Tahapan Dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

tahapan-dalam-mengembangkan-strategi-pemasaran-bisnis-retail-picture

Apa Itu Retail?

Ritel merupakan semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir, untuk penggunaan pribadi dan bukan penggunaan bisnis. Namun sering kali orang-orang beranggapan bahwa ritel hanya menjual produk-produk di yang ada di toko. Tetapi ritel juga dapat melibatkan pelayanan jasa layanan antar ke rumah-rumah. Jadi tidak semua ritel dilakukan ditoko.

Kegiatan yang dilakukan dalam bisnis ritel adalah menjual berbagai produk, jasa atau keduanya, kepada konsumen. Bertujuan untuk keperluan konsumsi pribadi maupun bersama. Produsen menjual produk-produknya kepada konsumen akhir atau pribadi maupun Ritel besar (wholesaler). Retail besar ini juga sering disebut sebagai grosir atau pedagang partai besar karena penjualan dengan skala besar dalam segmen pemasaran ritel

Dalam dunis bisnis ritel ini perlu adanya pemahaman terhadap strategi pemasaran bisnis retail karena strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dimana strategi menegaskan terhadap pemasaran untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan. Strategi ritel meliputi penentuan target pasar, sifat barang dan jasa yang ditawarkan,dan bagaimana ritel memperoleh keuntungan jangkan panjang dari para pesaingnya.

Tingginya permintaan pasar akan produk ritel, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tertentu untuk melepas produk mereka ke pasaran. Agar dapat menjaga kelangsungan hidup serta kemajuan dan keunggulan dalam bisnis eceran yang semakin kompetitif, maka pengelola bisnis tersebut harus berupaya mengembangkan strategi berupa program bauran penjualan eceran yang diharapkan memunculkan minat konsumen.

Tahapan Dalam Mengembakan Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

  • Target pasar

Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

  • Loyalitas pelanggan

Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Oleh karena itu ciptakan suatu program – program  promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member

  • Pilih lokasi usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar.

  • Labeling Brand Pada Produk

Labeling brand pada produk, menjadi cara ampuh untuk memasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

  • Pelayanan

Pembeli Adalah Raja, Istilah ini merupakan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja.

Setiap strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka akan menjadikan agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share disosial media Anda agar Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik –baik nya ilmu adalah berbagi.
Salam Let’s #beefree

Sebarkan manfaatnya :