimpannya dalam bentuk investasi untuk masa pensiun nantinya. Manfaatkan keuntungan penangguhan pajak dan maksimalkan simpanan pajak sekarang. Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan pihak yang profesional dan terpercaya untuk menghindari salah langkah.

Setelah menyusun strategi yang Anda anggap cukup baik, jangan pernah lupakan untuk mencatat laporan keuangan dengan rapi. Zaman sekarang ini, Anda bisa meminimalisir kerepotan pencatatan laporan keuangan manual dengan memanfaatkan perangkat lunak. Dengan begitu, pelaporan pajak dan mematuhi peraturan perpajakan tidak akan terasa begitu sulit lagi.

Sebarkan manfaatnya :