Studi Akuntansi dan Keuangan yang Baik dan Benar

studi-akuntansi-dan-keuangan-yang-baik-dan-benar-photo

Pengertian Akuntansi

Akuntansi (accounting) merupakan suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, dari mulai transaksi serta peristiwa yang berhubungan dengan keuangan sampai terbentuknya laporan keuangan.
Dalam Klasifikasi nya akutansi mempunyai tujuan dan kegunaan, kegiatannya tersendiri untuk mecapai suatu informasi yang relevan:

Tujuan akuntansi

adalah menyajian informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan

Manfaat Akuntansi

Kegunaan Akuntansi yaitu untuk mendapatkan informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

Kegiatan akuntansi yaitu meliputi. Pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan, pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan. memberikan Informasi kepada pemakai. 

Hasil Proses Akuntansi

Dari hasil akuntansi makan terbentuklah suatu laporan keuangan sendiri yang meliputi :

  • Neraca

  • Laporan Rugi Laba

  • Laporan Arus Kas

  • Laporan Perubahan Modal

  • Catatan-catatan atas Laporan Keuangan

Laporan Keuangan tersebut sangat bermanfaat bagi para pemakai baik baik pihak internal dan eksternal. Dengan adanya Laporan Keuangan maka para pemakai dapat mengambil keputusan ekonomi untuk kedepannya. sebagai contoh manajemen perusahaan dengan adanya Laporan Keuangan mereka dapat memutuskan apakah perlu untuk melakukan pembelian aset atau tidak,

Apakah perusahaan telah efisien dan efektif dalam penggunaan aset perusahaan, dan sebagai contoh lain manfaat Laporan Keuangan adalah bagi pihak pemegang saham (pemilik modal), laporan ini berguna sebagai informasi apakah mereka berniat membeli atau menjual investasi mereka pada perusahaan tersebut. Oleh karena itu fungsi laporan keuangan sangat penting sekali sebagai bahan pertimbangan dan bahan pengambil keputusan ekonomi.

Pengertian Keuangan

Keuangan merupakan ilmu dan seni dalam mengelola uang yang mempengaruhi kehidupan setiap orang dan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar, dan instrumen yang terlibat dalam transfer uang diantara individu maupun antara bisnis dan pemerintah (Ridwan dan Inge,2003).

Keuangan dapat di definiskan mempelajari bagaimana individu, bisnis, dan organisasi mangalokasi, meningkatkan, dan menggunakan sumber daya moneter sejalan dengan waktu, dan juga menghitung risiko dalam menjalankan proyek mereka. Istilah keuangan dapat berarti :

  • Ilmu keuangan, dan asset lainnya

  • Manajemen asset tersebut

  • Menghitung, dan mengatur risiko proyek

Keuangan saling berhubungan dengan suatu manajemen yang menghasilkan manajemen keuangan yang berfungsi untuk :

  • Planning atau Perencanaan Keuangan, fungsi ini mencakup tentang perencanaan arus kas dan rugi laba.

  • Budgeting atau Anggaran, fungsi ini meliputi tentang perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.

  • Controlling atau Pengendalian Keuangan, fungsi manajemen ini yaitu melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.

  • Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, fungsi manajemen keuangan untuk melakukan audit internal atas keuangan yang ada agar sesuai dengan kaidah standar dari akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.

  • Reporting atau Pelaporan Keuangan, fungsi manajemen untuk menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan dan analisa rasio laporan keuangan.

Dari definisi yang dipaparkan mengenai akutansi dan keuangan tersebut, terdapat kaitan yang saling berhubungan antara akutansi serta keuangan yang dapat disebut dengan akutansi serta keuangan yang menghasilkan ilmu yang mempelajari tentang Akuntansi keuangan,

Akuntansi keuangan yaitu salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan transaksi-transaksi keuangan khususnya yang berhubungan dengan perubahan aset, ekuilitas maupun kewajiban perusahaan.

Sekian Artikel mengenai studi Akuntansi dan Keuangan yang Baik dan Benar. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :